5 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Bangun tidur merupakan aktivitas pertama yang pasti kita lakukan di setiap hari. Namun pukul berapakah anda bangun tidur setiap harinya? Khususnya di pagi hari, kasur seakan menjadi “magnet” bagi badan kita sehingga kita menjadi malas sekali untuk beranjak darinya. Lalu pada pukul berapakah yang dimaksud bangun pagi ini? Bangun pagi dikategorikan mulai dari jam 4 sampai jam 6. Namun tahukah Anda jika bangun pagi memiliki banyak keuntungan bagi kehidupan kita? Berikut beberapa Manfaat Bangun Pagi :

Manfaat bangun pagi bagi kesehatan

Manfaat bangun pagi bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

  1. Merasakan Udara Segar

Tak dipungkiri lagi pada pagi hari udara sangatlah alami, belum banyak kendaraan berlalu lalang dan udara akan terasa segar dan sejuk untuk dihirup. Udara yang bersih konon dapat membersihkan paru-paru yang terbiasa menghirup asap dan polutan. Manfaat bangun pagi pun memberi efek psikologis yang terasa ketika kita menghirup udara yang segar seperti bersemangat dan optimis dalam menjalankan hari serta membuat pikiran dan hati terasa tenang sehingga mencegah stres pikiran yang merupakan pemicu dari berbagai penyakit.

  1. Dapat Melakukan Mandi Pagi yang Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ketika kita bangun pagi, tak lupa kita akan melakukan mandi di Pagi hari. Mandi di Pagi hari dengan air dingin ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan seperti melancarkan peredaran darah, mencegah penyakit rheumatik, mengatur suhu tubuh, dan guyuran air dingin di pagi hari dapat membuat seluruh bagian tubuh dipasok oksigen sehingga mampu mengurangi tingkat stres yang dimiliki seseorang.

  1. Otak Berfikir lebih Tajam dan Daya Serap yang Tinggi

Pada saat kita bangun pagi, ternyata membuat otak kita lebih segar. Terutama bagi para pelajar, tentunya hal ini sangat bermanfaat apalagi jika dalam menghadapi ujian yang membuat kita dipaksa untuk mengingat dan belajar. Waktu yang tepat untuk belajar ialah setelah bangun pagi, sehingga otak akan masih fresh oleh segarnya udara pagi sehingga kerja otak akan lebih maksimal.

  1. Dapat melakukan olahraga pagi

Bangun pagi dan menghirup udara segar lebih baik lagi dipadukan dengan olahraga di pagi hari, karena udaranya yang masih segar otomatis ketika kita sedang menarik nafas pada saat olahraga akan terasa sangat segar bukan? Olahraga saja sudah sehat, apalagi olahraga di pagi hari? tentu lebih banyak manfaatnya. Menurut pakar Kebugaran dan Ahli Gizi, Mitzi Dulan RD., CSSD. Bahwa melakukan olahraga pagi dapat tidur lebih terlelap pada malam harinya, sehingga siklus tidur yang diawali dengan bangun pagi menjadi lebih teratur diimbangi dengan olahraga.

  1. Menikmati Sarapan Pagi

Makan pagi merupakan hal yang penting bagi kita, dengan sarapan pagi kita bisa mengisi perut kita sebagai asupan energi untuk beraktivitas. Dengan sarapan, kita bisa bertahan hingga siang harinya untuk mencegah ngemil yang tidak diperlukan sehingga kita tetap sehat dan tidak memakan asupan berlebih.

Itulah 5 Manfaat bangun pagi bagi Kesehatan, dengan memulai beraktivitas di pagi hari banyak keuntungan yang kita dapatkan untuk tetap sehat. Tetap jaga kesehatanmu, dan mari bangun pagi.

Sulit Bertemu Jodoh Anda?
Lupakan Semua Keraguan Anda

Dalam Beberapa Menit, Anda Akan Tahu Jawabannya!

21 Hari Mencari Jodoh

Leave a Reply

*