8 Hal Yang Wajib Diketahui Pemilik Golongan Darah O

Darah manusia dapat diklasifikasi atau digolongkan ke dalam 4 jenis golongan yaitu A, B, AB, dan O. Tiap golongan darah memiliki perbedaan dalam tipe sel darah merah, antibody plasma, dan antigens yang berbeda–beda. Golongan darah O, merupakan salah satu tipe golongan darah yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat seluruh dunia.

Berbeda dengan zodiak, shio, atau hal–hal penanda astrologi lainnya yang ditentukan oleh waktu, golongan darah manusia ditentukan oleh faktor biologis. Tak heran, golongan darah dapat mengidentifikasi sifat, kepribadian, dan juga kesehatan pemiliknya dengan lebih akurat.

8 Hal Tentang Golongan Darah O Yang Harus Kalian Ketahui

Meskipun O merupakan golongan darah yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat dunia, namun tidak semua pemiliknya tahu hal apa saja yang akan berpengaruh dari golongan darah yang ia miliki. Oleh karena itu, berikut ini ada 8 hal penting yang wajib kalian ketahui sebagai pemilik golongan darah O.

Memiliki Resiko Terserang Penyakit Jantung Yang Lebih Rendah

Salah satu keuntungan memiliki golongan darah O ialah kalian lebih terhindar dari penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung. Memilik golongan darah ini, memiliki resiko terserang penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan golongan darah A, B, ataupun AB.

Namun, hal ini tidak menjadi alasan bahwa kalian akan terhindar sepenuhnya dari penyakit jantung. Menjaga kesehatan dengan melakukan gaya hidup sehat tetap menjadi cara terbaik untuk mengurangi resiko penyakit jantung pada siapapun.

Baca juga: Gejala Stroke bisa Dilihat Dari Mata.

Mudah Terserang Penyakit

Meskipun memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung, namun para pemilik darah dengan golongan O juga lebih rentan akan terserang penyakit lainnya. Sebuah riset menunjukan bahwa golongan darah ini akan lebih mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh virus.

Namun, riset mengenai pengaruh golongan darah pada tubuh dan kesehatan manusia masih terus diperdalam. Sehingga belum ada jawaban yang pasti mengenai masalah ini.

Membutuhkan Lebih Banyak Protein

Beberapa orang percaya bahwa pemilik golongan darah O membutuhkan lebih banyak kandungan protein dan sayuran dalam makanannya. Di sisi lain, mereka juga harus mengurangi asupan biji–bijian dan susu untuk mencegah masalah pada sistem pencernaan.

Faktanya, tiap orang memiliki kebutuhan jumlah nutrisi yang berbeda–beda, meskipun memiliki golongan darah yang sama. Sehingga kita tidak dapat menebak bagaimana kebutuhan makanan seseorang hanya berdasarkan golongan darahnya saja.

Orang Yang Bergolongan Darah O Memiliki Sifat Dermawan

Kebanyakan orang, khususnya masyarakat Indonesia, ingin mengetahui sifat–sifat baiknya melalui golongan darah. Seperti salah satunya ialah sifat orang bergolongan darah O yang dermawan dan baik hati.

Namun, hal ini diketahui melalui riset dan rata–rata pemilik golongan darah yang sama. Tentu, semua orang ingin memiliki sifat dermawan. Namun bukan berarti orang dengan tipe golongan darah lain tidak memiliki sifat dermawan bukan?

Selalu Hati–Hati

Sifat golongan darah O

Sifat berikutnya yang dipercaya dimiliki oleh orang bergolongan darah O ialah hati–hati dan cenderung paranoid. Meskipun hal ini juga belum dapat dijelaskan secara ilmiah, namun banyak orang yang mengganggap bahwa pemilik golongan darah O memiliki sifat yang lebih hati–hati khususnya dengan orang yang baru ia kenal.

Faktanya, semua manusia memiliki kemampuan untuk merasakan ancaman atau insting. Namun, insting manusia terbilang lebih lemah bila dibandingkan dengan hewan atau makhluk hidup lainnya.

Sangat Kompetitif

Orang–orang bergolongan darah O juga dikenal memiliki sifat yang sangat kompetitif. Mereka akan berusaha sekeras mungkin untuk dapat mencapai apa yang mereka mau.

Namun, sisi kompetitif ini juga menyebabkan timbulnya rasa angkuh. Pemilik golongan darah ini akan merendahkan lawannya apabila mereka berhasil menang.

Hanya Dapat Menerima Golongan Darah Yang Sama

Riset secara ilmiah telah menunjukan bahwa orang bergolongan darah O hanya dapat menerima donor dari golongan darah yang sama. Hal ini disebabkan karena kandungan antibodi dalam plasma yang tidak dapat menerima golongan darah A, B, dan AB.

Dapat Mendonor Ke Semua Jenis Golongan Darah?

Dulu, orang golongan darah ini memang disebut juga dengan Donor Universal atau dapat didonorkan ke berbagai golongan darah lain. Namun, kini terdapat persyaratan yang lebih ketat untuk penerima donor darah O.

Golongan Darah O Cocok Dengan Golongan Darah Apa?

Setelah dilakukan banyak riset dan penelitian ilmiah, kini tidak semua orang dapat menerima donor dengan tipe darah O. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan antibodi di dalam darah yang akan bereaksi dan menyebabkan masalah serius akibat tranfusi darah. Bila dipaksakan, ketidakcocokan golongan darah ini akan menyebabkan syok, kejang, hingga kematian.

Saat ini, penerima donor darah dengan golongan O+ juga hanya dilakukan dalam keadaan mendesak. Seperti contohnya, bila pasien dalam keadaan jiwanya terancam atau ketika persediaan tipe golongan darah yang dibutuhkan sedang tidak mencukupi. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak golongan darah apa saja yang cocok dengan golongan darah O.

  • O- dapat menerima darah O-
  • O- dapat menerima darah O+
  • O+ dapat menerima darah O+
  • O- dapat mendonor ke O-, dan O+,
  • O- dapat mendonor ke A- dan A+ namun tidak dianjurkan
  • O- dapat mendonor ke B- dan B+ namun tidak dianjurkan
  • O- dapat mendonor ke AB- dan AB+ namun tidak dianjurkan
  • O+ dapat mendonor ke A+
  • O+ dapat mendonor ke B+
  • O+ dapat mendonor ke AB+

Proses tranfusi darah yang dilakukan pada rumah sakit pun telah memiliki prosedur dan persyaratan yang sangat tersusun. Sehingga, baik pendonor maupun penerima tidak berasal dari sembarang orang dengan golongan darah yang tidak diketahui. Umumnya sebelum melakukan donor darah, kita akan melalui tahap cek golongan darah manual terlebih dahulu untuk dicantumkan ke kantong darah.

Cara Tes Golongan Darah Online

Kini, untuk mengetahui golongan darah pun kalian tidak perlu pergi ke klinik atau rumah sakit terdekat. Cukup lakukan di rumah dengan mengikuti tes golongan darah online. Caranya, ialah hanya dengan menjawab pertanyaan–pertanyaan ini sesuai dengan sifat kalian.

  1. Apakah anda pemarah?
  2. Apakah anda sering memikirkan apa yang akan terjadi di masa depan?
  3. Apakah anda selalu berpikir sebelum bertindak?
  4. Apakah anda tipe orang yang mengikuti peraturan?
  5. Apakah anda seorang pemalu?
  6. Apakah anda suka memimpin atau membimbing?
  7. Apakah anda seorang yang mudah memaafkan?
  8. Apakah anda mudah merasa bosan?
  9. Apakah anda selalu berpikir secara tenang dalam menghadapi masalah?
  10. Dan, apakah anda seorang yang membuat mood orang di sekitar menjadi baik?

Cukup jawab semua pertanyaan di atas dengan Iya dan Tidak. Bila sudah, temukan jawaban dari golongan darah kalian di sini (https://id.vonvon.me/quiz/28).

Cara mengecek golongan darah secara online di atas, dengan menggunakan indikator sifat, setelah saya mencobanya, tidaklah terlalu akurat. Jadi cara yang paling akurat untuk mengecek golongan darah ialah dengan melakukan tes golongan darah.

Demikianlah beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui mengenai golongan darah O dan bagaimana cara melakukan tes golongan darah online. Sebelum melakukan donor atau transfusi darah, mengetahui golongan darah kalian sendiri merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

*