Manfaat susu kedelai bagi kesehatan
Manfaat susu kedelai bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

6 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Minuman susu memang penuh gizi dan bermanfaat bagi tubuh kita. Susu terdiri dari dua jenis, yaitu susu hewani dan susu nabati. Susu sapi menjadi susu hewani yang banyak disukai, sementara susu nabati yang paling terkenal ialah susu kedelai. Jika dibandingkan dengan susu sapi, tentunya susu kedelai memiliki harga yang lebih murah. Namun, soal khasiatnya anda tak perlu meragukan lagi. Memiliki kandungan protein, vitamin A, B, D, E, antioksidan, asam folat, dan masih bayak lagi menjadikan anda yang meminum susu kedelai akan mendapatkan 6 manfaat ini:

6 Manfaat susu kedelai bagi kesehatan

  1. Menjaga kesehatan jantung

Nutrisi yang ada pada susu kedelai akan sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan minyak jenuhnya yang lebih sedikit dibandingkan susu hewani membuat anda yang mengonsumsi susu kedelai tidak perlu takut mengalami obesitas, karena itu pula susu kedelai ini tidak akan menyebabkan meningkatnya kolesterol jahat yang ada di dalam darah.

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan
Manfaat susu kedelai bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)
  1. Mencegah kanker

Pada susu kedelai terdapat zat Phytoestrogen yang merupakan hormon yang ada pada tanaman. Phytoestrogen ini memiliki kemampuan untuk menghambat produksi hormon tes***terone. Berkurangnya kadar hormon tes***terone pada pria akan mencegah pertumbuhan kanker prost*t.

  1. Menyehatkan organ hati

Mengonsumsi susu kedelai akan meringankan kerja organ hati yang memiliki fungsi untuk menetralkan racun. Di dalam susu kedelai tidak terdapat zat yang perlu dinetralkan supaya tidak berbahaya untuk tubuh. Sebaliknya, nutrisi yang ada pada minuman ini justru akan menyehatkan organ-organ tubuh, termasuk hati.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Susu kedelai memiliki kandungan kalsium dan juga vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Kebutuhan akan vitamin D dan kalsium yang tercukupi lewat mengonsumsi susu kedelai akan memperkuat tulang dan mencegah dari osteoporosis.

  1. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menerapkan pola hidup sehat dan berdiet, alangkah baiknya jika ditunjang dengan mengonsumsi susu kedelai. Jangan khawatir, karena mengonsumsi susu kedelai tidak akan membuat anda obesitas. Kandungan asam lemak tak jenuh yang ada pada susu kedelai justru akan menjaga anda kenyang lebih lama.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Mengonsumsi susu kedelai juga akan membuat anda memperoleh kulit yang sehat. Zat antioksidan serta vitamin E pada susu kedelai berperan utuk memerangi radikal bebas dan melembabkan kulit yang akan membuat kulit anda tampak awet muda.

Nah, itulah 6 manfaat yang akan anda dapatkan jika mengonsumsi susu kedelai. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

data-ad-format="link">
6 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Post in | Last updated: August 24th, 2016 | 51 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *