Kebiasaan yang merusak rambut
Kebiasaan yang merusak rambut (Ilustrasi/pexels)

5 Kebiasan yang Salah Ini Dapat Merusak Kesehatan Rambut

Apakah  anda termasuk salah satu orang yang suka melakukan perawatan rambut dan sering mengganti gaya rambut? Jika iya, bagaimana kondisi rambut anda saat ini? Kalau rambut anda sehat, berarti anda sudah melakukan rutinitas perawatan secara benar. Namun, jika rambut justru memiliki banyak masalah, mungkin saja ada beberapa kebiasaan yang salah dalam melakukan perawatan rambut seperti berikut ini:

  1. Memakai alat styling dengan suhu tinggi

Menggunakn alat styling dengan suhu yang tinggi memang  akan membuat rambut jadi lebih mudah ditata, dan hanya memerlukan waktu yang juga singkat untuk mengatur rambut sesuai yang diinginkan. Namun, semakin panas suhu alat styling ketika dipakai, juga akan berpengaruh pada kesehatan rambut.

Kebiasaan yang merusak rambut
Kebiasaan yang merusak rambut (Ilustrasi/pexels)

Masalah rambut, seperti: rambut kering, bercabang, dan mudah patah dapat terjadi ketika anda memakai alat styling bersuhu tinggi secara terus-menerus. Sebaiknya agar rambut tetap terjaga kesehatannya, gunakan alat styling dengan suhu yang disesuaikan untuk kondisi rambut anda.

  1. Pemilihan sisir yang salah

Meski terlihat sepele, namun memilih sisir rambut juga penting. Pemilihan sisir yang salah dapat menjadi masalah untuk rambut. Jika rambut anda cenderung mudah rontok, maka pilih sisir yang bergerigi jarang, sehingga dapat mencegah kerontokan rambut secara berlebihan. Kalau anda menginginkan rambut yang lurus, coba gunakan sisir yang lebih besar. Baca: Cari Tahu Yuk Sisir yang Tepat Untuk Rambut Anda.

  1. Tidur ketika rambut masih basah

Tidur di saat rambut dalam keadaan basah dapat menyebabkan berbagai masalah rambut, seperti: rambut kusut dan berketombe. Jadi, sebaiknya keringkan rambut terlebih dulu sebelum tidur. Cara yang praktis ialah demgan menggunakan hairdryer, sehingga rambut akan kering lebih cepat. Namun, perlu anda perhatikan suhunya ya agar tak menimbulkan masalah lainnya.

  1. Menggunakan seluruh produk perawatan rambut sampai ke bagian akar

Tidak semua produk perawatan rambut harus diaplikasikan hingga ke bagian akar. Misalnya saja, pemakaian kondisioner yang sebaiknya cukup digunakan pada bagian tengah hingga ujung rambut, sehingga anda tak perlu merasakan rambut menjadi lepek atau berminyak. Begitu juga dengan produk lainnya yang berbahan dasar krim atau pun oil, sebaiknya fokuskan di bagian ujung rambut.

  1. Keramas 2 kali sehari

Mencuci rambut memang baik untuk menjaga kebersihan rambut. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, justru akan menghilangkan minyak alami pada rambut, sehingga rambut menjadi kering dan kehilangan kilaunya. Ada baiknya anda berikan jeda untuk keramas setidaknya 1-2 hari.

Nah, itulah 5 kebiasan yang salah dan justru dapat merusak rambut jika terus dilakukan. Lebih baik ganti hal-hal tersebut dengan kebiasan baru yang menjadikan rambut lebih sehat dan indah ya.

data-ad-format="link">
5 Kebiasan yang Salah Ini Dapat Merusak Kesehatan Rambut Post in | Last updated: February 13th, 2018 | 68 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *