Manfaat madu untuk kesehatan mata
Manfaat madu untuk kesehatan mata (Ilustrasi/pexels)

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Mata

Sejak ribuan tahun yang lalu, madu dipercaya oleh masyarakat Mesir kuno sebagai alternatif pengobatan, kecantikan, dan sebagai pemanis makanan. Cleopatra, sang ratu Mesir, bahkan menggunakan masker yang terbuat dari madu untuk menjaga kecantikannya.

Manfaat madu untuk kesehatan mata
Manfaat madu untuk kesehatan mata (Ilustrasi/pexels)

Madu yang dihasilkan oleh lebah madu sangat kental dan lebih manis. Madu lebah mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh manusia, diantaranya karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin C. Karena banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam madu sehingga manfaat yang dihasilkan pun beragam.

[Baca juga: 13 Khasiat Penting Madu bagi kesehatan yang harus Anda ketahui]

Dari segi kecantikan misalnya, madu dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat masker wajah, yang berfungsi untuk mengencangkan kulit dan mengurangi infeksi kulit karena jerawat. Madu sangat cocok digunakan sebagai pemanis makanan. Rasa manis pada madu dihasilkan oleh monosakarida, fruktosa, dan glukosa yang terkandung di dalamnya. Karena adanya kandungan fruktosa pada madu, maka madu sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Fruktosa pada madu jika masuk ke dalam tubuh akan langsung diproses menjadi energi tanpa bantuan hormon insulin. Selain itu, madu juga bermanfaat dalam proses penyembuhan luka serta dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika Anda mengonsumsi madu secara rutin. Akan tetapi, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa madu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, dalam hal ini madu digunakan untuk mengatasi infeksi dan gatal pada mata, mengobati penyakit rabun jauh (miopi) atau rabun dekat (hipermetropi), serta membuat penglihatan semakin terang dan jelas.

Penggunaan madu untuk menjaga kesehatan mata dan mengobati rabun sama halnya dengan penggunaan obat tetes mata. Jika mata Anda terkena infeksi dan sering terasa gatal, maka jangan dikucek. Ada baiknya Anda menggunakan madu untuk mengatasi infeksi dan rasa gatalnya dengan meneteskan madu ke mata Anda. Tapi sebelumnya, tempatkan madu pada sebuah wadah yang menyerupai wadah obat tetes mata. Kemudian, teteskan madu pada kedua mata Anda dan pejamkan mata Anda selama beberapa saat. Pada awalnya, mata Anda akan terasa perih. Hal ini akan menyebabkan air mata Anda keluar. Biarkan hal tersebut selama beberapa menit dan jangan membuka mata Anda ataupun menguceknya sampai rasa perih pada mata sudah menghilang. Setelah mata Anda sudah tidak perih lagi, seka air mata Anda dan cairan yang merembes dengan menggunakan tissue, lalu buka mata Anda perlahan. Ketika Anda membuka mata, penglihatan Anda akan semakin terang dan jelas.

Madu yang diteteskan ke mata Anda berfungsi untuk mencuci mata dari kotoran dan debu yang masuk, sehingga infeksi pada mata dan rasa gatal perlahan akan hilang. Selain itu, bagi Anda penderita rabun jauh (miopi) dan rabun dekat (hipermetropi), cara tersebut juga bisa digunakan untuk menajamkan penglihatan dan mengobati rabun mata Anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan cara tersebut sekurang-kurangnya tiga kali dalam seminggu, yaitu setelah bangun tidur sebelum membasuh wajah atau sebelum tidur. Selamat mencoba.

Catatan:
Gunakan masu asli, jangan sembarang madu untuk menetes mata Anda, karena bisa jadi itu justru membahayakan mata Anda

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- madu diteteskan ke mata, - manfaat madu untuk mata, - mata ditetesin madu, - tes mata dari madu, - khasiat madu jika di teteskan ke mata, - tetes kan madu ke mata boleh tidak, - cara tetes madu untuk mata, - cara menghilangkan rabun jauh guna madu, - apakah terasa perih jika meneteskan madu kedalam mata, - apa manfaat meneteskan madu pada mata

data-ad-format="link">
Manfaat Madu Bagi Kesehatan Mata Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 355 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *