Tips Merawat Gigi Tiruan

Tips Merawat Gigi Tiruan – Sebagian besar pengguna gigi tiruan belum memiliki kesadaran untuk melakukan perawatan yang tepat, padahal perawatan sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Jika melihat penelitian dalam Omnibus pada 2012, hanya 6% dari keseluruhan pengguna gigi tiruan di Indonesia yang menggunakan produk perawatan gigi tiruan. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan seputar gigi tiruan.

Anggota Komisi Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB) Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Susi R. Puspitadewi mengatakan seperti gigi asli, gigi tiruan juga harus dibersihkan agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Hal itu penting dilakukan mengingat air liur dan bekas makanan melekat pada gigi tiruan. Dia menjelaskan gigi tiruan sebaiknya dilepas pada malam hari, kemudian direndam dengan air yang telah diberi tablet khusus pembersih gigi tiruan.
“Tablet pembersih punya efek membersihkan supaya plak-plak tidak menempel di gigi tiruan karena gigi tiruan juga lama-lama bisa timbul plak,” katanya kepada Bisnis belum lama ini.

Dia tidak menganjurkan untuk menyikat gigi tiruan apalagi jika menggunakan pasta gigi. Gigi tiruan yang sering disikat permukaan nya bisa menjadi tipis dan kasar. Gigi tiruan, ujarnya, berbeda dengan gigi asli. Susi menyebutkan gigi tiruan sepuluh kali lebih lembut dari pada gigi asli.

Jika terpaksa karena harus membersihkan gigi tiruan dengan segera, boleh membersihkan menggu nakan sikat gigi tetapi pilih lah yang benar-benar halus.

Tips Merawat Gigi Tiruan
Tips Merawat Gigi Tiruan (Ilustrasi)

Susi mengungkapkan penggunaan gigi tiruan penting dilakukan dengan alasan estetika. Selain itu, gigi tiruan akan membantu menghaluskan makanan secara sempurna sehingga proses pencernaan berjalan lancar. (Bisnis.com)

Demikianlah Tips Merawat Gigi Tiruan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Tips Merawat Gigi Tiruan Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 0 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *