Cara mencegah jerawat
Cara mencegah jerawat (Ilustrasi/pixabay)

9 Tips Mencegah Jerawat

Jerawat terbagi atas tiga tipe, yaitu jerawat komedo, jerawat radang, dan jerawat batu. Jerawat komedo terbagi atas komedo putih dan komedo hitam. Komedo hitam seringkali tumbuh membesar sehingga dapat terlihat dengan jelas. Jerawat ini tumbuh karena tersumbatnya pori-pori kulit wajah. Untuk menghilangkan komedo hitam, kita bisa menggunakan plester pore strips. Sedangkan untuk mengatasi komedo putih, kita bisa menggunakan obat jerawat yang mengandung salicylic-acid gunakan pada pagi dan malam hari. Untuk mencegah timbulnya komedo, gunakan kertas penyerap minyak dan masker untuk kulit berminyak.

Jerawat radang merupakan jerawat yang paling mudah dikenali. Jerawat ini memiliki bentuk tonjolan kecil berwarna pink kemerahan. Munculnya jerawat radang dikarenakan tersumbatnya pori-pori kulit ditambah dengan infeksi bakteri. Untuk mengurangi peradangan dan membasmi bakteri-bakterinya, gunakan sabun pembersih yang mengandung benzoyl-peroksida. Selain itu, kita juga bisa menggunakan salep antibiotik seperti Garamicyn.

Cara mencegah jerawat
Cara mencegah jerawat (Ilustrasi/pixabay)

Jerawat batu merupakan jerawat yang paling menyebalkan dari semua jenis jerawat karena jerawat ini seringkali tumbuh memenuhi muka penderita. Jerawat ini menonjol sangat besar dan meradang. Jalan teraman dan terefektif untuk mengobati jerawat konglobata ialah dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Sebelum jerawat muncul dan menghancurkan ke-PD an kita, kita dapat mencegah dengan cara berikut:

  1. Jagalah kebersihan kulit wajah.
  2. Jangan lupa bersihkan kosmetik yang melekat pada muka sebelum tidur.
  3. Setelah keluar rumah, lakukan pembersihan pada muka. Bersihkan wajah menggunakan cleansing milk ketika sore hari. Kemudian, sterilkan wajah menggunakan face tonik atau lotion dengan kapas.
  4. Pilih pembersih kulit yang cocok untuk kulit anda. Misalnya, tipe kering, tipe berminyak, tipe campuran, atau tipe normal.
  5. Sebelum keluar rumah, pakailah bedak atau tabir surya (sun block) untuk melindungi kulit dari paparan langsung debu, kotoran, serta panas matahari. Kita boleh membersihkan riasan tadi ketika sudah sampai di rumah. Riasan tadi akan hilang bersama dengan debu dan kotoran yang bercampur.
  6. Pilih sabun pembersih dengan pH 4,5-5,5
  7. Gunakan face tonik atau lotion dengan kapas pada pagi hari.
  8. Gunakan bedak tabur menggunakan puff atau bantalan bedak yang terjamin kebersihannya pada pagi hari.
  9. Basuh muka pada malam hari dan jangan lupa gunakan krim malam ketika malam hari.

data-ad-format="link">
9 Tips Mencegah Jerawat Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 39 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *