manfaat santan dan air kelapa
manfaat santan dan air kelapa

13 Manfaat Santan dan Air Kelapa

Infosehatkeluarga.com – Masakan khas bangsa-bangsa di Asia menggunakan santan sebagai bahan utamanya. Contohnya saja kari, sayur lodeh, gudeg, dan opor. Santan ditambahkan untuk memberi rasa gurih dan merubah warna masakan sehingga terlihat lebih menarik.

Apa saja gizi yang terkandung dalam santan? Apa saja manfaat lain dari santan? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Kandungan Gizi dan Manfaat Santan bagi Kesehatan Tubuh

  1. Santan termasuk dalam golongan minyak. Jadi, tentu saja santan mengandung lemak yang banyak. Santan mengandung sekitar 90% asam lemak jenuh dan sisanya ialah asam lemak tak jenuh.
  2. Meskipun mengandung asam lemak jenuh, yang identik dengan penyakit, santan dikategorikan dalam asam lemak jenuh berantai sedang. Yang artinya, lebih mudah diserap dan dicerna sehingga lebih cepat menghasilkan energi. Selain itu, asam lemak berantai sedang tidak diubah menjadi kolesterol, sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kolesterol serta penyakit lainnya.
  3. Santan juga mengandung vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K.
  4. Santan mengandung 324kkal energi, 4.2 gram protein, 34.3 gram lemak, dan 5.6 gram karbohidrat.
  5. Mineral yang terkandung dalam santan antara lain, kalsium, fosfor, zat besi, dan tiamin.
  6. Santan mengandung 10 asam amino esensial yang cukup tinggi.
  7. Santan juga berfungsi sebagai zat antivirus, antifungi, antiprotozoa, dan antibakteri dalam tubuh.
  8. Santan mengandung asam laurat yang jika dicerna dalam tubuh akan memiliki khasiat yang hampir sama dengan ASI. Zat ini berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  9. Asam laurat juga berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko terkena diabetes, dan mengobati penyakit jantung.
manfaat santan dan air kelapa
manfaat santan dan air kelapa

PERHATIAN!

Santan memang memiliki banyak manfaat dikarenakan kandungan asam lemak dan vitamin serta mineral lainnya. Namun, seringkali kita jumpai santan dimasak cukup lama dengan suhu tinggi. Proses ini dapat mengubah asam lemak baik menjadi asam lemak jahat. Asam lemak ini dapat menyebabkan kadar LDL darah meningkat. Kondisi ini dapat menyumbat peredaran darah dan menyebabkan timbulnya penyakit stroke, hipertensi, dan penyakit jantung.

Manfaat Lain dari Santan dan Air Kelapa

  1. Merawat dan Menyehatkan Rambut

Santan dapat kita gunakan untuk merawat rambut agar terhindar dari ketombe, memperlambat tumbuhnya uban, dan melembabkan rambut. Caranya, pilih kelapa yang bagus lalu parut dan ambil santannya. Setelah itu, balurkan santan pada kepala Anda sembari dipijat-pijat. Setelah beberapa lama, diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan shampo agar bersih sempurna. Ulangi proses ini dua hari sekali agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Santan mengandung lemak yang dapat melancarkan proses BAB.

  1. Menurunkan Berat Badan

Rasa air kelapa yang manis memberikan efek kenyang sehingga menurunkan keinginan untuk makan berlebihan.

  1. Menyegarkan Tubuh

Menurut penelitian, mengonsumsi air kelapa dapat memberikan efek kenyang dan menyegarkan tubuh, karena air kelapa mengandung elektrolit yang dapat menggantikan mineral-mineral tubuh yang hilang setelah beraktifitas.

Demikianlah 13 Manfaat Santan dan Air Kelapa, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- abreaksi mail, - air kelapa mengandung santan ga, - angin duduk dan bahaya nya serta cara mengatasi nya, - manfaat santan yang tidak dimasak

data-ad-format="link">
13 Manfaat Santan dan Air Kelapa Post in | Last updated: August 11th, 2017 | 234 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *