10 Manfaat dan Khasiat Buah Merah Untuk Kesehatan

By | November 28, 2015
Manfaat Buah Merah

MANFAAT dan KHASIAT BUAH MERAH UNTUK KESEHATAN – Buah Merah… Apakah Anda pernah mendengar nama buah yang satu ini?
Buah Merah atau Pandanus Conoideus adalah buah yang berasal dari Papua, tumbuh di daerah sekitar Gunung Jayawijaya, Papua. Bentuk buah ini memanjang dengan ukuran panjang sekitar 55 cm dengan diameter sekitar 10-15 cm dan tergolong ke dalam tanaman pandan-pandanan. Beratnya bisa mencapai 2-3 kg. Buah ini berwarna merah marun terang saat matang. Sebenarnya buah ini bukan varietas atau jenis yang baru ditemukan, karena telah lama buah ini dijadikan sebagai salah satu menu saat pesta adat oleh masyarakat Wamena.

Soal manfaat dan khasiat, buah Merah ini termasuk buah yang menyimpan segudang manfaat dan khasiat bagi tubuh. Berbagai penyakit berat dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengonsumsi buah ini. Adanya kandungan tokoferol dan betakaroten yang tinggi serta berbagai macam vitamin dan mineral di dalamnya, membuat buah Merah ini sebagai multivitamin yang berkhasiat dan bahkan dapat dijadikan sebagai pendamping obat resep dari dokter. Buah ini dikonsumsi dengan meminum sarinya. Rasa dari sari buah merah ini tawar dengan tekstur berminyak, namun mudah untuk ditelan. Nah, ingin tahu apa saja manfaat dan khasiat dari buah Merah untuk kesehatan… Simak ulasannya berikut ini.

10 MANFAAT dan KHASIAT BUAH MERAH UNTUK KESEHATAN

Manfaat Buah Merah

Manfaat Buah Merah (Gambar: Wikipedia)

  1. Buah Merah Sebagai Senjata Pembunuh Sel Kanker

Seperti yang kita ketahui jika penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh ketidakteraturan hormon dalam tubuh yang menyebabkan tumbuhnya daging di jaringan tubuh normal. Nah, kandungan tokoferol dan betakrotennya yang tinggi itulah yang membuat buah merah ini sangat direkomendasikan bagi penderita kanker. Buah Merah Papua dapat mengandung tokoferol hingga 11.000 ppm dan betakaroten mencapai 7.000 ppm. Kandungan tersebut merupakan antioksidan yang mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

2. Buah Merah Mengobati AIDS

Kita ketahui jika hingga saat ini penyakit AIDS belum juga ditemukan obatnya. Hal ini pernah dibuktikan oleh seorang yang kini telah terbebas dari penyakit mematikan ini berkat ekstrak buah Merah, bernama Agustina Sawery. Berat badan yang sebelumnya 50 kg turun drastis menjadi 27 kg saat diketahui ia terkena AIDS. Ia pernah mengalami gangguan fungsi hati, infeksi anus, gangguan fungsi hati, mulut bercendawan dan bahkan infeksi paru-paru. Lalu ia pergi berobat ke dokter I Made Budi yang pada saat itu sudah cukup dikenal luas di Papua dalam pengobatan penyakit seperti kanker menggunakan ekstrak buah Merah. Agustina mengonsumsi ekstrak buah Merah itu sebanyak tiga kali sehari. Kini dia terlihat lebih segar, kulitnya yang sebelumnya busik menjadi mulus kembali. Rambutnya yang sempat rontok juga mulai tumbuh lagi. Ternyata buah Merah mampu menyembuhkan AIDS karena mengandung banyak tokoferol dan betakaroten yang sangat tinggi.

Kedua kandungan buah Merah ini berfungsi sebagai antioksidan yang mampu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kombinasi dari tokoferol dan betakaroten ini mampu memecah asam amino yang notabene dibutuhkan oleh virus HIV/AIDS untuk hidup.

4. Buah Merah Mencegah Stroke dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Stroke disebabkan oleh darah yang telah membeku dan penyempitan pembuluh darah, yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi tersebut menyebabkan penggumpalan darah dan penyempitan pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai darah berkurang. Bahkan karena adanya tekanan ini, akan mengakibatkan pecahnya pembuluh darah. Dengan kata lain, darah tinggi sendiri disebabkan oleh kerja jantung yang memompa darah terlalu cepat dari yang seharusnya. Nah, jika Anda sering mengalami keluhan darah tinggi, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi sari buah Merah ini. Adanya kandungan tokoferol pada buah Merah inilah yang dapat mengencerkan sirkulasi darah.

4. Buah Merah Meningkatkan Stamina dan Vitalitas

Untuk poin yang satu ini mungkin sudah bisa dibuktikan saat Anda melihat kaum pria dari suku-suku pedalaman di Wamena. Meski mereka menggunakan busana yang terbuka, mereka dapat bertahan hidup di alam terbuka dan jarang terserang penyakit. Hal ini didasarkan pada penelitian yang pernah dilakukan oleh dosen dari Universitas Cendrawasih yang bernama Drs, I Made Budi M.Sc. Dengan mengonsumsi sari buah Merah ini tubuh akan terasa lebih fit, sehat dan bugar tiap harinya, karena mengandung energi tinggi sekitar 360 kalori. Vitamin E dalam buah Merah juga dapat membantu meningkatkan stamina pada pria, serta membantu meningkatkan produksi ‘semen’.

5. Buah Merah Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Buah Merah juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau lemak jenuh yang melebihi level normal. Terlebih jika Anda suka makan makanan yang berlemak. Kadar kolesterol jahat atau lemak jenuh yang melebihi level normal akan mengakibatkan penipisan pembuluh darah di jantung, otak dan ginjal. Sari buah Merah mampu mencegah munculnya kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.

6. Buah Merah Mengobati Asam Urat

Untuk diketahui bahwasannya penyakit asam urat itu disebabkan oleh organ hati yang memproduksi asam urat secara berlebihan. Ini karena sistem kerja hati tidak berjalan dengan normal. Asam urat yang berlebih itu akhirnya tertampung di dalam ginjal dan menjadi batu. Kemudian terbawa menuju ke ujung-ujung jari dan kaki tangan. Hal ini biasanya mengakibatkan adanya rasa nyeri, kesemutan, linu, hingga terjadi pembengkakan pada persendian. Kandungan tokoferol pada buah Merah dapat mengencerkan darah serta memperbaiki kinerja organ hati untuk memproduksi asam urat dengan normal.

7. Buah Merah Mengobati Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus merupakan penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh, hal ini disebabkan karena kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Padahal insulin berfungsi untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Akibatnya, kandungan gula dalam darah menjadi meningkat. Lagi-lagi kandungan tokoferol dalam buah Merah dapat membantu memperbaiki kerja pankreas, sehingga fungsi pankreas kembali normal dalam memproduksi insulin.

8. Buah Merah Mencegah Penyakit Mata

Ingin cara lain untuk menjaga kesehatan mata selain dengan mengonsumsi wortel? Sari buah Merah inilah solusinya. Terlebih jika Anda mengalami keluhan pada mata, cobalah untuk mengonsumsi sari buah Merah. Seperti halnya pada wortel, sari buah Merah juga mengandung betakaroten yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah timbulnya penyakit mata. Betakaroten ini diserap oleh tubuh dan diolah menjadi vitamin A.

9. Buah Merah Baik Untuk Otak

Manfaat hebat sari buah Merah lainnya adalah mampu membantu meningkatkan kemampuan otak. Sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sari buah Merah ternyata mengandung omega 3 dan 6 yang berfungsi membantu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak. Baik untuk anak dalam masa pertumbuhan dan orang dewasa tentunya.

10. Buah Merah Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis dapat terjadi bukan hanya pada orang yang berusia lanjut, karena kekurangan kalsium juga sangat berpotensi mengakibatkan osteoporosis atau pengeroposan tulang dan dapat terjadi pada usia berapapun. Sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa dalam tiap 100 gram buah Merah terkandung sekitar 55.000 mg kalsium. Oleh karena itu, sari buah Merah memiliki kalsium yang berlimpah dan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang. Selain itu, sari buah Merah juga membantu menghindari osteoporosis.

Sekarang ini cukup mudah untuk mendapatkan ekstrak buah Merah. Anda tidak perlu repot-repot membeli buahnya yang berukuran cukup besar itu, bahkan sampai harus pergi ke Papua. Anda bisa mendapatkannya di apotek-apotek terdekat maupun dijual secara online. Biasanya dikemas dalam sebuah botol yang cukup praktis. Pada umumnya, sari/ekstrak buah Merah ini dapat dikonsumsi sebanyak dua kali sehari , masing-masing satu sendok teh. Semoga ulasan tentang Manfaat dan Khasiat Buah Merah Bagi Tubuh ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Nb : untuk manfaat buah merah ini kebetulan saya pernah mengonsumsinya setiap hari selama sebulan lebih. Kebetulan saya pernah tinggal di Papua selama 8 tahun tepatnya di wilayah Aspol Gurabesi, Jayapura. Khasiatnya memang nyata bagus buat kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *