5 Cara Mengobati Tinnitus Secara Alami

5 Cara Mengobati Tinnitus Secara Alami – Telinga adalah indera yang penting untuk berhubungan dengan dunia luar. Karena itulah menjaga kesehatan telinga adalah hal yang sangat penting dilakukan. Salah satu gangguan yang mungkin timbul pada telingga adalah tinnitus. Penyakit tinnitus termasuk jenis penyakit yang paling sering menyerang telinga.

Seseorang menderita tinnitus karena beberapa hal, misalnya kebiasaan mendengarkan suara yang terlalu keras dan berlangsung dalam waktu yang lama. Kasus ini terjadi sering pada para pekerja tambang, pekerja pabrik yang mengoperasikan mesin besar, karyawan bandara, dan lain-lain. Beberapa hal tersebut dapat menyebabkan cedera dan infeksi pada syaraf telinga, penumpukan kotoran, dan lain sebagainya.

Hingga kini belum ditemukan obat medis untuk menyembuhkan tinnitus. Namun ada beberapa bahan alami yang sering digunakan untuk menurunkan dan mengobati gejala tinnitus. Cara mengobati tinnitus secara alami dapat Anda simak di bawah ini:

5 Cara Mengobati Tinnitus Secara Alami

1. Pisang Untuk mengobati Tinnitus:

Pisang adalah obat alami yang paling mudah didapatkan untuk meredakan atau mengobati tinnitus. Kandungan zat alami dalam pisang berfungsi untuk membersihkan telinga dan menghilangkan suara dengung yang ada di telinga. Untuk mengobati tinnitus menggunakan pisang, Anda harus memakan pisang 3 kali dalam sehari, lakukan setidaknya selama seminggu, atau sampai Anda merasa bahwa telinga Anda sudah membaik.

Cara lain untuk menyembuhkan tinnitus adalah dengan memakan buah lain yang agak keras dan membutuhkan banyak kunyahan, misalnya apel, pir atau buah-buahan lain yang memiliki struktur agak keras. Proses mengunyah buah-buahan tersebut akan membantu memperlancar sirkulasi darah ke dalam telinga sehingga akan meringankan dan mengobati gejala tinnitus.

2. Oregano Untuk mengobati Tinnitus:

Oregano adalah bumbu masakan yang biasa digunakan pada masakan Italia. Oregano cukup efektif untuk menyembuhkan radang telinga karena tinnitus. Kandungan zat dalam oregano bersifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Cara menyembuhkan tinnitus menggunakan oregano adalah dengan menyeduh oregano dalam secangkir air selama 15 menit. Minumlah ramuan tersebut untuk mengurangi peradangan karena tinnitus, sekaligus membasmi bakteri yang terdapat di telinga.

Cara Mengobati Tinnitus Secara Alami

5 Cara Mengobati Tinnitus Secara Alami (Gambar Ilustrasi)

4. Minyak kelapa, minyak wijen dan minyak bawang putih:

Tiga minyak tersebut termasuk bahan alami yang mengandung nutrisi dan antioksidan. Cara menyembuhkan tinnitus mengunakan bahan alami di atas adalah dengan meneteskannya ke lubang telinga atau menggunakan cotton bud. Cara tersebut mampu menyembuhkan gejala tinnitus, misalnya telinga yang berdengung.

5. Daun kemangi Untuk mengobati Tinnitus:

Daun kemangi tidak hanya lezat disajikan sebagai lalapan, tapi juga berkhasiat mengobati gejala tinnitus. Ambil segenggam kemangi, lalu haluskan menggunakan blender atau ulekan yang benar-benar bersih. Setelah itu tambahkan 2 sendok air, lalu disaring dan teteskan air tersebut pada telinga.

Tinnitus memang tidak berbahaya, namun seseorang yang menderita tinnitus akan benar-benar terganggu karena berkurangnya fungsi pendengaran dan suara dengungan di telinga. Untuk mencegahnya, hindari suara-suara yang terlalu keras. Untuk Anda yang bekerja di area yang selalu berisik, misalnya operator mesin, Anda dapat menggunakan penutup teliga yang dapat Anda beli di toko alat kesehatan.

Demikianlah Tips Cara Mengobati Tinnitus Secara Alami, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

*