Cara memutihkan gigi kuning secara alami
Cara memutihkan gigi kuning secara alami (Ilustrasi/youtube)

7 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Gigi merupakan daerah yang paling sensitif dan mempengaruhi penampilan seseorang. Gigi yang putih dan bersih merupakan idaman setiap orang, berbagai cara dan metodepun dilakukan agar mendapatkan gigi yang bagus. Pada awalnya gigi kita rata-rata berwarna putih, akan tetapi tidak jarang juga gigi kita berubah warna menjadi kekuningan. Warna kuning pada gigi memang merupakan masalah bagi seseorang. Selain merusak penampilan, gigi yang berwarna kuning juga menandakan gigi tersebut tidak sehat. Banyak masalah-masalah lainnya yang terjadi pada area gigi, mulai dari gigi berlubang, karang gigi hingga gigi berwarna kuning. Semua gangguan tersebut memang menjadi masalah bagi setiap orang.

Cara memutihkan gigi kuning secara alami
Cara memutihkan gigi kuning secara alami (Ilustrasi/youtube)

Perlu kita ketahui apa sebenarnya yang menyebabkan masalah pada gigi, apakah makanan yang biasa dikonsumsi atau kita kurang menjaga kebersihan gigi? Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat kita temukan dalam kehiduan kita. Gigi yang berubah warna menjadi kuning terjadi tidak hanya karena malas membersihkan gigi, akan tetapi juga akibat makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Penyebab gigi kuning

  • Jarang gosok gigi atau cara menyikat gigi yang salah selama ini.
  • Terlau sering mengonsumsi minuman bersoda, teh, dan kopi hingga mengonsumsi dengan berlebihan.
  • Terlalu sering mengonsumsi minuman penambah energi / suplemen.
  • Menggunakan obat pemutih gigi yang tidak cocok.
  • Terlalu sering menggunakan obat tetes mata berbahan kimia.
  • Karena menderita penyakit Diabetes.
  • Terjadi karena faktor penuaan.
  • Mengonsumsi anggur putih secara berlebihan, akan lebih cepat mengikis gigi.
  • Terjadi karena me*ro*kok.
  • Karena membuka kemasan menggunakan gigi.
  • Karena gen gigi yang kuning. Seorang dokter gigi menjelaskan, memang ada beberapa orang yang memiliki gen gigi berwarna kuning.

Bagaimana cara mengatasi gigi kuning dan bagaimana cara mengembalikannya putih bersinar seperti semula? Gigi kuning memang sangat mengganggu penampilan kita sehari-hari, banyak produk-produk muncul di pasaran yang memiliki berbagai macam fungsi untuk memutihkan gigi. Akan tetapi tidak semua produk-produk yang dijual tersebut aman untuk kita gunakan, kebanyakan produk tersebut mengandung bahan kimia berbahaya untuk kesehatan. Oleh sebab itu ada beberapa tips sederhana dan alami dalam mengatasi gigi kuning tersebut.

Cara mengatasi gigi kuning

  1. Rajin menggosok gigi.
    Hal ini merupakan yang paling mendasarkan yang harus dilakukan. Tidak hanya untuk kebersihan gigi, tapi juga untuk kesehatan gigi dan mulut. Jika selama ini anda malas menyikat gigi, sebaiknya mulai sekarang rajinlah menyikat gigi dengan cara yang benar.
  2. Menggunakan siwak.
    Miswak atau siwak merupakan dahan atau akar pohon yang biasa digunakan untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut. Semua akar atau dahan pohon digunakan untuk bersiwak, cara ini ternyata sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh kaum muslim. Syarat untuk akar atau dahan pohon yang bisa digunakan ialah lembut dan harus bersih.
  3. Arang kayu.
    Memutihkan gigi dengan menggunakan arang kayu memang merupakan tindakan yang sangat aneh terdengar bagi kita. Tapi apakah anda tahu, bahan berwarna hitam ini ternyata sangat ampuh untuk memutihkan gigi. Akan tetapi penggunaan arang kayu yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada email gigi serta dapat juga menimbulkan rasa sakit pada gigi.
  4. Kulit jeruk.
    Cara alami lainnya untuk mengatasi gigi kuning ialah menggunakan kulit jeruk. Biasanya kulit jeruk selalu kita buang, namun kulit jeruk memiliki manfaat untuk memutihkan gigi dengan cepat. Kulit jeruk pada bagian dalamnya berwarna putih, bagian dalAm tersebutlah yang dioleskan pada gigi secara merata dan sebaiknya lakukan setiap hari agar mendapatkan hasil yang optimal. Namun bagi yang memiliki gigi sensitif sebaiknya jangan gunakan bahan ini, karena kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang kurang cocok bagi jenis gigi sensitif.
  5. Pasta gigi alami.
    Membuat sendiri pasta gigi yang alami berbahan dasar dari kulit jeruk dan daun salam. Caranya sangat mudah, cukup jemur kedua bahan di atas hingga kering. Kemudian haluskan dan tambahkan air lalu aduk rata hingga berbentuk seperti pasta gigi. Gunakan ramuan ini untuk menggosok gigi anda, rasakanlah khasiatnya gigi anda akan terlihat lebih putih.
  6. Biji pinang.
    Buah biji pinang sudah terkenal sejak dahulu dengan khasiatnya yang dapat memutihkan gigi. Caranya ialah bakar biji pinang tersebut hingga hangus kemudian haluskan hingga benar-benar halus. Gosokkan biji pinang tersebut ke area gigi, bisa menggunakan sabut pinang atau kain yang berbahan dasar katun. Cukup lakukan 2 kali seminggu saja. Ternyata selain bermanfaat untuk memutihkan gigi, biji pinang juga dapat memperkuat gigi.
  7. Mengonsumsi susu dan produk-produk berbahan susu.
    Susu dan beberapa produk yang berbahan dasar susu seperti yoghurt dapat membantu memutihkan gigi. Karena terdapat kandungan kalsium yang sangat tinggi yang berguna untuk memutihkan gigi dan juga menguatkan gigi.

Itulah beberapa cara mengatasi gigi kuning dengan menggunakan bahan alami dan dapat membuat gigi putih bersinar kembali. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- cara menghilangkan kekuningan pada gigi akibat keturunan dari nenek, - cara mengobati maag ala yusuf akar pinang, - cara nengatasi gigi kuning karena gen, - gigi kuning jarang gosok gigi, - gimana memutihkan gigi yang kuning karena gen, - memutihkan gigi alami karena gen, - memutihkan gigi dengan pinang, - penyebab biji pinang berubah warna, - yotube jemur pinang

data-ad-format="link">
7 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Post in | Last updated: January 11th, 2017 | 6,532 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *