Tips hidup sehat menurut Islam
Tips hidup sehat menurut Islam (Ilustrasi/pixabay)

Tips Hidup Sehat menurut Islam

Di zaman ini banyak orang mencari kesehatan, bahkan di dunia barat, bagi mereka kesehatan merupakan segalanya. Makanan serba steril, demikian pula dengan pakaian dan yang lainnya. Mereka sangat memperhatikan sekali masalah kesehatan. Akan tetapi, sebetulnya kalau kita perhatikan, islamlah yang paling memperhatikan kesehatan. Siapa saja yang mempelajari sunnah rasul atau hadist, dia akan dapatkan bahwa asas atau kaidah-kaidah kesehatan itu sudah diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Lihat saja bagaimana nabi mempraktekkan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam tata cara makan, Allah SWT telah memberikan kaidah kesehatan. Allah SWT berfirman yang artinya “Makanlah dan minumlah, tapi jangan berlebihan”.

[Baca juga: Sehat Menurut Rasulullah SAW]

Menurut Ibnu Katsir, ayat di atas berbicara tentang setengah dari pada ilmu kesehatan secara keseluruhan.

Sabda Nabi Muhammad SAW : “Tidaklah anak Adam memenuhi bencana yang lebih buruk dari pada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap saja untuk menegakkan tulang punggungnya”.

Sabda Nabi Muhammad SAW : “Sepertiga buat makan, sepertiga buat minum, dan sepertiga buat nafas

Tips hidup sehat menurut Islam
Tips hidup sehat menurut Islam (Ilustrasi/pixabay)

Siapa saja yang mempelari hadits ini akan didapati beginilah cara makan yang sehat yang diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW, karena salah satu sebab utama munculnya penyakit ialah dari makanan. Dimana lambung melebihi kapasitasnya, diisi dan selalu diisi, maka akibatnya lambung itu akan rusak. Ketika lambung rusak, limfa rusak akan mempengaruhi organ-organ tubuh yang lainnya. Dengan begitu akan timbul berbagai macam penyakit, seperti obesitas, diabetes, kolesterol dan lain-lain.

Sekarang dalam cara tidur, Nabi Muhammad SAW memberikan tata cara yang paling sempurna, sehat untuk badan.

  1. Nabi Muhammad SAW tidur ketika di awal waktu malam dan ini memang sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan, apabila seseorang tidur larut malam akan mempengaruhi kerja organ-organ tubuh, terutama jantung dan hati. Sehingga apabila ada orang yang sering tidur terlalu malam pasti akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Sehingga Nabi Muhammad SAW pernah berkata “saya tidak suka tidur sebelum sholat isya dan saya tidak suka berbincang-bincang setelah isya”. Makanya Rasulullah SAW menganjurkan umatnya tidur di waktu awal malam.
  2. Nabi Muhammad SAW tidur di atas rusuk yang kanan. Kenapa demikian ??. Ini karena kalau kita tidur di atas rusuk yang kiri akan memperberat kerja jantung. Semua dokter, baik itu dokter barat maupun dokter timur mengatakan lebih sehat tidur di atas rusuk yang kanan

Ketika menyebutkan tentang pokok-pokok kesehatan, bahwa pokok kesehatan tubuh manusia ada tiga poros, dan ini ditunjukkan oleh Al-qur’an dan hadist.

  1. Menjaga stamina. Menjaga stamina, maka ini ditetap oleh Al-qur’an dan hadist. Orang yang sakit diperbolehkan ia tidak berpuasa untuk menjaga stamina, sehingga tidak semakin lemah ketika mengadapi penyakit.
  2. Tidak mengonsumsi makanan-makanan yang bisa merusak tubuh. Allah SWT mengharamkan arak atau minuman keras dan mengharamkan semua yang bisa berbahaya untuk tubuh. Allah SWT berfirman yang artinya “Mereka bertanya kepada mu tentang arak dan judi. Katakan, padanya ada dosa besar, tapi ada manfaat-manfaat untuk manusia. Tapi dosa/bahayanya lebih besar dari pada manfaatnya
  3. Berusaha mengeluarkan unsur-unsur yang rusak dari tubuh kita. Nabi Muhammad SAW berbekam untuk mengeluarkan darah yang panas dari tubuh. Nabi Muhammad SAW juga mempraktekkan untuk supaya muntah, karena muntah sangat dianjurkan sebagaimana yang dikatakan oleh para tabib bahwa muntah sebulan 2 kali sangat menjaga kesehatan.

Dalam masalah hubungan badan, Nabi Muhammad SAW mengajarkan agar tidak kurang dan tidak berlebihan dalam melakukannya. Demikian pula dengan penyakit-penyakit hati yang bisa berpengaruh kepada badan. Maka Rasulullah menyuruh kita untuk bersabar, tawakal, jangan marah, jangan banyak tertawa, ini semua bisa merusak anggota tubuh kita.

Sabda Rasulullah SAW : “Jauhi oleh kamu banyak tertawa karena itu bisa memastikan hati

Ternyata ini memang benar, orang yang banyak tertawa bisa mengeraskan jantungnya, sehingga berakibat akan merusak.

Kebanyakan marah bisa merusak organ hati, begitu juga dengan bersedih. Ketika sedih serahkan kepada Allah SWT, sehingga kita tidak terlalu bersedih. Tawakkal kepada Allah, sehingga tidak terlalu stres dalam menjalani hidup. Disuruh berdzikir supaya hati menjadi tenang, semua ini untuk menjaga keseimbangan tubuh. Tapi, tujuan ini semua ialah kehidupan akhirat, bukan untuk kehidupan dunia. Maka dari itu, sunnah nabi memang sehat. Siapa saja yang mempelajari sunnah nabi, Insya Allah ia akan sehat.

data-ad-format="link">
Tips Hidup Sehat menurut Islam Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 554 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *