Wajah Bersih Tanpa Jerawat Dengan BOGA

By | January 3, 2017
Cara membuat wajah bersih tanpa jerawat

Di zaman yang modern ini, kita banyak menjumpai produk-produk pembersih wajah yang dapat menghilangkan jerawat dalam waktu singkat. Namun, sebenarnya kita bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita. Selain lebih sehat, kita bisa mendapatkannya dengan mudah dan harga yang terjangkau. Kita bisa langsung memanfaatkan buah obat yang segar atau menggunakannya sebagai bahan campuran ramuan tradisional. Perlu diperhatikan bahwa dari penggunaan bahan-bahan berikut ini dapat menimbulkan rasa sakit atau panas. Berikut ini buah-buahan yang dapat kita jadikan obat jerawat.

  1. Tomat

Sediakan 1 buah tomat segar yang telah dibersihkan. Kemudian, potong kecil-kecil buah tomat. Setelah itu, langsung gosok-gosokkan tomat ke bagian wajah yang berjerawat. Lakukan selama 10 menit. Lakukan secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu.

Cara membuat wajah bersih tanpa jerawat

Cara membuat wajah bersih tanpa jerawat (Ilustrasi/pixabay)

  1. Belimbing Wuluh

Ambil 5 buah belimbing wuluh yang masih segar lalu bersihkan. Remas-remas dan ambil airnya. Kemudian, gunakan air tadi untuk dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan hingga 15 menit. Lakukan secara rutin 3 kali sehari.

  1. Mentimun

Siapkan 1 buah mentimun yang masih segar. Kemudian, kupas kulitnya dan bersihkan dengan air. Potong buah mentimun, lalu gosokkan dengan lembut di bagian wajah yang berjerawat. Lakukan sampai 10 menit. Lakukan perawatan ini tiga kali sehari.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis telah lama dipercaya sebagai buah yang dapat menyembuhkan wajah berjerawat. Caranya mudah, bersihkan buah jeruk nipis dengan air. Kemudian, potong sama rata. Lalu, usap-usapkan di bagian wajah yang berjerawat. Lakukan sampai 10 menit. Lakukan sampai 3 kali dalam sehari.

  1. Daun Pepaya

Siapkan selembar daun pepaya yang sudah tua. Jangan ambil daun yang dipucuk pohon karena itu masih muda. Ambil yang di tengah-tengah pohon saja. Jemur sebentar daun pepaya, lalu tumbuk hingga halus. Jika tidak memiliki tumbukan, Anda bisa blender daun tersebut. Kemudian campur dengan sedikit air dan oleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan sampai 15 menit. Lakukan perawatan ini sampai 3 kali dalam sehari.

Selanjutnya cara membuat ramuan tradisional untuk mengobati jerawat.

Ramuan 1

Bahan:

  • Daun sirih 5-10 lembar.

Cara:

Bersihkan daun sirih dengan air bersih. Kemudian, rebus dengan 2 gelas air dalam wadah tertutup. Tunggu hingga mendidih, kemudian diamkan sampai hangat. Gunakan air hangat tadi untuk cuci muka sebelum tidur dan setelah bepergian.

Ramuan 2

Bahan:

1 siung bawang putih, kunyit sebesar ibu jari, satu buah kentang.

Cara:

Parut semua bahan tadi lalu campurkan. Kemudian, gunakan sebagai masker wajah. Gunakan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air hangat kemudian dengan air dingin. Jika kulit terasa panas, sebaiknya dihentikan. Hal ini terjadi karena efek dari penggunaan bawang putih.

Ramuan 3

Bahan:

  • Satu buah jeruk nipis, satu buah mentimun, dan satu buah bengkoang.

Cara:

Peras jeruk nipis lalu ambil airnya, sisihkan. Parut mentimun dan bengkoang. Kemudian, campur ketiga bahan tadi dan aduk hingga merata. Gunakan sebagai masker. Biarkan masker selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Lakukan minimal seminggu 3 kali. Hentikan penggunaan ramuan ini apabila timbul sensasi panas pada kulit.

Demikianlah Cara membuat wajah bersih tanpa jerawat, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *