Tips Diagnosa Asam Lambung Dan Gejalanya

TIPS DIAGNOSA ASAM LAMBUNG DAN GEJALANYA – Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) nama tren dari penyakit asam lambung, merupakan penyakit umum yang biasa menghinggapi bahkan menyerang orang-orang pada umumnya. Sebab terjadinya asam lambung karena naiknya asam lambung yang mengarah ke kerongkongan (osefogus) sehingga menyebabkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada dan munculnya gejala-gejala asam lambung tidak yang disadarinya oleh penderita.

Penyebab Asam Lambung

Penyebab asam lambung banyak ragamnya, seperti tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES). lower esophageal
sphincter (LES) merupakan lingkaran otot bagian bawah dari esophagus dan sekaligus sebagai pintu otomatis yang akan membuka ketika makanan dan minuman turun ke perut.

Lower Esophageal Sphincter ini akan menutup dan membuka guna mencegah asam dan makanan yang terdapat pada perut tidak naik kembali ke kerongkongan. Jika LES tidak longgar dan tidak bisa menutup dengan baik, maka asam lambung bisa keluar dari perut sehingga menyebabkan penyakit asam lambung terjadi dan biasanya ada kaitannya dengan faktor
kelebihan berat badan, kondisi hamil atau ketika asupan konsumsi makanan yang over lemak.

Gejala Asam Lambung

Dan gejala yang dirasakan yaitu adanya sensasi rasa terbakar di bagian dada atau nyeri pada ulu hati, sehingga rasa sakit yang luar biasa ketika si penderita setelah makan. Gejala lain asam lambung seperti:

  1. Mulut serta kerongkongan terasa tidak enak (rasa pahit dibibir)
  2. Kesulitan dalam menelan makanan.
  3. Timbulya perih secara terus-menerus di bagian lambung.
  4. Mual disertai muntah
  5. Berat badan turun
  6. Muka pucat pasi
  7. Kehitaman dan berdarah ketika buang air besar
  8. Muntah darah dan berwarna kehitaman seperti kopi
  9. Terasa sakit bila buang air kecil
TIPS DIAGNOSA ASAM LAMBUNG DAN GEJALANYA
TIPS DIAGNOSA ASAM LAMBUNG DAN GEJALANYA (Ilustrasi)

Hal-hal yang diperlu diperhatikan dalam penanganan asam lambung, adalah:

1. Mendiagnosis Asam Lambung
Mendiagnosis asam lambung hanya berkonsultasi kepada dokter setempat dengan memberikan keterangan dengan gejala-gejalanya, dan bila berlanjut akan didiagnosis dengan prosedur endoskopi yaitu sebuah tabung yang fleksibel panjang dengan lampu dan kamera dibagian ujung.
Cara kerjanya adalah alat ini dimasukan via mulut guna melihat penyebab naiknya asam lambung dan jika ada luka pada dinding kerongkongan.

2. Pengecekan atau pengobatan Asam Lambung
Beberapa hal yang diperlukan dalam pengobatan asam lambung adalah dengan mengganti menu makanan yaitu beralih ke menu makanan yang rendah lemak tetapi bergizi, tetapi bila cara ini tidak berhasil maka obat-obatanlah yang akan digunakan dalam meredakan gejala ini, tetapi apabila pengobatan saja belum berhasil secara maksimal maka alternatif lain adalah dengan cara dioperasi.

3. Komplikasi karena asam lambung
Komplikasi asam lambung yang paling sering terjadi adalah esofagitis (peradangan pada kerongkongan), pada esofagitis si penderita tidak bisa menelan disebabkan munculnya tukak, tukak terbentuk saat lapisan dinding kerongkongan tererosi sehingga terjadi luka yang menimbulkan kanker kerongkongan.

Cara praktis, tradisional, dan terjangkau dalam mengobati serta mencegah asam lambung, yaitu dengan mengkonsumsi daun lidah buaya yang berdaging (setelah dijus) karena pada daun lidah buaya inilah (gel/lendir) penghasil cairan putih yang baik diminumkan kepada penderita. Jus daun lidah buaya ini mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat seperti elemen kunci misalnya: aloin, aloin-emodin, resin, tannin dan polisakarida, 19 asam amino, 20 mineral, 12 vitamin.

Jus lidah buaya sangat bagus untuk mengurangi peradangan, karena jus ini berfungsi sebagai antimikroba dan penyembuhan lapisan saluran pencernaan.

Demikianlah TIPS DIAGNOSA ASAM LAMBUNG DAN GEJALANYA, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- diagnosa penyakit lambung, - diagnosa asam lambung, - diagnosa lambung, - diagnosa sakit lambung, - sakit asam lambung wajah pucat, - muka pucat berat badan turun, - diagnosa nyeri asam lambung, - diagnosis asam lambung, - sakit lambung apa bikin pucat, - berat badan menurun dan wajah pucat

data-ad-format="link">
Tips Diagnosa Asam Lambung Dan Gejalanya Post in | Last updated: July 25th, 2016 | 1,467 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *