Penyebab dan Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Gusi bengkak mungkin cukup sering dialami oleh kebanyakan orang. Walau tidak terlalu berbahaya, namun gusi bengkak pasti membuat kondisi menjadi tidak nyaman, misalnya jika akan mengunyah atau menelan makanan. Bahkan kadang, gusi bengkak ini merupakan salah satu penyebab munculnya sakit gigi. Untuk itu, gusi bengkak perlu untuk segera ditangani. Berikut beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bisa dilakukan.

Penyebab Gusi Bengkak

Sebelum mengetahui cara mengobati gusi bengkak, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya gusi bengkak. Pada umumnya, gusi bengkak ini disebabkan oleh adanya plak atau karang gigi yang menumpuk. Menumpuknya karang gigi merupakan rumah bagi bakteri yang mengganggu kesehatan gigi dan gusi.

Selain plak atau karang gigi, gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit dan faktor tertentu, di antaranya:

  • Efek obat-obatan yang dikonsumsi
  • Faktor kehamilan
  • Faktor pemasangan gigi palsu atau behel yang kurang tepat atau tidak pas
  • Kekurangan vitamin C
  • Kurangnya asupan nutrisi yang seimbang
  • Sensitif terhadap pasta gigi atau obat kumur tertentu
  • Seseorang yang menderita gingivitis
  • Terkena infeksi jamur atau virus

Cara Mengobati Gusi Bengkak

cara mengobati gusi bengkak
cara mengobati gusi bengkak

Jika gusi bengkak sudah menyerang, maka lakukan beberapa cara berikut untuk meredakan gejalanya.

  1. Mengetahui penyebab gusi bengkak

Tentu saja sebelum benar-benar mengetahui cara pengobatan yang tepat, seseorang harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab rasa sakit tersebut. Demikian pula dengan gusi bengkak. Sebelum melakukan penanganan, ada baiknya jika seseorang mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan demikian, barulah bisa diketahui cara pengobatan yang tepat.

Misalnya jika penyebab gusi bengkak ialah karena kurangnya asupan vitamin C, maka cara penanganan yang tepat ialah dengan mengonsumsi vitamin C. Lain halnya jika penyebab gusi bengkakĀ ialah karena sensitivitas terhadap pasta gigi atau obat kumur, maka cara penanganan yang tepatĀ ialah dengan menghentikan pemakaian pasta gigi atau obat kumur tersebut.

  1. Menjaga kebersihan gigi dan gusi
BACA JUGA  4 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut di Bulan Puasa

Percaya atau tidak, gigi dan gusi pasti menyimpan bakteri yang banyak. Dan bakteri tersebut yang sering menyebabkan gusi bengkak atau sariawan. Maka dari itu, kebersihan gigi dan gusi perlu untuk diperhatikan. Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi?

  • Menggosok gigi secara teratur minimal saat pagi (setelah sarapan) dan malam hari (sebelum tidur). Cara ini wajib dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi. Selain itu, gosoklah gigi dengan cara yang benar.
  • Jika gusi bengkak sedang menyerang, usahakan untuk menggunakan sikat gigi yang tidak kasar agar tidak melukai gusi yang sedang terinfeksi.
  • Jika perlu, bersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus gigi karena cara ini lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan tusuk gigi.
  • Berkumur-kumur setelah mengonsumsi sesuatu dengan tujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan.
  • Gunakan obat kumur yang tidak menyebabkan gusi menjadi sensitif. Sebaiknya hindari obat kumur yang mengandung alko**hol.
  1. Menggunakan air garam untuk berkumur

Cara alami berikutnya ialah dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam memang merupakan salah satu larutan yang ampuh dan sudah cukup lama digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati gusi bengkak dan juga sakit gigi. Hal ini dikarenakan air garam memiliki sifat anti bakteri, sehingga garam bisa membantu mengusir bakteri penyebab gusi bengkak. Selain itu, air garam juga memiliki sifat anti inflamasi, yang bisa meredakan peradangan pada gusi yang bengkak.

Caranya:

  • Buat larutan garam dengan 1 sendok teh garam dan 1 gelas air hangat
  • Aduk hingga tercampur rata
  • Gunakan larutan garam untuk berkumur selama 1 menit lamanya. Sebaiknya fokuskan arah kumur pada bagian gusi yang bengkak.
  • Ulangi berkumur dengan metode yang sama hingga lima kali dalam satu hari
  1. Mengonsumsi banyak air putih


BACA JUGA  10 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut

Selama gusi membengkak, sebaiknya minumlah banyak air putih dan hindari minuman lain yang memiliki rasa, seperti kopi, teh, minuman bersoda, sirup, dan sebagainya. Minuman yang memiliki rasa dan warna bisa menyumbang beberapa bakteri dan pada akhirnya memperlambat proses penyembuhan gusi bengkak. Sedangkan air putih sifatnya lebih netral dan lebih aman untuk gusi bengkak.

Air putih juga dinilai mampu meminimalisir pembentukan plak atau karang, terutama setelah makan. Setidaknya minumlah 8 gelas air putih dalam satu hari untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

  1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan vitamin D

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan jaringan dan regenerasi pada tulang. Vitamin C berisi antioksidan yang akan mampu melindungi gusi dan gigi. Sementara vitamin D merupakan salah satu vitamin yang bersifat anti inflamasi. Vitamin D juga membantu menyehatkan tulang dan gigi. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin C dan berjemurlah di bawah sinar matahari pagi untuk bisa mendapatkan vitamin D.

  1. Mengobati dengan bahan-bahan alami

Cara berikutnya ialah mengobati gusi bengkak dengan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang direkomendasikan antara lain sebagai berikut.

  • Kantung teh

Gunakan kantung teh yang sudah direndam dalam air hangat untuk ditempelkan pada bagian gusi yang bengkak selama kurang lebih 5 menit dan lakukan secara berulang.

  • Madu asli

Oleskan madu asli pada bagian gusi yang bengkak secukupnya setelah menggosok gigi.

  • Baking soda

Larutkan baking soda dengan air hangat, lalu oleskan krim yang terbentuk pada gusi yang bengkak.

  • Bawang merah

Campurkan bawang merah yang sudah dihaluskan dengan garam, lalu oleskan ramuan pada gusi yang bengkak. diamkan beberapa menit lalu kumur dengan air hangat.

BACA JUGA  Tips Mengatasi Dan Mencegah Bau Mulut dan Napas Tidak Sedap Saat Puasa

Itulah beberapa penyebab dan cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bisa dilakukan. Segera lakukan penanganan untuk permasalahan gusi bengkak ini agar aktivitas bisa kembali berjalan dengan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat.



Gravatar Image

Elsa F. Bena

Blogger dan content writer yang ingin berbagi informasi serta wawasan pada banyak orang melalui tulisan.
Gravatar Image

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Penyebab dan Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Post in | Last updated: September 29th, 2017 | 80 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tes berhitung dulu *