11 Tips Memasak Sayuran

Tips Memasak Sayuran – Salah satu makanan yang biasa dihidangkan saat makan ialah sayuran. Sayuran dikenal mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Terutama vitamin, mineral, serat, dan zat antioksidan, serta zat gizi lainya.

Mengonsumsi sayuran sangat dianjurkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sayuran bisa dimakan sebagai lalapan maupun dimasak. Mengonsumsi sayuran segar tanpa dimasak sangat baik karena lebih banyak mengandung zat gizinya. Akan tetapi memakan sayuran tanpa dimasak lebih berisiko tercemar bakteri dan kuman yang ada pada sayuran tersebut. Selain itu beberapa orang diantara kita tidak menyukai mengonsumsi sayuran dalam bentuk lalapan.

Cara paling aman mengonsumsi sayuran ialah dengan cara memasaknya. Akan tetapi kita memerlukan kiat tertentu dalam memasak sayuran. Hal ini karena proses memasak sayuran sangat mempengaruhi zat gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Beberapa zat gizi dapat terlarut saat pencucian sayuran tersebut maupun beberapa zat gizi dapat rusak saat proses pemasakannya.

Tips Memasak Sayuran

Sebagian dari kita masih menganggap sepele teknik dan cara memasak sayuran. Padahal hal ini sangat harus diperhatikan untuk tetap mempertahankan zat gizi yang terkandung dalam sayuran tersebut. Berikut ini kiat memasak sayuran agar meminimalkan hilangnya dan rusaknya zat gizi yang dikandung sayuran tersebut:

  1. Saat mengupas sayuran seperti kentang dan wortel dilakukan seminimal mungkin agar tidak kehilangan zat gizi yang banyak karena zat gizi yang dikandungnya banyak terdapat di dekat kulit.
  2. Sebaiknya pencucian sayuran dilakukan sebelum sayur tersebut dipotong-potong agar mengurangi zat gizi yang larut hilang saat pencucian.
  3. Sebaiknya sayuran dipotong-potong dalam ukuran agak besar, hal ini karena semakin kecil potongan sayurnya saat dicuci semakin mudah larut zat gizi yang dikandungnya.
  4. Saat memasak sayuran yang mengandung banyak vitamin A, D, E, dan K sebaiknya menggunakan sedikit minyak, sehingga vitaminnya lebih mudah larut dan mudah diserap tubuh.
  5. Saat memasak, waktu yang baik memasukkan sayuran dalam panci ialah saat air atau kuahnya sudah mendidih agar memperpendek waktu kontak sayuran dengan panas sehingga meminimalkan hilangnya zat gizi.
  6. Masak sayuran secara dikukus lebih meminimalkan hilangnya zat gizi dibandingkan direbus.
  7. Saat memasak sayuran berkuah dianjurkan agar menggunakan sedikit air.
  8. Saat memasak sayuran dianjurkan agar tutup panci tetap terbuka agar sayurannya tetap berwarna kehijauan.
  9. Jika ingin memilih memasak sayuran bersantan, santan dimasukkan sebaiknya setelah sayur kelihatan masak dan lunak dan jangan lupa santan diaduk agar tidak pecah.
  10. Jika memilih menumis sayuran sebaiknya pilih menggunakan minyak nabati. Saat menumis dianjurkan menggunakan wajan yang melengkung dan besar serta memiliki api yang cukup besar dan jangan lupa untuk selalu mengaduknya. Namun jika memilih wajan yang datar sebaiknya api jangan terlalu besar dan tidak perlu selalu diaduk.
  11. Segera makan sayuran setelah masak jangan tunggu terlalu lama.

Demikianlah Tips Memasak Sayuran, semoga bermanfaat.

*