5 Khasiat dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

By | March 31, 2015

5 Khasiat dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan – Buah apel memiliki berbagai kandungan gizi yang bermanfaat utuk kesehatan. Kandungan senyawa alami di dalam buah apel inilah yang mampu mencegah dan mengobati beberapa gangguan kesehatan tubuh. Memiliki rasa yang khas yaitu asam manis buah ini semakin dibutuhkan karena memiliki peran dalam menjaga kesehatan tubuh.

5 Khasiat dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Berikut ini terdapat beberapa manfaat buah apel dalam menjaga kesehatan.

Pertama mampu menjaga kesehatan jantung. Di dalam buah apel terdapat kandungan fitonutrien dan dikenal sebagai quercetin, pholizin, catechin, serta klorogent. Fitonutrient pada buah apel ini akan membantu dalam melindungi sistem kardiovaskular dari sebuah kerusakan. Tidak hanya itu kandungan serat yang tinggi di dalam buah apel mampu menurunkan kolesterol di dalam darah.

Kedua, dapat mencegah penyakit kanker paru – paru. Karena apel mengandung senyawa flavonoids dan querctin di dalam apel mampu menyehatkan paru – paru sehingga tidak rentan terhadap sel kanker.

Ketiga, apel juga mampu mencegah penyakit kencing manis atau diabetes. Buah apel mengandung senyawa pektin yang mampu memproduksi asam galacturonic setelah dicerna oleh tubuh. Dimana, senyawa asam galacturonic ini  mampu menurunkan jumlah  kebutuhan insulin di dalam tubuh sehingga penyakit diabetes akan tercegah oleh senyawa tersebut.

Selain itu apel bisa menurunkan berat badan. Karena, kandungan serat yang tinggi di dalam buah apel mampu menurunkan berat badan secara sehat. Terbukti beberapa wanita yang melakukan program diet mengkonsumsi buah apel sebanyak 3 butir pada setiap harinya. Alhasil dalam satu bulan berat badannya turun secara berkala dan tubuh ramping bisa dimilikinya.

5 Khasiat dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

5 Khasiat dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan (Ilustrasi)

Terakhir, mampu menjaga kepadatan tulang. Kandungan flavonoid di dalam apel mampu menjaga kepadatan tulang sehingga mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

Beberapa manfaat apel dalam menjaga kesehatan seperti yang sudah dijelaskan di atas membuat apel dijadikan pilihan sebagai buah pelengkap makanan sehari – hari.  Supaya tidak merasa bosan konsumsi apel sebaiknya diolah dengan beberapa macam dari jus dan disantap dalam keadaan segar.

Demikianlah 5 Khasiat dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *