Anda Malas ke Gym? Bersihkan Rumah Saja!

Anda Malas ke Gym? Bersihkan Rumah Saja! – Kebanyakan ahli kesehatan menganjurkan kita untuk melakukan kegiatan fisik dengan intensitas menengah selama 150 menit atau kegiatan fisik berat 75 menit per minggu.

Hal tersebut perlu untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker atau obesitas.

Namun jika Anda tidak terlalu bersemangat untuk pergi ke pusat kebugaran atau olahraga lainnya, maka Anda boleh ‘curang’ untuk mencapai sasaran 150 menit kegiatan fisik lumayan berat itu.

Caranya dengan melakukan pekerjaan rumah tangga secara teratur tiap minggu.

Tim Trust Me I’m a Doctor (Percayalah, Saya Seorang Dokter) menguji hal ini dengan merekrut delapan orang relawan yang memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda-beda dan memberikan kepada para relawan itu alat pemonitor aktivitas.

Mereka kemudian diminta untuk melakukan berbagai pekerjaan di dalam dan di luar rumah.

Para relawan mulai dengan melakukan empat pekerjaan rumah yang biasa dilakukan: menyeterika, mengisap debu, mengelap (membersihkan debu) dan mengepel.

Anda Malas ke Gym? Bersihkan Rumah Saja! 1
Tidak semua orang suka ke gym.

Tugas Ekuivalen Metabolisme

Setelah para sukarelawan menyelesaikan setiap aktivitas, Dr Andy Blannin mengumpulkan data mereka dan menilai setiap kegiatan dengan skala dari satu sampai 10 berdasarkan yang disebut sebagai skor MET.

MET (Metabolic Equivalent of Task) atau Tugas Ekuivalen Metabolisme merupakan ukuran energi yang dipakai per jam.
Sebagai contoh, skor MET satu merupakan jumlah energi yang kita pakai saat menonton televisi.

Kegiatan apa pun yang mendapatkan skor di atas tiga merupakan kegiatan yang dianggap sebagai kegiatan menengah. Di atas enam berarti masuk ke kegiatan berat.

Menyeterika dan mengelap mendapat nilai MET alakadarnya yaitu masing-masing 1,3 dan 1,5.

Mengisap debu dan mengepel -walaupun tidak masuk dalam cabang olahraga Olimpiade- mencatat skor di atas tiga MET, sehingga menjadikannya sebagai kegiatan dengan intensitas menengah.

Ketika melakukan aktivitas ini para relawan membakar tiga kali lebih banyak energi daripada ketika mereka duduk-duduk saja.

Anda Malas ke Gym? Bersihkan Rumah Saja! 2
Membersihkan dengan menggunakan pengisap debu membakar energi 3 MET.

Hampir mencapai target

Para relawan menghabiskan rata-rata 37 menit per minggu untuk melakukan pekerjaan dalam ruang, yang artinya mereka hampir mencapai seperempat dari target mereka dalam melakukan kegiatan fisik 150 menit.

Trust Me I’m a Doctor kemudian pindah ke luar ruang untuk melihat seberapa banyak kalori yang dipakai saat melakukan pekerjaan di luar ruang seperti mencuci mobil, membersihkan kaca jendela, memotong rumput, atau mengurus tanaman.

Yang mengejutkan, semua aktivitas ini melampaui skor tiga MET. Membersihkan jendela mencatat nilai 3,1, menanam bunga 3,4, mencuci mobil 3,6 dan memotong rumput melambung sampai ke skor 4,4.

Para relawan mengatakan menghabiskan waktu rata-rata 72 menit per minggu melakukan kegiatan luar ruang. Jadi ketika dikombinasikan antara pekerjaan dalam dan luar ruang, mereka menghabiskan waktu mengagumkan: 109 menit!

Jika ditambah dengan enam menit jalan cepat per hari (skor MET 3-4, tergantung seberapa cepat Anda berjalan), maka Anda dapat mencapai 150 menit per minggu tanpa harus pergi ke pusat kebugaran. (BBC Indonesia)

Nah, bagaimana? Anda malas ke gym, sementara Anda ingin melakukan aktivitas fisik? Ya, bersihkan rumah saja.

Demikianlah artikel mengenai Anda Malas ke Gym? Bersihkan Rumah Saja!, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- nilai met setiap aktivitas, - nolai met setiap aktivitas

data-ad-format="link">
Anda Malas ke Gym? Bersihkan Rumah Saja! Post in | Last updated: October 30th, 2014 | 11 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *