5 Tips dan Cara Mengatasi Diare

Diare adalah penyakit disaat fesesĀ atau kotoran berubah bentuk menjadi lembek atau cair. Penyakit ini biasanya ditandai dengan buang air besar sebanyak lebih dari 3 kali dalam 1 hari. Terdapat banyak hal yang bisa menjadi penyebabkan diare, misalnya dari keracunan makanan, memakan makanan tertentu, salah mengonsumsi obat, merasa tertekan, minum minuman beralkohol, infeksi bakteri dan lain-lain.

Jika penderita tetap bisa minum, cairan dalam tubuh yang hilang masih bisa tergantikan. Namun jika penderita tidak mau atau bisa minum dan sering muntah, cairan tubuhnya akan cepat berkurang dan menyebabkan gejala dehidrasi.

Hal ini akan sangat berbahaya jika terjadi secara terus-menerus. Si penderita akan kekurangan cairan yang dapat mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. Jika tidak ditangani secara benar maka akan menyebabkan pengakit yang lebih serius.

5 Tips dan Cara Mengatasi Diare

sakit perut

Untuk mengatasi diare, bisa dilakukan pertolongan pertama dengan cara berikut:

  1. Berilah banyak air minum ke penderita untuk menggantikan cairan dan zat kimia dalam tubuh yang hilang akibat BAB terus-menerus. Minumlah air setiap 2 jam sekali sebanyak kurang lebih 2 ons atau 60 mL.
  1. Selain minum air putih, penderita juga bisa diberikan cairan oralit atau cairan campuran antara satu sendok garam dan satu sendok gula yang dicampur dengan segelas air putih.
  1. Berilah obat diare yang biasa dijual di toko obat terdekat, biasanya bila gejala diare yang dialami ringan, maka gejala akan berkurang selama beberapa jam. Bila sudah agak berkurang gejalanya maka pemberian obat dapat dikurangi dosisnya dari dosis semula.
  1. Bila diare sudah berlangsung lama, misalnya 1 sampai 2 hari dan air kencing berkurang volume dan frekuensinya, segeralah bawa penderita ke rumah sakit karena terdapat kemungkinan terkena dehidrasi.
  1. Hindari makanan padat.

Penderita diare biasanya akan bertambah pada musim penghujan seperti sekarang ini. Agar terhindar dari penyakit diare, sebaiknya jagalah lingkungan tempat tinggal Anda dan konsumsilah makanan dan minuman yang sehat.

Demikianlah artikel mengenai 5 Tips dan Cara Mengatasi Diare, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
5 Tips dan Cara Mengatasi Diare Post in | Last updated: November 13th, 2014 | 32 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *