Khasiat madu untuk kesehatan
Khasiat madu untuk kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

13 Khasiat Penting Madu bagi Kesehatan yang harus anda ketahui

Tentu kita sering mendengar Madu, ya madu dihasilkan oleh lebah. Sejak zaman dahulu madu sangat terkenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Madu ini bisa dikonsumsi secara langsung maupun dikonsumsi dicampur dengan minuman lain. Mengonsumsi madu secara rutin sangat baik bagi kesehatan tubuh luar maupun dalam. Anda ingin tahu khasiat apa sajakah dari madu ini, berikut diantaranya dilansir dari berbagai sumber :

13 Khasiat Penting Madu bagi Kesehatan

Khasiat madu untuk kesehatan
Khasiat madu untuk kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

1. Meredakan batuk/pilek dan alergi dingin

Meminum madu yang dicampur air hangat dapat meredakan batuk, pilek dan alergi dingin. Madu memberikan efek menyembuhkan dan dapat mengobati sakit tenggorokan. Selain itu dapat membantu mengeluarkan dahak.

2. Menurunkan berat badan

Menurut penelitian minum madu dicampur air hangat setiap pagi bisa membantu membakar lemak. Cobalah secara rutin agar tumpukan lemak dalam tubuh anda bisa hilang.

3. Membantu sistem pencernaan

Madu mengandung enzim yang bisa membantu dalam mencerna makanan. Jika anda memiliki masalah pencernaan minumlah madu setelah anda makan. Madu juga bermanfaat untuk menjaga pergerakan usus tetap teratur .

4. Baik untuk kesehatan kulit

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti jamur. Oleh sebab itu mengonsumsi madu setiap hari dapat membantu mencegah jerawat dan menjaga kulit tetap cerah dan sehat. Selain dikonsumsi, madu juga baik digunakan sebagai masker di kulit yang berkhasiat membuat kulit bersih, cerah dan lembab.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Khasiat dari madu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari batuk, pilek dan dingin. Selain itu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit.

6. Meningkatkan metabolisme

Madu dapat diserap dan dicerna dengan cepat di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi rutin sistem metabolisme tubuh kita jadi kuat dan sehat.

7. Mencegah dehidrasi

Mengonsumsi madu sangat bermanfaat dan dapat membantu menambah cairan tubuh. Sehingga tubuh anda tidak akan dehidrasi.

8. Meningkatkan daya ingatan

Menurut penelitian rutin mengonsumsi madu juga dapat meningkatkan daya ingat.

9. Menghilangkan Luka

Madu berkhasiat menghilangkan luka di kulit. Oleskanlah madu pada area yang luka secara rutin 2x sehari, maka luka perlahan akan memudar dan hilang.

10. Meningkatkan stamina

Dengan mengonsumsi madu dapat memberikan energi di dalam tubuh. Stamina anda akan bagus dan anda tetap aktif beraktifitas seharian penuh.

11. Meningkatkan kesuburan suami dan istri

Menurut penelitian madu mampu meningkatkan kesuburan pasangan suami istri. Bagi anda yang sedang menjalankan program memiliki anak, konsumsilah madu secara teratur untuk memperbaiki kesuburan.

12. Mencegah beberapa penyakit

Terapi madu juga dapat menghindarkan kita dari beberapa penyakit yaitu, alergi, sakit perut, risiko serangan jantung, Alzheimer, penyakit kuning, mencegah diabetes, mencegah tumor di berbagai organ tubuh, dan depresi atau stres.

13. Bermanfaat bagi ibu hamil

Madu sangat berkhasiat bagi ibu hamil, selain madu lengkap dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Madu juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu menambah tenaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Menguatkan Janin, Membantu janin tumbuh sehat dan normal, mengurangi rasa mual, memudahkan BAB, dan meningkatkan nafsu makan ibu hamil.

Demikianlah 13 khasiat penting madu bagi kesehatan. Konsumsilah madu secara teratur untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

data-ad-format="link">
13 Khasiat Penting Madu bagi Kesehatan yang harus anda ketahui Post in | Last updated: January 6th, 2016 | 22 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *