Sering Tak Ada Waktu untuk Sarapan? Anda Perlu Tahu 4 Bahaya Ini

Sarapan seringnya menjadi aktivitas yang terlewatkan di tengah padatnya aktivitas kita yang sudah dimulai pada pagi hari. Entah harus pergi ke sekolah sangat pagi karena ada jam tambahan, atau pun berangkat kerja sejak pagi buta untuk menghindari macet di jalan. Ada serangkaian alasan yang penting untuk dilakukan yang membuat kita meremehkan urusan sarapan. Padahal tahukah anda, jika sarapan juga termasuk hal yang lebih penting dari semuanya demi kesehatan. Mungkin anda bertanya-tanya, memangnya apa yang akan terjadi jika terus melewatkan sarapan? Berikut inilah 4 bahaya yang menjadi jawabannya:

  1. Waspadai penyakit jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan di harvard school of public health mengungkapkan seseorang yang tidak menyempatkan sarapan secara rutin berisiko besar terkena penyakit jantung. Apabila anda melewatkan waktu sarapan, maka rasa lapar dapat melenakan dan membuat anda memilih menu makanan berlemak tinggi pada saat makan siang dengan porsi yang besar. Hal tersebut juga akan semakin membuat kolesterol jahat meningkat serta memicu serangan jantung.

Dampak tidak sarapan pagi

Dampak tidak sarapan pagi (Ilustrasi/pixabay)

  1. Melewatkan sarapan bagi wanita dapat mengganggu keseimbangan hormon

Berdasarkan hasil servei yang ada di jurnal appetite tahun 2010, mahasiswi yang sering melewatkan sarapan mendapatkan siklus menstruasi yang tidak teratur dibanding mereka yang selalu sarapan setiap pagi.

  1. Tidak sarapaan juga dapat membuat anda sulit berpikir

Menurut laporan dari centers for disease control diketahui bahwa anak-anak yang melewatkan sarapan mengalami penurunan konsentrasi dalam belajar di sekolah. Penelitian itu juga membuktikan, anak-anak sekolah yang masih punya waktu untuk sarapan lebih tepat waktu berada di sekolah dan jarang absen.

  1. Hati-hati bagi penderita maag, asam lambung akan naik jika memilih tidak sarapan

Sarapan menjadi hal penting yang tak boleh dilewatkan, apalagi untuk anda penderita maag. Lambung yang terus bekerja memproduksi asam lambung akan mengalami perih dan sakit ketika tak ada makanan yang masuk.

Nah, itulah bahaya yang dapat terjadi jika anda memutuskan tidak sarapan. Dengan adanya fakta-fakta tersebut, yakin nih masih mau melewatkan sarapan pagi?

Leave a Reply

*