Cara mengatasi depresi secara alami
Cara mengatasi depresi secara alami

15 Cara mengatasi depresi secara alami

Depresi merupakan kondisi serius yang memerlukan perawatan dokter. Tapi perubahan gaya hidup berikut mungkin memberi Anda dorongan jika Anda merasa depresi. Berikut ini Cara mengatasi depresi secara alami, seperti yang dikutip dari Reader’s Digest

Cara mengatasi depresi secara alami

  • Luangkan setidaknya satu jam setiap minggu bersama dengan teman dekat Anda.

Dalam sebuah penelitian di Inggris, ketika 86 wanita depresi dipasangkan dengan seorang teman sukarelawan, 65 persen wanita merasa lebih baik. Sebenarnya, kontak sosial rutin bekerja seefektif obat antidepresan dan psikoterapi. Hubungan sosial yang teratur dengan teman dekat dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mendorong Anda untuk membuat perubahan positif lainnya yang akan membantu mengatasi depresi, seperti memulai program olahraga.

  • Bermain dengan hewan peliharaan beberapa menit setiap hari
Cara mengatasi depresi secara alami
Cara mengatasi depresi secara alami

Ketika orang yang tidak memiliki hewan peliharaan bermain dengan seekor anjing hanya beberapa menit sehari sebagai bagian dari penelitian di University of Missouri, kadar serotonin dan oksitosin otak, kedua elevator otak tersebut mengalami kenaikan. Ilmu pengetahuan telah membuktikan manfaat kesehatan dari memiliki hewan peliharaan.

  • Pijat selama 12 menit tiga kali seminggu

Anda bisa membayar tukang pijat atau meminta pasangan Anda untuk memijat punggung Anda. Dalam sebuah studi pasien dialisis depresi, peserta yang mendapat pijatan 12 menit tiga kali seminggu kurang depresi dibanding mereka yang tidak mendapatkan pijatan tersebut. Studi lain terhadap 84 wanita hamil yang depresi menemukan mereka yang mendapat dua pijat 20 menit seminggu dari pasangannya mengurangi terjadinya depresi sebanyak 70 persen. Peneliti menduga, pijat meningkatkan kadar serotonin (yang melonjak 17 persen pada wanita yang mendapat pemijatan dua kali seminggu) dan mengurangi kadar hormon stres kortisol, keduanya merupakan hasil yang sama membantu saat mengatasi depresi.

  • Minum satu sampai dua cangkir kopi atau teh setiap pagi

Asupan kafein yang teratur, mengurangi risiko depresi lebih dari 50 persen, kata Edward J. Cumella, PhD, seorang psikolog berlisensi dan direktur penelitian dan pendidikan untuk Remuda Ranch Treatment Centers di Wickenburg, Arizona.

  • Carilah makanan yang meningkatkan mood

Kenari, kiwi, pisang, ceri, nanas, tomat, dan plum secara alami mengandung kadar serotonin yang tinggi dan ideal untuk mengatasi depresi. Jangan lewatkan makanan ini juga terbukti membuat Anda dalam suasana hati yang baik. Anda juga bisa mengonsumsi makanan tinggi triptofan, asam amino esensial yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin, penguat mood alami. Triptofan umumnya ditemukan pada protein seperti kalkun, ikan, ayam, keju, telur, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat juga mendorong triptofan asam amino mengalir ke otak Anda, meningkatkan kadar serotonin. Sepotong roti gandum utuh yang diolesi dengan madu, carilah makanan dari gandum utuh, karena tepung putih akan memberi manfaat yang sama namun efeknya cepat hilang.

  • Konsumsi lebih banyak omega-3

Sebuah studi di Belanda menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, sejenis lemak yang ditemukan pada salmon dan mackerel, kurang mengalami depresi daripada orang-orang yang dietnya rendah lemak . Studi lain yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa wanita hamil yang tidak makan ikan memiliki tingkat depresi dua kali lipat dibandingkan wanita yang makan 10 ons ikan sehari. Sebenarnya, salah satu alasan mengapa para peneliti menilai tingkat depresi telah meningkat di negara ini ialah bahwa kita mendapatkan sedikit sekali asam lemak omega-3 dalam makanan kita. Jika Anda tidak tahan dengan ikan, makan lebih banyak makanan kaya omega-3 yang bukan ikan. Biji rami (Flaxseeds), kenari, kedelai, kacang merah, dan kacang hitam merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik.

  • Mengonsumsi vitamin

Tanyakan kepada dokter, apakah Anda harus mengkonsumsi 600 miligram Chromium picolinate sehari. Dalam sebuah studi di Duke University, orang dengan depresi atipikal ditandai oleh perubahan suasana hati, nafsu makan, penambahan berat badan, dan kelesuan. Mood mereka meningkat dan kurang nafsu makan berat dan gejala lainnya berkurang saat mereka mulai melengkapi diet mereka dengan kromium. Anda juga harus mendapatkan jumlah yang disarankan (400 mikrogram) folat, vitamin B penting yang dapat membantu mengatasi depresi. Dalam sebuah penelitian di Finlandia yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, peserta yang kurang mengonsumsi folat berisiko tertinggi mengalami depresi. Studi lain yang diterbitkan dalam Annals of Clinical Psychiatry, menemukan bahwa vitamin ini membantu meningkatkan efektivitas obat antidepresan.

  • Pada saat bangun di pagi hari, berbaring telentang dengan kepala menggantung di tepi tempat tidur Anda

Pegang dumbel 5- atau 10 pon dengan kedua tangan dan rentangkan di belakang kepala, biarkan lengan Anda menggantung ke lantai. Hirup 10 napas dalam-dalam, cobalah untuk memperlebar tulang rusuk Anda sebisa mungkin. Bawa kembali beban tersebut dan letakkan di tempat tidur di samping Anda. Bergeser ke tempat tidur agar kepala Anda disangga, kemudian ambil 10 napas dalam lagi. Ulangi tiga kali. Peregangan akan membuka tulang rusuk dan dada Anda, sehingga lebih mudah untuk menarik napas dalam-dalam.

  • Lihatlah di cermin dan paksa bibirmu tersenyum

Penelitian menunjukkan bahwa fisiologi senyum benar-benar akan membuat Anda merasa bahagia. Tertawa membantu menstimulasi produksi hormon serotonin, jadi jika Anda merasa sedih cobalah menonton film lucu atau apa saja yang bisa membuat Anda tertawa.

  • Berjaga semalaman
Cara mengatasi depresi secara alami - Berjaga semalaman
Cara mengatasi depresi secara alami – Berjaga semalaman

Berjagalah semalamam katanya akan menghilangkan depresi dan bisa mengatasi depresi selama sebulan. Meskipun para peneliti tidak yakin mengapa berhasil, mereka menduga bahwa kurang tidur selama semalam dapat mengatur ulang jam tidur, memungkinkan orang yang depresi untuk tidur nyenyak.

  • Memukul sesuatu

Karyawan di komunitas pensiunan yang mengambil kelas drum merasa lebih energik dan kurang tertekan enam minggu setelah kelas daripada sebelum mereka memulainya. Peneliti berspekulasi bahwa drum membantu merilekskan tubuh. Memukul beberapa catatan di meja mungkin bisa membantu, tapi bergabung dengan kelas drum mingguan dapat membantu lebih banyak, terutama karena juga bisa bersosialisasi dengan orang lain akan membantu meringankan depresi.

  • Tidur di kamar tidur yang berbeda

Banyak penderita depresi juga mengalami insomnia. Berpindah tempat tidur akan bisa membantu. Anda juga bisa mengurangi insomnia dengan bangun pada waktu yang sama setiap hari, tidak pernah tidur siang selama lebih dari 20 menit, menghindari kafein setelah jam 3 sore, dan bersantai selama satu jam sebelum tidur.

  • Jangan menyalahkan diri sendiri

Jangan mempersulit diri sendiri. Jika Anda melakukan kesalahan, jangan menyalahkan diri sendiri. Jika Anda gagal, jangan menyalahkan diri sendiri, tapi katakan dalam hati bahwa saya telah melakukan yang terbaik, dan mungkin kegagalan ini ada hikmahnya, atau mungkin kegagalan ini akan membuat saya lebih giat untuk selalu belajar.

  • Istirahat dari rutinitas harian Anda

Depresi kadang datang akibat rutinitas yang itu-itu saja, cobalah tinggalkan rutinitas Anda. Luangkan waktu libur kerja dan dengan keliling kota, pergi ke taman, dan lain-lain. Pergilah ke restoran untuk makan malam meski hari Selasa malam. Mengambil rute yang berbeda saat mengemudi untuk pergi ke tempat kerja, mengenakan sesuatu yang sama sekali bukan kesukaan Anda, atau ambil kamera Anda dan pergilah untuk memotret. Libur itu perlu untuk menenangkan suasana hati.

  • Olahraga

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan produksi dan pelepasan serotonin. Temukan program olahraga yang Anda sukai-mungkin salah satunya yakni kelas kebugaran yang dapat membakar kalori. Sementara latihan aerobik merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan serotonin, latihan menenangkan seperti yoga juga bermanfaat. Atau rekreasi outdoor, seperti mendaki gunung, atau bersepeda. Biarkan kombinasi alam dan aktivitas fisik bekerja untuk memperbaiki mood Anda.

Demikianlah 15 Cara mengatasi depresi secara alami, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
15 Cara mengatasi depresi secara alami Post in | Last updated: January 8th, 2018 | 318 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *