Batuk yang tak kunjung sembuh
Batuk yang tak kunjung sembuh (Ilustrasi/By Unknown / CDC [Public domain], via Wikimedia Commons)

Berbahayakah Batuk yang Tak Kunjung Sembuh?

Batuk sering kali dianggap sebagai penyakit ringan. Ada banyak obat batuk yang dijual bebas di pasaran yang membuat anda merasa tidak perlu berobat ke dokter jika sedang mengalami penyakit tersebut. Sebagian orang bahkan menganggap bahwa batuk dapat sembuh sendiri tanpa perlu diobati. Lalu bagaimana jika batuk tak juga sembuh selama berminggu-minggu? Akankah berbahaya jika tidak dikonsulitasikan ke dokter? Nah, berikut inilah penyebab batuk yang tak kunjung sembuh yang perlu anda waspadai:

  1. Batuk tidak kunjung sembuh karena riwayat asma dan alergi

Asma merupakan kondisi dimana saluran pernapasan mudah mengalami peradangan. Hal tersebut dipicu pula dengan alergi yang dimiliki penderita. Salah satu gejala dari asma ini ialah batuk. Jika anda mengalami batuk yang tak sembuh juga, asma bisa jadi salah satu penyebabnya.

Batuk yang tak kunjung sembuh
Batuk yang tak kunjung sembuh (Ilustrasi/By Unknown / CDC [Public domain], via Wikimedia Commons)
  1. Infeksi pada pernapasan sebabkan batuk yang tak berkesudahan

Batuk biasanya dialami seseorang setelah sebelumnya mengalami flu atau demam terlebih dulu. Namun, apabila batuk tak juga hilang dalam kurun waktu lama, kemungkinan adanya infeksi pada saluran pernapasan juga patut diperhatikan. Menyepelekan batuk yang terus-menerus dapat berbahaya karena dapat mengarah pada penyakit yang lebih serius seperti pneumonia.

  1. Gejala bronchitis ditandai dengan batuk yang tak juga reda

Setelah seorang mengalami demam kemudian disertai batuk berdahak yang tak kunjung sembuh, hati-hati karena bisa saja itu merupakan gejala dari penyakit bronchitis. Terlebih lagi jika penderita mengalami sesak di dada, kedinginan, serta perih di tenggorokan. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis supaya masalah tersebut dapat segera diatasi.

Nah, meskipun banyak orang beranggapan batuk merupakan penyakit ringan. Faktanya hal tersebut juga patut diwaspadai karena batuk yang tak kunjung sembuh ternyata menjadi  tanda adanya penyakit lain yang tak dapat disepelekan begitu saja. Karena itulah, jangan pernah sepelekan batuk lagi ya. Segera obati jika anda terserang batuk dan jika memang tak juga reda, sebaiknya anda perlu berkonsultasi dengan dokter supaya dapat dijelaskan penyebab serta mendapatkan perawatan yang tepat untuk kesembuhan anda.

data-ad-format="link">
Berbahayakah Batuk yang Tak Kunjung Sembuh? Post in | Last updated: September 7th, 2016 | 302 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *