Wasir dan 7 cara mengatasinya

Wasir dan 7 cara mengatasinya – Wasir merupakan kondisi dimana patologi membengkak atau meradangnya hemorrhoid. Wasir adalah suatu penyakit yang menimpa pada vena yang membengkak pada anus, dimana gambarannya hampir mirip dengan varises yang dijumpai pada kaki orang. Pembengkakan pada vena ini terjadi karena iritasi, sakit, gatal-gatal, atau mungkin blooding.

Penyakit wasir tidak saja memberikan rasa sakit yang luar biasa kepada penderitanya, kebanyakan sulit untuk mengeluarkan buang air besar dan duduk terlalu lama, karena terasa sakitnya apabila di bibir anus mendapat tekanan. Penyakit wasir membuat rasa minder dan malu bagi penderitanya.

Jenis Wasir

Perlu diketahui bersama bahwa penyakit wajir bersumber dari dua bagian yaitu dari dalam tubuh atau disebut dengan hemorrhoids internal dan dari dalam atau disebut dengan hemorroids external.

Wasir dan 7 cara mengatasinya
Wasir dan 7 cara mengatasinya (Ilustrasi)

 

Gejala Wasir

Ciri-ciri wasir internal biasanya ditimbulkan bersamaan dengan pendarahan rectum tanpa rasa nyeri, adapun wasir yang bersifat eksternal dapat ditunjukkan dengan beberapa gejala atau jika terkena thrombosis akan terasa nyeri secara signifikan dan pembengkakan di wilayah anus.

Banyak orang menganggap bahwa semua gejala muncul di wilayah anus dan rectum sebagai “wasir” dan bahwa penyebab serius gejala tersebut disingkirkan. Sementara itu penyebab wasir yang sesungguhnya belum diketahui secara pasti, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen yang khususnya konstipasi dipercaya mempunyai dukungan dalam perkembangan kondisi ini.

Cara mengatasi wasir

Perawatan awal dalam menangani penyakit wasir ini tidaklah sama karena penyakit wasir ini mempunyai stadium yang berbeda sebab ada yang ringan hingga sedang. Apabila sedang meliputi peningkatan dimana si penderita harus mengkonsumsi serat, cairan oral untuk menjaga hidrasi, mengatasi nyeri, serta diharuskan untuk melakukan istirahat total.

Beberapa hal yang harus diketahui bila gejala-gejala parah atau penderita tidak membaik, maka dilakukan pembedahan. Setengah dari populasi dapat terkena wasir, biasanya kalau dilakukan pembedahan (bila parah seperti yang disebutkan di atas), hasilnya akan membaik.

Cara mengatasi penyakit wasir memang tidak semudah yang kita bayangkan, sebab penyakit wasir ini mempunyai penanganan yang sama dengan penyakit yang lain. Munculnya  penyakit wasir biasanya disebabkan karena faktor keturunan dan sebab lain seperti salahnya sikap atau gerak dalam berolahraga, duduk berlebihan atau sering duduk. Gejala pada penyakit wasir biasanya ditandai dengan serasa tidak nyaman di bagian anus, keluarnya banyak lendir, keluarnya darah melalui anus, mengalami anemia sekunder yang akut.

Jika kita merasakan tanda-tanda dan gejala-gejala tersebut dapat kita cek ke dokter
terdekat untuk mengetahui kondisi kesehatan kita.

Setiap penyakit pasti ada solusi pengobatannya atau barangkali cara pencegahannya, ada beberapa hal yang harus diketahui sehubungan dengan cara mengatasi penyakit wasir.

  1. Gaya hidup sehat. Memiliki gaya hidup sehat tentunya akan memberikan dampak yang sangat baik, bukan saja penyakit wasir tetapi penyakit lain. Jika sebelumnya kita tidak  terlalu memikirkan masa depan dengan kesehatan anda, maka mulai sekarang cobalah untuk merubahnya pola hidup secara perlahan-lahan, misalnya dengan mengurangi duduk yang terlalu lama, sesekali berdiri sebentar sambil meregangkan otot-otot tubuh. Banyak minum air putih, menyebabkan saluran darah selalu lancar sehingga tubuh tidak akan kekurangan air. Mengkonsumsi makanan yang segar seperti sayuran dan  buah-buahan.
  2. Kulit manggis. Buah manggis disamping mempunyai buah yang cukup manis, juga kulitnya dapat digunakan sebagai penawar penyakit, seperti misalnya kanker. Tetapi kali ini, kulitnya manggis bisa digunakan untuk mengatasi penyakit wasir. Caranya cukup  siapkan dan bersihkan kulit manggis kemudian keringkan setelah itu dimasak dengan air mendidih, setelah mendidih maka tiriskan kulit manggis, ambil airnya sebelumnya disaring terlebih dahulu. Minumlah airnya secara teratur sampai penyakit wasir tersebut menghilang.
  3. Selau menjaga kebersihan. Ketika habis buang air besar usahakan membersihkan area dubur secara baik dan bersih, dan dalam pembersihannya jangan menggunakan sabun disebabkan menambah iritasi.
    Untuk pengeringan digunakan handuk yang lembut dan bersih.
  4. Daun Sirsak. Daun sirsak ternyata mempunyai manfaat dalam mengatasi wasir, karena daun sirsak mempunyai kandungan anonol, annocatacin, annocatalin, genetisic acid,  anomurine, acetogenins.
    Gigantetronin dengan adanya kandungan kimiawi tersebut, maka daun sirsak dapat menjaga kekebalan tubuh serta bisa dianggap menghilangkan wasir.
  5. Seringlah minum susu. Mengkonsumi susu sangat baik untuk tubuh, salah satunya untuk pencegahan dan mengobati penyakit wasir. Susu merupakan minuman sekaligus makanan yang mudah dicerna oleh tubuh dan dapat melancarkan penceranaan.
  6. Buah tomat. Buah tomat ternyata dapat digunakan untuk mengobati wasir secara alami. Siapkan tomat beberapa buah, potonglah beberapa bagian kemudian dihaluskan setelah halus dicampur dengan minyak kelapa secukupnya. Diamkan, setelah kurang lebih 15 menit maka oleskan pada bagian benjolan akibat wasir dengan menggunakan kain yang bersih.
  7. Pisang klutuk. Pisang klutuk juga dapat mengatasi wasir, caranya adalah pisang klutuk muda yang dihaluskan kemudian dicampur dengan gula aren, lakukan secara terus-menerus.

Demikianlah Wasir dan 7 cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- pertolongan pertama wasir, - obat wasir 4life transfer factor, - penyakit wajir, - penanganan pertama wasir awal, - penanganan pertama pada ambeien, - minyak kelapa tomat ambeien, - gejala penyakit wajir, - cara penanganan pertama wasir, - cara menghilangkan wajir, - wasir pertolongan pertamanya apa

data-ad-format="link">
Wasir dan 7 cara mengatasinya Post in | Last updated: July 21st, 2016 | 310 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *