Tips memakai toilet umum
Tips memakai toilet umum

Tips Memakai Toilet Umum Secara aman

Ketika bepergian terlalu lama, mau tidak mau kita akan menggunakan toilet umum ketika terdesak. Baik itu di kantor, mall, maupun ruang publik lainnya, seringnya kita tidak bisa menghindari untuk tidak memakai toilet umum. Padahal meski tampak bersih, toilet umum tetap perlu diwaspadai sebagai sarang bakteri penyebab penyakit karena tempat tersebut memang dipakai oleh banyak orang. Lalu bagaimana sih cara menggunakan toilet umum agar terhindar dari bakteri jahat? Berikut ini tips memakai toilet umum secara aman:

  1. Taruh barang bawaan di tempat yang bersih

Hindari meletakkan barang bawaan anda seperti tas, dompet, atau handphone di lantai toilet ya. Gantungkan barang bawaan anda di tempat yang biasanya tersedia pada bilik toilet.

  1. Tekan tombol flush lebih dulu
Tips memakai toilet umum
Tips memakai toilet umum

Sebelum memakainya, sebaiknya lebih dulu anda menekan tombol flush agar bakteri yang sebelumnya menempel pada kloset duduk hilang terbawa air. Kemudian ambil beberapa lembar tisu untuk membersihkan sekeliling kloset sebelum anda duduki.

  1. Tutup kloset lalu tekan tombol flush

Sebelum anda menekan tombol flush, ada baiknya anda menutup kloset terlebih dahulu. Hal tersebut akan menghindari kuman meloncat ke tubuh anda ketika air mulai melingkar dengan deras. Jika memang tak ada penutup kloset, pastikan tubuh anda agak menjauh sebelum menekan tombol flush ya.

  1. Minimalkan menyentuh benda-benda di toilet

Jika tidak diperlukan, jangan menyentuh benda-benda di toilet. Meski benda-benda tersebut terlihat biasa saja, padahal banyak bakteri yang telah menempel. So, jangan menyentuh sesuatu yang tidak diperlukan ya. Persingkat waktu anda di toilet dan segera beranjak dari sana.

  1. Setelah memakai toilet, sebaiknya cuci bersih tangan anda dengan sabun pada wastafel. Jangan lupa, bersihkan area bawah kuku dan sela-sela jari tangan. Kemudian bilas bersih dengan air.

Demikianlah tips memakai toilet umum ketika anda berada jauh dari rumah. Tidak mengapa menggunakan toilet dibanding anda harus menahan buang air kecil maupun BAB yang justru tak baik untuk kesehatan. Asalkan anda tetap menjaga kebersihan sebelum dan sesudah memakai toilet, jangan takut ya untuk memakai toilet umum.

data-ad-format="link">
Tips Memakai Toilet Umum Secara aman Post in | Last updated: December 11th, 2017 | 61 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *