Manfaat buah Bit Untuk Kesehatan
Manfaat buah Bit Untuk Kesehatan (Gambar Ilustrasi)

10 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan – Buah unik yang berbentuk umbi-umbian satu ini ternyata menyimpan berbagai manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah bit yang juga dikenal dengan sebutan akar bit atau bit merah ini merupakan salah satu varietas dari Beta Vulgaris. Sebuah jenis tanaman atau buah berupa akar, mirip umbi-umbian berwarna merah. Tanaman ini lebih sering ditemukan di Amerika Utara, Inggris, dan juga Indonesia. Bit berasal dari Mesopotamia, yang kemudian menyebar ke negara tetangga di daratan Asia maupun di Eropa.

Bentuk buah cenderung bulat dan menyerupai ubi jalar merah dengan warna buah merah keunguan. Warna ini dihasilkan oleh gabungan pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin. Seperti kebanyakan jenis umbi-umbian, buah ini kaya akan karbohidrat dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak, yang sangat diperlukan untuk menambah energi. Karbohidrat pada buah Bit memiliki kalori rendah, sehingga tidak akan mengakibatkan kegemukan atau menaikkan berat badan Anda. Ada pula kandungan zat besi yang dapat membantu darah membawa oksigen ke otak.

Kandungan Buah Bit

  • Serat 13,6%,
    Berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan, yakni dapat memperlancar buang air besar.
  • Asam Folat 34%,
    Berguna untuk menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak.
  • Kalium 14,8%,
    Berguna untuk keseimbangan cairan di dalam tubuh,
  • Vitamin C 10,2%,
    Berguna untuk menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah,
  • Magnesium 9,8%,
    Berguna untuk menjaga fungsi dan kinerja otot dan syaraf,
  • Triptofan 1,4%,
  • Zat Besi 7,4%,
    Berguna untuk meningkatkan metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh,
  • Tembaga 6,5%,
    Berguna untuk membentuk sel darah merah dalam tubuh,
  • Fosfor 6,5%,
    Berguna untuk memperkuat tulang dan menjaga kesehatannya, Caumarin yang dapat membantu mencegah timbulnya tumor, serta Betasianin sebagai pencegah kanker.

Buah Bit ini ternyata nikmat juga untuk dibuat minuman jus. Anda bisa mencampurkan buah ini dengan berbagai campuran buah atau bahan makanan lainnya. Dan berikut ini manfaat dan macam-macam campuran yang digunakan untuk minuman jus buah bit :

10 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Manfaat buah Bit Untuk Kesehatan
Manfaat buah Bit Untuk Kesehatan (Gambar Ilustrasi)
  1. Buah Bit Membantu Detoksifikasi Sistem Pencernaan.
  • Untuk fungsi detoksifikasi, Anda dapat membuat minuman jus buah bit bersama campuran lainnya.
    Campuran yang digunakan :
    1 buah pir, 1 buah apel, ½ buah bit ukuran besar.
    Caranya :
    Masukkan campuran buah tadi ke alat pembuat jus. Lalu aduk 2 sdm psyllium husks, biasanya dijual di toko makanan sehat dan toko organik. Psyllium husks sendiri adalah serat yang apabila dicampur dengan air bisa mengembang seperti agar-agar. Dengan bentuk mirip agar-agar inilah terlihat fungsi Psyllium husks adalah untuk membawa “sampah” yang ada pada usus besar supaya dapat dikeluarkan dengan lebih cepat.
  • Atau buat campuran jus dengan buah lainnya seperti di bawah ini :
    ½ bit ukuran sedang dan 1 buah ketimun ukuran kecil di masukkan ke alat pembuat jus.
    Tambahkan 1 ½ cangkir soda water.
    Lalu beri perasan air jeruk nipis atau lemon.
  • Selain membuat jus dari campuran bit dan buah lainnya, Anda juga bisa membuat resep minuman lain dengan merebus bit satu buah ukuran sedang yang diiris-iris. Lalu minum satu gelas airnya sebelum tidur. Keunikan air rebusan bit ini akan membantu gerakan otot perilstatik pada saluran pencernaan, sehingga keesokan harinya buang air besar lancar.

2. Buah Bit Mampu Menghancurkan Sel Tumor dan Sel Kanker.

Tingginya kandungan oksidan yang ada dalam buah bit sangat dibutuhkan oleh para pasien yang menderita kanker.
Caranya dengan membuat jus khusus buah bit untuk mengatasi kanker :

  • ½ bit ukuran sedang dicincang,
  • 2 wortel ukuran sedang dicincang,
  • 2 batang selederi lokal atau 1 batang selederi impor,
  • 30 gram bayam serta 4 batang parsley.
    Seperti biasa, campur semua bahan untuk diblender. Setelah selesai, segera berikan pada si penderita.

3. Buah Bit Memperkuat Fungsi Darah

Yang dimaksud di sini adalah dapat memperlancar sistem peredaran darah dan sistem kekebalan, mengatasi anemia serta dapat membantu memproduksi sel-sel darah merah. Mungkin sebagian orang mengaitkan bit yang berwarna kemarahan ini dengan warna darah manusia, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Padahal sebenarnya kandungan zat besi yang cukup tinggi pada buah bit inilah yang mampu mengatasi masalah anemia. Kandungan ini mampu meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel darah merah.

Cara membuat jus untuk mencegah masalah anemia :
– Cuci buah bit,
– Kupas kulitnya,
– Potong dan masukkan dalam blender atau bisa juga dengan cara diparut,
– Kemudian peras bit yang dihaluskan tadi untuk diambil airnya (untuk 1 gelas),
– Selesai, segera minum.
Mengkonsumsi jus bit, menurut peneliti, bisa membantu Anda berolahraga lebih lama tanpa rasa capek. Selain itu, setengah liter jus bit sehari efektif untuk menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan.

4. Buah Bit Menurunkan Kadar Kolesterol

5. Buah Bit Dapat Menambah Tenaga

Buah ini juga dapat digunakan sebagai minuman penambah tenaga. Minum jus bit bisa membantu orang berolahraga lebih lama dengan presentase 16%, hal ini disebabkan oleh adanya kandungan nitrat yang dapat mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen pada saat berolahraga. Hasilnya, rasa capek dan lelah akibat berolahraga menjadi berkurang. Dengan kata lain bahwasannya hal ini menunjukkan jika dengan mengonsumsi jus buah bit, maka otot-otot pada tubuh bisa melakukan kerja dalam kapasitas yang sama pada umumnya, namun dengan menggunakan energi yang lebih sedikit.

6. Buah Bit Mengatasi Masalah Pencernaan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual dan nyeri, diare, disentri, bisa minum jus bit yang dicampur wortel ditambah satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Dapat juga dengan ditambahkan campuran satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan, untuk mengurangi masalah perut “sebah”. Cukup konsumsi sekali dalam sehari.

7. Buah Bit Mengatasi Masalah Ketombe

Selain untuk kesehatan tubuh bagian dalam, membasmi ketombe adalah salah satu hal penting dalam upaya menjaga kesehatan kulit kepala. Anda bisa menggunakan campuran buah bit dengan bahan lainnya dengan cara :
– Rebus bit dengan sedikit campuran cuka alami (apple cider vinegar),
– Hasil campuran tadi oleskan dan pijatkan secara lembut ke kulit kepala,
– Biarkan semalaman dengan dibungkus menggunakan handuk,
– Pada keesokan harinya, bilas dengan air atau keramaslah hingga bersih.

8. Buah bit sebagai Pewarna Makanan Alami

Inilah fungsi dari kandungan betanin pada buah bit, kandungan ini mampu menghasilkan warna merah cemerlang yang dapat dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, mewarna telur paskah, jeli, dan lain sebagainya.

9. Buah Bit Sebagai Pewarna Rambut

Efek yang dihasilkan adalah adanya gradasi warna burgundy pada pewarnaan rambut.
Contoh penggunaan apabila Anda akan mewarnai rambut Anda dengan bubuk henna, cobalah pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda akan terlihat lebih hitam dengan tambahan adanya gradasi burgundy. Selain cantik, tentunya akan lebih aman bagi rambut dan kulit kepala.

10. Buah Bit Dapat Menyehatkan Jantung

Buah Bit juga mempunyai manfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung kita. Dalam hal ini buah bit berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan pembuluh darah. Seperti yang disarankan oleh para ahli dari Inggris dan Amerika Serikat bahwa untuk penderita hipertensi sebaiknya minum 500 ml jus bit tiap harinya. Hal ini dikarenakan dalam buah bit ditemukan adanya kandungan nitrat yang biasanya terdapat juga pada sayuran hijau. Lebih lanjut menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, dari percobaan yang pernah dilakukan mengenai manfaat buah bit untuk kesehatan jantung ini menunjukkan tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam setelah minum jus bit. Dan bahkan setelah tiga sampai empat jam setelah minum jus bit ini penurunan tetap berlanjut hingga kurun waktu 24 jam.

Catatan :
Dalam mengasup jus bit terlebih bagian akar dari buah bit, baiknya dicampur dengan buah atau sayuran lainnya. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi akar bit saja tanpa campuran akan membuat tali pita suara Anda kaku, sehingga Anda akan kesulitan saat berbicara dalam waktu tertentu. Ya, kecuali Anda lebih memilih meminum jus murni dari akar bit organik yang justru akan menyembuhkan kekakuan/kelumpuhan pada pita suara.
Source : http://en.wikipedia.org/wiki/Beet

Ya, semua hal di dunia ini memang ada lebih dan kurangnya, seperti halnya buah bit ini. Namun paling tidak dengan mengetahui informasi tentang khasiat dari buah bit ini diharapkan dapat menambah wawasan dan referensi kita akan alternatif asupan kesehatan selain dengan menggunakan obat-obatan pabrik. Karena selain lebih aman, tentunya akan lebih bernilai ekonomis.

Semoga artikel tentang manfaat buah bit untuk kesehatan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.
(berbagai sumber)

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- buah pit, - manfaat buah bit, - bit merah appel dn wortel mengobati, - buah bit, - buah beet, - manfaat jus buah bit di campur wortel, - manfaat jus bit wortel apel, - khasiat beetroot, - manfaat bit, - jus pit

data-ad-format="link">
10 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 2,760 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *