3 Tips Mengatasi Masalah Gigi Sensitif dengan Bahan Alami

Memiliki gigi yang sensitif memang perlu perlakuan khusus. Anda akan kesulitan bila ingin memakan makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Penyebab gigi sensitif ini beragam, bisa saja karena adanya tambalan pada gigi, gigi berlubang, gigi retak, atau pun terjadinya penipisan pada email gigi. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah gigi sensitif? Adakah bahan dari alam yang dapat diandalkan? Nah, kalau begitu, yuk lebih jauh membahas tentang bahan alami untuk mengatasi masalah gigi sensitif berikut ini:

  1. Air garam

Air garam dapat anda coba untuk mengatasi masalah gigi sensitif. Hal ini karena air garam mampu menjaga keseimbangan pH di mulut. Air garam akan menciptakan keadaan basa, sehingga membuat bakteri berbahaya tak dapat bertahan hidup. Cara membuatnya yaitu, campurkan setengah sendok garam dengan segelas air hangat. Kemudian, gunakan ramuan tersebut untuk berkumur 2 kali dalam sehari.

  1. Cengkeh

Cengkeh juga dapat anda gunakan untuk membantu mengatasi masalah gigi sensitif. Cengkeh memiliki zat anti bakteri, anti inflamasi, dan sebagainya yang membantu meredakan rasa sakit akibat adanya masalah pada gigi. Tak hanya itu, cengkeh yang bersifat analgesik juga akan mencegah terjadinya infeksi pada gigi. Jika ingin menggunakan cengkeh untuk melawan rasa nyeri akibat gigi sensitif, caranya ialah oleskan cengkeh yang telah ditumbuk pada gigi sensitif, diamkan selama 20 menit.

gigi sensitif permasalahan dan solusi

Gigi sensitif permasalahan dan solusi (Ilustrasi/pixabay)

  1. Bawang putih

Mengatasi masalah gigi sensitif juga dapat dilakukan dengan menggunakan bumbu dapur. Perpaduan antara bawang putih dan garam bisa anda coba lakukan, agar nyeri akibat gigi sensitif berkurang. Caranya, ambil 1 siung bawang putih, kemudian haluskan dan campur dengan 2 tetes air garam. Oleskan pada gigi sensitif 2 kali dalam sehari.

Nah, itulah 3 tips yang dapat anda coba untuk mengatasi masalah gigi sensitif secara alami. Bahan dari alam ternyata kaya manfaat dan dapat digunakan untuk membatu menyelesaikan masalah pada gigi. Tapi, jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi secara berkala ke dokter gigi ya.

Leave a Reply

*