6 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet namun tidak menyukai sayuran hijau, ada cara menikmati makanan pengganti sayuran yang sama bergizinya dan bermanfaat bagi tubuh. Kandungan nutrisi bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi jagung.

Menyajikan salad sayuran yang mungkin bagi anda sangat membosankan, bisa sesekali menambahkan jagung sebagai bahan isian salad. Salad dengan isian bulir jagung dapat anda campurkan dengan edamame.

Resep salad ini bisa anda nikmati bagi yang sedang menjalankan program diet. Campurkan jagung dan edamame yang telah direbus. Tambahkan minyak zaitun, minyak canola dan vinegar berikut potongan seledri, bawang merah dan garam sesuai selera.

Mengonsumsi jagung dapat mengalihkan keinginan ngemil, dikarenakan menyediakan kebutuhan energi yang cukup lama untuk tubuh bahkan otak. Banyak orang tidak menyangka bahwa jagung memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi. Sebagian besar orang berpikir karena jagung mengandung tepung, maka perlu menghindari untuk mengonsumsinya.

6 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Manfaat jagung bagi kesehatan

Manfaat jagung bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

1. Jagung Melawan Radikal Bebas

Jagung ternyata merupakan salah satu sumber antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti yang diketahui bahwa senyawa antioksidan dibutuhkan untuk melawan ancaman radikal bebas akibat polusi hingga makanan yang masuk ke tubuh kita.

2. Jagung Melancarkan Pencernaan dan Sumber Energi

Alasan mengapa dengan memakan jagung akan membuat anda tidak mudah lapar, dikarenakan jagung memiliki kandungan kaya serat. Kandungan seratnya termasuk serat yang mudah larut dan juga tidak mudah larut. Sehingga jagung juga mampu mengatasi permasalahan konstipasi.

Maka jika anda membutuhkan cara untuk menghilangkan perasaan tidak nyaman pada perut karena konstipasi dan juga butuh energi untuk mendukung aktivitas seharian, mengonsumsi jagung adalah jalan keluarnya.

3. Jagung Menurunkan Gula Darah

Kandungan serat pada jagung dapat mengontrol gula darah dan menggabungkannya dengan protein. Selain itu dengan mengonsumsi jagung bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan dan memberikan energi yang cukup.

Ditambah lagi, selain serat dan protein terdapat kandungan vitamin B kompleks dan asam folat sehingga jagung sangat bermanfaat untuk permasalahan gula darah pada penderita diabetes.

4. Jagung Melawan Penyakit Kanker Usus Besar

Kandungan serat yang mudah larut pada jagung mampu dirubah oleh bakteri di usus menjadi Asam Lemak Rantai Pendek. Melalui proses akan mendukung pertumbuhan bakteri baik pada usus yang meningkatkan kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Asam Lemak Rantai Pendek juga bermanfaat untuk mengatasi permasalahan peradangan, diabetes, obesitas, dan gangguan autoimun seperti radang sendi.

5. Jagung Menjaga Kesehatan Mata

Jagung mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin yang menutrisi mata agar tetap sehat dan berfungsi baik. Sehingga terhindar dari risiko penyakit katarak.

6. Jagung Menjadikan Kulit Sehat

Kandungan beta-karoten yang juga merupakan senyawa karotenoid pada jagung berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu bagi calon ibu asupan beta-karoten juga sangat baik untuk menjaga kehamilan tetap sehat.

Demikianlah 6 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*