Mengapa setiap masuk warung ikan bakar selalu tersedia timun?

Mengapa setiap masuk warung ikan bakar selalu tersedia timun? Jika Anda datang ke Makassar, setiap kali masuk ke warung Ikan bakar, selalu saja ada mentimun disajikan bersama ikan bakar. Apa manfaatnya?

Makan siang dengan lauk ikan bakar pasti memang terasa nikmat. Tapi hati-hati, bagian gosong di ikan bakar tersebut bisa membahayakan kesehatan.

Walaupun lezat, bagian ikan bakar dan makanan lain yang gosong, seperti sate dan steak daging, bisa menyebabkan radikal bebas ikut termakan.

Menurut penelitian para ahli dari Norwegian Institute of Public Health, yang dirilis CNN, Rabu (101/12/2014), daging yang terlalu matang atau cenderung gosong mengandung senyawa mutagen yang bersifat karsinogen atau memicu kanker. Di dalam tubuh, senyawa ini bisa memicu perubahan sel-sel normal menjadi kanker.

Selain itu, risiko kanker juga diperbesar oleh adanya enzym sulfotransferase yang secara alami ada di tubuh manusia. Enzym ini bisa mengubah zat-zat yang berbahaya menjadi tidak berbahaya, atau sebaliknya dari yang tidak berbahaya menjadi bersifat karsinogen.

Dalam sebuah eksperimen pada tikus, reaksi antara enzym sulfotransferase dengan senyawa mutagen pada daging gosong bisa meningkatkan risiko kanker usus antara 31-80 persen. Peningkatan risiko ini disebut-sebut mencapai 2 kali lipat dari yang diduga sebelumnya.

Faktanya, timun mengandung vitamin C, beta karoten, dan polifenol seperti quercetin dan kaempferol, yang bisa membantu perangi radikal bebas, seperti dikutip dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, Rabu (10/12/2014).

Tentunya satu dua potong timun tidak cukup untuk memerangi radikal bebas yang meningkatkan risiko kanker, sehingga juga kadar antioksidan Anda tetap prima dengan cukup makan sayur dan buah minimal lima porsi setiap hari.

Mengapa setiap masuk warung ikan bakar selalu tersedia timun?

Mengapa setiap masuk warung ikan bakar selalu tersedia timun? (Ilustrasi)

Selain timun, Anda juga bisa menetralkan efek buruk tersebut dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung serat. Serat bisa membantu membersihkan sisa-sisa daging di permukaan usus yang memicu kanker. (Banjarmasin Post)

Demikianlah artikel mengenai Mengapa setiap masuk warung ikan bakar selalu tersedia timun? Semoga info ini bermanfaat.

Leave a Reply

*