Hidup Sehat Rohani dan Jasmani itu Penting lho..

By | January 11, 2015

Hidup Sehat Rohani dan Jasmani itu Penting lho..Hidup sehat merupakan segala kebebasan dari problematika kehidupan baik rohani maupun jasmani. Kesehatan rohani dan jasmani sangatlah penting untuk perbaikan diri dalam kehidupan. Mengapa di sini lebih didahulukan kata rohani dari pada jasmani? Lebih didahulukan rohani yang berarti mental atau jiwa dan jasmani yang berarti fisik atau juga badan. Coba amati lagu kebangsaan kita Indonesia Raya “bangunlah jiwanya, bangunlah badannya”. Gangguan rohani apa pun akan berpengaruh terhadap fisik kita baik itu pikiran, hati bahkan jiwa kita. Problem yang mengganggu jasmani dapat berupa penyakit sesuatu yang ada dalam anggota tubuh. Jadi pada dasarnya hidup yang sehat itu tidak dapat terpisahkan antara rohani dan jasmani. Saling berkaitan dan berhubungan. Kita sering menjumpai orang-orang yang sehat bugar badannya tetapi mentalnya sangat memprihatinkan atau jiwanya yang lemah. Jadi, seperti apakah hidup yang sehat itu? Semua orang pastinya menginginkan sehat rohani dan jasmani dan sangat diidamkan oleh manusia baik anak-anak, dewasa maupun orang tua. Karena dengan sehat dapat melakukan aktifitas apapun dengan baik sehingga mencapai harapan yang baik pula.

Hidup sehat itu hidup tanpa problematika yang bersifat fisik maupun non fisik. Gangguan berupa fisik dapat meliputi penyakit yang menyerang tubuh. Sedangkan non fisik berupa gangguan terhadap jiwa, hati dan pikiran seseorang. Banyak orang-orang yang kaya, hartanya berlimpah namun belum tentu memiliki kehidupan bahagia dan nyaman serta kondisi rohani yang sehat. Lalu, bagaimana agar rohani dan jasmani tetap sehat dan terjaga? Pengaturan hidup sehat terletak pada pola untuk menjalankan hidup secara proporsional serta terkontrol. Pola yang teraturlah yang dapat membuat hidup lebih sehat. Hidup yang sehat butuh aturan pola sehingga akan hadir kehidupan yang sesuai dengan kesehatan pribadi. Bukan hanya karena penyakit fisik yang terganggu bahkan lebih berbahaya lagi jika menyangkut jiwanya terganggu. Kesehatan sangatlah penting untuk mencapai kebahagian dalam menjalani kehidupan. Bayangkan saja, jika anda memiliki banyak kekayaan harta berlimpah dan dikelilingi oleh orang-orang mencintai anda. Namun anda dalam keadaan stres, banyak fikiran, dan hati tidak tenang, atau bahkan anda berbaring di rumah sakit. Menyedihkan bukan?

Hidup Sehat Rohani dan Jasmani itu Penting lho..

Hidup Sehat Rohani dan Jasmani itu Penting lho.. (Ilustrasi/internet)

Apakah anda merasakan kesempurnaan hidup? Oleh karena itu mari biasakanlah hidup sehat. Sebab, pada kenyataannya seseorang dapat hidup bahagia jika dalam kondisi sehat. Dalam artian sehat rohani dan jasmani. Aturan untuk mencapai hidup yang sehat dilaksanakan seseorang agar jasmani sehat yaitu memperhatikan kondisi tubuh anda yang terkena masalah penyakit. Atur serta kontrol makanan-makanan yang anda konsumsi, pastinya harus banyak pengetahuan mengenai menu makanan yang bergizi. Jangan sembarangan dan jangan terlalu berlebihan. Untuk rohani yang sehat, jiwa yang sehat, hati yang sehat, batin yang sehat, fikiran yang sehat. Ketentraman untuk rohani yang sehat terdapat kedamaian hati dan batin. Apakah anda pernah berfikir satu kali saja mengenai kehalalan yang terdapat dalam makanan yang anda makan? Perlu diteliti dan berwaspadalah terhadap makanan yang anda makan. Sebab ketakhalalan makanan yang masuk ke dalam perut anda dapat menghantarkan pada penyakit-penyakit.

Demikianlah artikel mengenai Hidup Sehat Rohani dan Jasmani itu Penting lho.., semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *