penyebab karang gigi
penyebab karang gigi (Ilustrasi/pixabay)

3 Kebiasaan Buruk Ini Akibatkan Menumpuknya Karang Gigi

Gigi merupakan organ tubuh yang tampak  apabila tersenyum atau pun tertawa, dan keindahannya dapat semakin membuat anda terlihat mempesona. Selain fungsinya untuk mengunyah makanan, merawat gigi juga dibutuhkan untuk menunjang penampilan. Namun, apalah jadinya jika gigi dipenuhi dengan karang gigi? Lebih buruk lagi, masalah karang gigi ini akan bertambah parah jika sudah lama dibiarkan begitu saja.

Tapi sebenarnya apa sih yang menyebabkan menumpuknya karang gigi ini? Inilah bermacam kebiasaan buruk yang tanpa sadar dapat mengakibatkan menumpuknya karang gigi:

  1. Tidak menggosok gigi secara teratur

Menggosok gigi tidak teratur bukan hanya akan menyebabkan sakit gigi, tapi juga berpotensi mengakibatkan menumpuknya karang gigi. Tidak disiplin menggosok gigi juga akan memberikan masalah lain pada gigi, seperti: gigi berlubang dan bau mulut tak sedap.

  1. Malas berkunjung ke dokter gigi
penyebab karang gigi
penyebab karang gigi (Ilustrasi/pixabay)

Malas datang ke doter gigi juga dapat mengakibatkan menumpuknya karang gigi. Karang gigi khususnya yang telah membandel harus dibersihkan dengan mengunjungi dokter gigi setidaknya 6 – 12 bulan sekali. Berkunjung ke dokter gigi secara berkala juga bukan hanya untuk membersihkan karang gigi, tapi juga untuk mengetahui kesehatan gigi anda.

  1. Suka mengonsumsi cokelat dan permen

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat mengakibatkan menumpuknya karang gigi ialah sering mengonsumsi cokelat dan permen. Kedua makanan tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Apabila ada bekas cokelat dan permen yang masih menempel pada gigi, hal tersebut dapat menjadi masalah gigi nantinya. Yang perlu anda lakukan ialah segera menggosok gigi ketika telah selesai memakan permen atau pun cokelat.

Nah, itulah 3 kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan menumpuknya karang gigi. Kebiasaan tersebut perlu diubah agar tak menyebabkan masalah pada gigi. Selain ketiga hal tersebut, anda juga perlu ingat untuk tidak  mengonsumsi makanan dingin dan panas dalam waktu yang bersamaan karena dapat merusak gigi. Apabila gigi  sudah terlanjur tertumpuk oleh karang gigi, sebaiknya segera ke dokter gigi untuk dibersihkan. Semoga gigi kita selalu sehat ya.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- contoh minuman untuk untuk menurunkan panas dan batuk

data-ad-format="link">
3 Kebiasaan Buruk Ini Akibatkan Menumpuknya Karang Gigi Post in | Last updated: January 19th, 2017 | 177 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *