Bahan alami untuk mengatasi sariawan
Bahan alami untuk mengatasi sariawan (Ilustrasi/wikimedia)

Bibir sakit karena sariawan? Obati dengan 5 bahan alami ini

Mengalami sariawan di bibir atau pun lidah dapat sangat mengganggu keseharian kita. Beberapa orang bahkan menjadi tidak nafsu makan saat sedang mengalami sariawan karena akan sangat sakit jika tersentuh makanan. Bagi anda yang memiliki segudang kegiatan yang menutut berbicara di depan umum pastinya harus merasakan perih akibat sariawan. Nah, untuk mengatasi hal itu, telah tersedia bahan dari alam yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan:

1. Air kelapa

Anda dapat mengobati sariawan yang merupakan tanda dari panas dalam dengan mengonsumsi air kelapa. Selain menyegarkan dan ampuh mengatasi dehidrasi, air kelapa juga dapat digunakan ketika anda mengalami sariawan agar bisa sembuh lebih cepat.

Bahan alami untuk mengatasi sariawan
Bahan alami untuk mengatasi sariawan (Ilustrasi/wikimedia)

2. Pisang dan madu

Tentunya anda sering mendengar bahwa madu memiliki banyak sekali khasiat. Begitu pula dengan pisang yang telah dikenal sebagai buah kaya manfaat. Jadi, jangan ragu untuk menggabungkan kedua bahan tersebut sebagai obat untuk mengatasi sariawan. Caranya ialah dengan menghancurkan buah pisang hingga halus, lalu campurkan beberapa tetes madu. Kemudian tempelkan pasta pisang madu itu ke ulkus atau luka sariawan.

3. Daun jambu biji

Banyak yang tidak tahu kalau daun jambu biji memiliki berbagai manfaat. Selain menyembuhkan sakit perut, anda juga dapat menggunakan daun jambu biji sebagai obat untuk sariawan. Caranya cukup mudah, kunyah saja beberapa lembar daun jambu biji, setelah itu berkumurlah.

4. Pasta kunyit

Kunyit termasuk jenis rempah-rempah yang pastinya tak asing lagi bagi kita. Selain telah dikenal sebagai obat alami penyakit lambung, rupanya kunyit juga dapat dijadikan untuk mengobati sariawan. Caranya, bersihkan kunyit terlebih dulu, setelah itu haluskan. Anda juga dapat mencampurnya dengan satu sendok teh gliserin, lalu blender sampai menjadi pasta. Kemudian tempelkan pasta kunyit tersebut pada daerah sariawan.

5. Minyak kelapa dan madu

Minyak kelapa memiliki kandungan anti bakteri. Menggabungkan minyak kelapa dan madu akan menjadi bahan yang cocok untuk mengobati sariawan sehingga dapat sembuh lebih cepat.

Nah, itulah beberapa bahan dari alam untuk menyembuhkan sariawan. Dari ke-5 bahan tersebut yang mana nih yang akan anda gunakan?

data-ad-format="link">
Bibir sakit karena sariawan? Obati dengan 5 bahan alami ini Post in | Last updated: August 12th, 2016 | 36 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *