Tips mencegah diabetes
Tips mencegah diabetes (Ilustrasi/pixabay)

3 Tips Mencegah Diabetes

Diabetes? Ya, siapa yang tak kenal dengan penyakit mematikan yang satu ini. Diabetes dikenal sebagai suatu penyakit yang dapat membuat tubuh si penderita tidak dapat mengendalikan glukosa (tingkat gula) dalam darahnya. Nah, kelebihan gula dalam darah yang kronis ini dapat menjadi racun bagi anda.

Tips mencegah diabetes
Tips mencegah diabetes (Ilustrasi/pixabay)

Apabila anda terkena diabetes dan terus dibiarkan tanpa perawatan yang memadai, maka anda dapat terkena komplikasi penyakit yang dapat berakibat fatal bagi tubuh anda, seperti penyakit jantung (kardiovaskular), impotensi, gangguan mata (retinopathy), mudah terinfeksi, penyakit ginjal (nefropathy), hingga kerusakan saraf (neuropathy). Selain penyakit-penyakit tersebut tentu masih ada sederet nama penyakit lainnya yang dapat anda derita jika diabetes anda dibiarkan.

Ada pepatah yang mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati” dan ternyata pepatah tersebut memang tepat sekali. Bayangkan berapa banyak uang yang anda keluarkan untuk mengobati penyakit anda jika terkena diabetes? Dan bayangkan pula masa-masa sulit yang harus anda lewati demi mengobati penyakit diabetes anda.

Nah, agar anda dapat mencegah penyakit diabetes yang siapa tahu dapat menyerang anda sewaktu-waktu, anda dapat melakukan tips-tips berikut ini :

  1. Say “No” to LEMAK!

Jika anda memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas, langkah pertama yang dapat anda lakukan ialah mengurangi lemak berlebih yang ada pada tubuh anda. Untuk mengurangi berat badan anda, anda dapat menjaga pola makan dan rajin-rajin berolahraga. Agar maksimal, anda dapat berkonsultasi pada dokter atau orang yang mengerti tentang diet agar anda tidak menjalankan program diet yang asal-asalan.

Terdapat sebuah penelitian yang membuktikan bahwa partisipan yang rajin berolahraga dan dapat menurunkan berat badannya sekitar 7 % dari berat badan aslinya akan mengalami risiko penurunan diabetes hingga 60 %. Wow, angka yang lumayan kan?

  1. Jangan Batasi, Variasikan, dan Pilah Makanan Anda!

Banyak program diet yang mungkin dapat dengan cepat menurunkan berat badan anda seperti diet indeks glikemik maupun diet rendah kalori. Namun, keefektifannya dalam mencegah penyakit diabetes masih belum diketahui secara jelas. Menjalankan program diet memang menguntungkan tapi ketika anda menjalani diet ketat, bisa saja anda membatasi asupan makanan tertentu yang dapat mengakibatkan berkurangnya asupan nutrisi yang penting.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, lebih baik anda tidak membatasi pilihan makanan dan memvariasikan makanan, serta membatasi porsi makan anda. Jangan lupa untuk memilah makanan yang berlemak dan tidak berlemak.

[Baca juga: Mencegah Diabetes dengan Mengatur Pola Makan]

  1. Olahraga Teratur

Ada sebuah penelitian yang membutikan bahwa latihan ketahanan maupun olahraga aerobik dapat membantu mencegah diabetes, namun akan lebih baik lagi jika anda melakukan keduanya. Aktif dan rajin berolahraga juga dapat memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan sensitifitas terhadap insulin yang juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah anda.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- mencegah diabetes dengan 3j, - Mencegah diabetes dg 3J, - tahu dapat mencegah penyakit diabetes

data-ad-format="link">
3 Tips Mencegah Diabetes Post in | Last updated: February 17th, 2016 | 122 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *