jenis olahraga yang dapat meninggikan badan
jenis olahraga yang dapat meninggikan badan

4 Jenis Olahraga Yang Dapat Menambah Tinggi Badan

5/5 (1)

4 Jenis Olahraga Yang Dapat Menambah Tinggi Badan – Remaja adalah masa pubertas manusia yang diawali oleh beberapa perubahan dan perkembangan fisik. Remaja pada laki-laki biasanya dimulai pada usia 12 tahun, sedangkan perempuan biasanya di awali pada pusia 11 tahun. Namun, pertumbuhan laki-laki begitu lebih pesat ketimbang perempuan. Maka dari itu laki-laki mayoritas memiliki tinggi yang lebih dari tinggi perempuan. Tetapi ada saja laki-laki yang tidak percaya diri dengan tinggi badannya karena mungkin tinggi badannya yang lebih rendah dari tinggi badan perempuan, ataupun perempuan yang tidak percaya diri dengan tinggi badan yang terlalu rendah.

Pertumbuhan tinggi laki-laki akan begitu pesat bertambah pada usia 12-16 tahun, sedangkan pada perempuan pada usia 11-15 tahun, setelah itu pertumbuhan masih bisa bahkan terus bertambah namun tidak terlalu pesat, pertumbuhannya begitu lambat bahkan kita tidak merasa bertambah tinggi. Pertumbuhan pada masa setelah 16 tahun biasa disebut pertumbuhan kritis, karena masa-masa ini terjadi pertumbuhan yang mencapai batasnya. Pertumbuhan kritis pada laki-laki akan terjadi sampai usia 21 tahun, sedangkan pada perempuan sampai usia 17 tahun. Untuk kalian para remaja, khususnya laki-laki dan perempuan yang tidak percaya diri tinggi badan. Tidak ada salahnya mencoba beberapa olahraga yang bisa menambah tinggi badan kalian apalagi pada masa pertumbuhan, olahraga adalah hal wajib untuk menambah tinggi badan.

4 Jenis Olahraga Yang Dapat Menambah Tinggi Badan

1. Lari

Olahraga yang satu ini sudah biasa kita lakukan, apalagi setiap minggu pagi kita biasanya pergi ke gelanggang olahraga berlari bersama teman atau pun keluarga, tapi tahukah? Lari memiliki efek untuk menambah tinggi badan, lompatan-lompatan kecil saat berlari akan menstimulasi tulang untuk memanjang. Maka dari itu, bila ingin menambah tinggi, bisa dilakukan dengan lari 3 kali dalam seminggu setiap sore hari.

Baca juga: 6 Waktu Yang Tepat berolahraga untuk membakar lemak

2. Sepakbola

Ini dia olahraga yang sangat digandrungi oleh berbagai kalangan, bahkan wanita pun ada yang menyukai olahraga ini. Ternyata olahraga ini juga dapat membantu untuk menambah tinggi badan. Karena ketika bermain sepakbola kita pasti melakukan lari seperti yang disebutkan tadi akan memiliki efek pada pertumbuhan. Selain itu, gerakan menendang juga memiliki efek yang sama. Ketika menendang kita pasti memindahkan berat pada ujung kaki sehingga ketika menendang, tulang paha dan kering kita akan terbawa mengikuti berat pada ujung kaki kita sehingga tulang akan terstimulasi untuk memanjang.

3. Basket

Olahraga ini juga sangat digemari oleh para remaja, pasti banyak yang sudah tahu bahwa basket ini bisa menstimulasi pertumbuhan tulang. Seperti yang kita lihat para pemain basket selalu memiliki tinggi badan di atas rata-rata.

4. Renang

Renang memiliki gerakan yang bermacam, namun intinya gerakan renang selalu berulang berkesinambungan. Karena banyak gerakan, terutama gerakan pada kaki. Maka, tulang paha dan kering akan terstimulasi untuk memanjang. Maka dari itu renang juga memiliki efek untuk menambah tinggi badan.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga untuk menurunkan berat badan

Selain olahraga di atas masih banyak lagi olahraga yang dapat menambah tinggi badan, namun pada intinya lompatan dan banyak gerak akan memicu pertumbuhan. Selain itu, masih banyak faktor pemicu pertumbuhan diantaranya, hormon, makanan, gen dan lainnya.

Demikianlah 4 Jenis Olahraga Yang Dapat Menambah Tinggi Badan, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- manfaat lari sore untuk tinggi badan, - manfaat lari pagi untuk tinggi badan, - manfaat berenang di siang hari dan di pagi hari apa kah menanbah tinggi badan, - olahraga yang baik dilakukan pada masa pubertas, - apakah lari bisa menambah tinggi badan, - Manfaat lari pagi untuk anak 2 tahun, - efek olahraga lari kecil bagi wanita, - jogging pagi menambah tinggi badan, - olahraga untuk remaja wanita, - baju jogging buat anak usia 11 yang cewek

data-ad-format="link">
4 Jenis Olahraga Yang Dapat Menambah Tinggi Badan Post in | Last updated: August 10th, 2018 | 2,292 views
Kontributor www.Infosehatkeluarga.com