Cara Mengecilkan Pori–Pori di Kulit Muka
Cara Mengecilkan Pori–Pori di Kulit Muka

6 Cara Mengecilkan Pori–Pori di Kulit Muka

Bagi pecinta drama Korea, pastinya Anda sering sekali melihat wajah para artis tersebut sangatlah mulus bak manekin yang tidak memiliki pori–pori di muka. Kulit yang mereka miliki seperti kulit bayi yang belum merasakan bagaimana menyebalkannya jerawat. Pori–pori yang ada di muka tersebut merupakan jalur untuk keluarnya minyak yang diproduksi oleh wajah kita. Pori–pori tempat keluarnya minyak memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan pori–pori kulit di seluruh tubuh kita yang berguna untuk mengeluarkan keringat. Sebenarnya kulit wajah seindah itu dengan pori–pori yang kecil dapat kita peroleh jika kita rutin melakukan perawatan muka. Perawatan itu tidak harus selalu dengan membeli produk–produk kecantikan yang mahal. Kita bisa memulai dengan menggunakan bahan makanan yang ada di rumah. Ada beberapa cara mengecilkan pori-pori di kulit muka.

6 Cara Mengecilkan Pori–Pori di Kulit Muka

  1. Jaga agar kulit selalu bersih

Langkah pertama yang harus selalu dilakukan ialah menjaga agar kulit muka selalu bersih. Hal ini untuk mencegah tumbuhnya jerawat yang dapat merusak struktur kulit dan untuk menghapus make up yang digunakan sehari–hari. Pada kenyataannya ialah setiap make up yang digunakan dapat membuat pori–pori di muka menjadi lebih lebar. Tidak terkecuali make up, pelembab, dan juga kotoran yang menempel di muka. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk tidak menggunakan make up sepanjang waktu. Jika Anda sedang berada di rumah, ada baiknya kita mencoba untuk membuat kulit muka bebas bernapas tanpa adanya riasan make up sama sekali. Sebelum tidur, usahakan juga untuk mencuci muka. Karena saat malam hari merupakan saat tercepat kulit melakukan regenerasi sel–sel yang telah mengalami kerusakan.

  1. Eksfoliasi

Jika Anda sudah menggunakan pembersih muka dan pelembab kulit itu sudah sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut akan menjadi lebih sempurna saat kita berusaha untuk melakukan proses eksfoliasi kulit secara rutin, karena proses eksfoliasi dapat mengecilkan pori–pori di muka. Dengan melakukan proses eksfoliasi, maka langkah ini akan menghilangkan lapisan kulit terluar yang sudah mati yang mana dapat menghalangi pori–pori dari kulit yang masih hidup. Ingat bahwa setiap kotoran yang menempel pada kulit dapat menyebabkan pori–pori terbuka lebar. Pertanyaan selanjutnya ialah apakah ada bahan alami yang dapat digunakan untuk melakukan proses eksfoliasi. Tentu saja jawabannya ialah ya ada. Kita dapat memanfaatkan kacang almond, air, dan bahan–bahan makanan lainnya yang cocok dibuat untuk menjadi masker. Jika tidak ada kacang almond, Anda bisa menggantikan dengan menggunakan gula coklat dan olive oil. Jangan pernah gunakan gula putih sebagai bahan untuk masker untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam mengecilkan pori–pori di kulit muka. Kemudian bahan–bahan tersebut diblender, sehingga menjadi seperti pasta. Selanjutnya pasta tersebut diaplikasikan ke wajah sambil melakukan gerakan seperti memijat pada wajah selama 5 menit. Setelah itu, basuh muka dengan air hangat hingga benar–benar bersih. Ulangi proses eksfoliasi ini paling tidak sekali dalam dua minggu.

  1.  Menguapi muka dengan uap air
Cara Mengecilkan Pori–Pori di Kulit Muka
Cara Mengecilkan Pori–Pori di Kulit Muka

Sebenarnya cara ini biasa digunakan untuk mengobati hidung yang tersumbat karena flu. Namun, ternyata cara ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel pada bagian pori. Panas dari uap air dapat membuka pori–pori, kemudian tetesan air yang terbentuk setelah uap menjadi dingin akan menghapus seluruh kotoran yang ada di muka. Jadi caranya ialah menuangkan air panas ke dalam mangkuk. Anda juga dapat menambahkan dengan beberapa tetes dari minyak, seperti eucalyptus sebagai antibakteri. Posisikan wajah Anda di atas mangkuk dan tutup dengan menggunakan handuk. Lakukan hal ini selama 10–15 menit dan basuh muka dengan air hangat.

  1. Gunakan tabir surya

Jika kita sering melakukan kegiatan yang menyebabkan kulit terpapar matahari, maka kita diharuskan untuk menggunakan tabir surya. Jika kita jarang menggunakan tabir surya, maka kulit muka akan lebih mudah untuk menjadi tua, karena sinar matahari dapat merusak gen yang memproduksi elastisitas pori–pori untuk mengecil. Hasilnya pori–pori akan lebih mudah membesar dan susah untuk kembali mengecil saat seseorang jarang menggunakan tabir surya. Biasakan menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi, terutama untuk negara yang berada di garis khatulistiwa seperti Indonesia. Ketahui 4 Fakta Penting Tentang Tabir Surya.

  1. Aplikasikan yogurt pada muka

Ada banyak sekali produk yogurt yang dijual di pasaran. Bukan berarti semua cocok digunakan sebagai bahan untuk masker. Sebisa mungkin yogurt tersebut tidak memiliki tambahan seperti pewarna dan pemanis untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda ingin melakukan kombinasi, Anda bisa saja mencoba melihat apa yang ada di dalam kulkas Anda seperti buah–buahan. Dengan menggunakan masker yogurt secara rutin, akan dapat melarutkan kotoran yang ada di pori–pori. Apalagi, jika kita dapat membeli yogurt dengan tipe probiotik, yang mana dapat turut serta menstabilkan  kadar bakteri baik yang ada di kulit. Aplikasikan selama sepuluh menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Gunakan bagian putih telur untuk masker (Baca juga: Putih Telur Ayam Jawa Menjadi Pemutih Alami)

Saat bagian telur putih mengering, maka akan lapisan tipis akan terbentuk yang juga akan dapat mengencangkan kulit muka dan mengecilkan pori–pori. Keunggulan lain dari menggunakan putih telur sebagai masker ialah dapat mengangkat kotoran yang menempel menutupi pori–pori kulit. Langkah pertama, yaitu mencampur antara putih telur dengan juice lemon guna menghilangkan bau amis telur. Kemudian aplikasikan di wajah dengan gerakan memijat. Diamkan selama 15 – 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Baca juga: Rahasia Cantik Alami Dalam Mengecilkan Pori – Pori Wajah.

Demikianlah 6 Cara Mengecilkan Pori–Pori di Kulit Muka, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
6 Cara Mengecilkan Pori–Pori di Kulit Muka Post in | Last updated: April 16th, 2018 | 404 views
Novia Nur Fitriana S - JV
Tim Blogger Info Sehat Keluarga from Yogyakarta. I am International master student at National Taiwan University of Science and Technology.