4 Tips mencegah kanker ovarium

4 Tips mencegah kanker ovarium – Dewasa ini, penyakit semakin menakutkan dan beragam jenisnya. Salah satu penyakit paling mematikan yang sering kita dengar adalah kanker. Kanker merupakan penyakit yang diakibatkan oleh sel tubuh yang bermutasi sehingga tumbuh tidak terkontrol. Kanker itu sendiri ada banyak jenisnya, dan salah satunya adalah kanker ovarium.

Kanker ovarium atau kanker indung telur termasuk salah satu kanker yang paling berbahaya. Alasannya sederhana saja, yaitu karena biasanya kanker ini tidak terdeteksi saat di stadium awal, dan biasanya baru terdeteksi ketika sudah parah (stadium 3 atau 4). Gejalanya biasanya hanya seperti penyakit – penyakit ringan biasa. Ketika baru terdeteksi saat masih di tahap awal dan belum menyebar, kemungkinan sembuhnya masih sangat tinggi. Namun, saat stadium sudah tinggi, harapan hidup pengidap menjadi lebih kecil. Tentunya Anda tidak menginginkan diri Anda atau orang terdekat Anda mengalami penderitaan atau bahkan kehilangan nyawa mereka akibat kanker ovarium.

Gejala Kanker Ovarium

Tips mencegah kanker ovarium

Tips mencegah kanker ovarium (Gambar Ilustrasi)

Berikut akan saya paparkan gejala – gejala kanker ovarium yang patut diwaspadai dan apa saja hal – hal yang harus dihindari supaya kanker ovarium tidak hinggap pada Anda atau orang tercinta.

  • Gejala kanker ovarium yang pertama yaitu nyeri di area perut. Banyak orang yang menyepelekan hal ini karena rasanya mirip dengan penyakit maag atau sakit perut biasa di bagian pencernaan. Kadang, nyeri yang terasa itu sampai daerah otgan kewanitaan.
  • Gejala selanjutnya yaitu sering merasa kembung.
  • Lalu, hilangnya nafsu makan diikutin dengan perasaan cepat kenyang yang berimbas pada penurunan berat badan.
  • Kanker ovarium membuat ukuran sel telur menjadi lebih besar sehingga di titik tertentu akan memunculkan bengkak di perut.
  • Gejala berikutnya yaitu buang air kecil yang lebih banyak dari biasanya.

[Baca juga: Mengenal ciri-ciri kista ovarium]

4 Cara Mencegah Kanker Ovarium

Sekarang, apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker ovarium? Berikut ini tips – tips yang bisa Anda lakukan atau informasikan ke orang tercinta Anda supaya terhindar dari penyakit ini.

  • Yang pertama, lakukan pemeriksaan fisik yang rutin tiap tahun. Atau, jika gejala – gejala di atas terjadi lebih dari 10 kali tiap bulan, segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit, untuk memastikan jika benar itu kanker ovarium dan memberikan tindakan cepat sebelum kanker itu menyebar ke bagian tubuh lainnya.
  • Yang kedua, cek apakah Anda merupakan keturunan seseorang yang punya riwayat penyakit kanker, karena kanker ini juga dapat terjadi akibat genetik. Tentu saja bagi yang punya riwayat genetik penyakit kanker, perlu upaya pencegahan ekstra.
  • Yang ketiga, hindarkan bagian organ kewanitaan dari zat – zat kimia asing (bedak, kosmetik, dan lain-lain) karena dikuatirkan bisa menyebabkan kanker ovarium.
  • Yang keempat, mulailah pola makan hidup sehat. Misalnya, dengan membatasi asupan makanan berupa daging olahan, makanan kalengan, makanan instan, dan makanan lainnya yang mengandung banyak pengawet, pemanis buatan, pewarna makanan, karena konsumsi zat – zat seperti ini dapat memicu sel kanker dan mempercepat penyebarannya. Perbanyaknya mengkonsumsi buah – buahan dan sayur yang dapat mencegah kanker seperti sirsak, kecambah, brokoli, semua buah berry, kubis, ceri, jeruk, dan lain-lain. Perbanyak juga konsumsi protein nabati yang dihasilkan oleh produk kedelai seperti tempe dan tahu.

[Baca juga: Minuman Pencegah Kanker Ovarium]

Demikian keempat tips yang dapat saya berikan untuk Anda, semoga informasi ini bermanfaat. Kesehatan itu mahal harganya, lebih baik mengeluarkan biaya sedikit untuk mencegah dari pada mengeluarkan biaya banyak untuk berobat  🙂

Semoga Tips mencegah kanker ovarium ini bermanfaat.

Leave a Reply

*