Tips sehat di musim hujan
Tips sehat di musim hujan (Ilustrasi/pixabay)

9 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Kalau kita pernah membahas tentang 3 Tips Supaya Tetap Sehat di musim hujan untuk mengatasi gejala flu, radang tenggorokan, dan masuk angin, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips tetap sehat di musim hujan secara umum.

Memasuki akhir tahun, musim hujan bukanlah sesuatu yang baru lagi. Hampir setiap tahun kita melewati akhir tahun dengan hujan yang tiba-tiba turun, langit yang mendung, menyembunyikan mentari sehingga jemuran tidak kunjung kering, guyuran air dari langit yang membuat kita kedinginan, dan suhu udara yang lembab. Jangan biarkan musim hujan membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi lemah atau bahkan hingga jatuh sakit, maka dari itu simak tips sehat di musim hujan ini :

9 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

  1. Tetap Jaga Pola Makan

Di musim hujan, banyak orang merasa kedinginan dan dari rasa kedinginan tersebut dapat menyebabkan perut yang baru makan merasa lapar kembali, atau bahkan seperti kosong di setiap saat. Untuk menghindari asupan yang berlebihan, hendaklah kita makan makanan yang sehat, 4 sehat 5 sempurna sehingga perut kita terisi dengan asupan yang baik. Jangan makan sembarangan, dan kurangi cemilan yang mengandung banyak MSG karena di musim hujan sangat rentan terkena radang tenggorokan akibat dari makan makanan yang sembarangan.

2. Pakai Pakaian yang Hangat

Pakaian merupakan pelindung tubuh yang harus kita pakai di musim hujan, di musim ini pakaian ibarat tameng yang melindungi kita dari dinginnya suhu. Jangan sekali-kali memakai pakaian tipis di musim hujan apabila ingin menjaga tubuh agar tetap sehat, karena angin rentan masuk ke tubuh ketika musim hujan ini. Jika keluar rumah pun, biasakan pakai sarung tangan dan kaus kaki agar suhu tubuh tetap hangat.

3. Sedia Payung Sebelum Hujan

Tips sehat di musim hujan
Tips sehat di musim hujan (Ilustrasi/pixabay)

Saran yang sering kita dengar ketika kecil sangatlah ampuh, karena di musim ini hujan dapat turun kapanpun di manapun anda berada. Ada baiknya untuk membawa payung dan jas hujan agar tidak kehujanan di luar rumah.

4. Guyur Kepala dengan Air Hangat

Jika sudah terlanjur kehujanan dan basah kuyup, hendaknya mandi dan guyur Kepala dengan air hangat. Kata orangtua, jika kepala telah diguyur air hangat maka badan pun akan kembali segar dan tidak kedinginan. Jika dipikir secara logika, diguyur dengan air hangat pun akan membuat badan tetap hangat bukan? Nasihat orang tua memang berguna…

5. Minum yang Hangat-Hangat

Setelah beraktivitas, pasti tubuh akan merasa lelah. Namun ada baiknya ketika di musim hujan, istirahatkan tubuh dengan ditemani Air Hangat untuk mengimbangi suhu udara di luar sehingga badan akan terasa hangat dan nyaman di musim hujan ini. Ada baiknya menyeduh madu dengan air hangat sehingga dapat membuat tubuh lebih enakan.

6. Tambah Asupan Vitamin

Jika pada musim panas kita jarang mengonsumsi vitamin, ada baiknya di musim hujan ini dibiasakan mengonsumsi vitamin agar tetap dapat menjaga kesehatan. Contohnya dapat berupa buah-buahan segar untuk dimakan langsung, berupa jus buah/sayur segar, ataupun dalam bentuk suplemen yang biasa dikonsumsi.

7. Menjadi Lebih Bersih

Pada musim hujan tentunya jika sehabis memakai pakaian atau barang dan terkena air hujan maka akan basah dan kotor, ada baiknya untuk segera langsung dibersihkan agar kotoran yang menempel tidak menjadi sarang penyakit bagi kita. Menjaga kebersihan juga merupakan sesuatu yang sangat vital untuk menjaga kesehatan di musim hujan ini.

8. Jangan Melupakan Olahraga

Musim hujan membuat kita malas bergerak dan lebih memilih untuk berbaring di tempat tidur dan tidak melakukan apapun. Ada baiknya untuk menjaga kesehatan kita, biasakan untuk berolahraga di musim hujan ini agar tubuh menjadi segar bugar. Tidak harus berolahraga di luar ruangan jika keadaan tidak memungkinkan, olahraga ringan di dalam rumah pun dapat mewakili kegiatan berolahraga sehari-hari.

9. Pakai Pakaian yang Kering

Jemuran yang tidak kunjung kering, pakaian yang gampang basah, pakaian lembab, itu semua merupakan permasalahan yang sering kita hadapi di musim hujan ini. Tetapi kita harus ingat, pakaian yang lembab dapat menjadi sarang bagi bakteri untuk bertempat. Jaga pakaian agar tetap kering dan jangan pakai pakaian yang lembab jika tidak ingin berisiko terkena bakteri yang berbahaya bagi tubuh kita.

Sekian Tips untuk Tetap Sehat di Musim Hujan, semoga kita semua selalu diberkahi kesehatan dan jangan sampai jatuh sakit. Yang menjaga tubuh kita adalah kita sendiri, tetaplah jaga kesehatan. Salam Sehat!!!

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- cara badan agar tetap segar di penghujan, - cara mengatasih lelah di musim hujan, - mengapa pada musim hujan ada orng yang kedinginan, - minuman yang membuat tubuh kembali segar saat musin hujan, - minuman yang sehat untuk menjaga tubuh agar tidak sakit di saat musim angin, - pertolongan pertama saat kehujanan dan badan basah kuyup, - supayatetapsehatwaktuhujan, - tetap sehat kehujanan, - tetap sehat walapun kenak hujan

data-ad-format="link">
9 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 118 views

2 thoughts on “9 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *