Manfaat Teratai
Manfaat Teratai

18 Manfaat Teratai

Seperti halnya pisang dan kelapa, teratai merupakan tanaman serbaguna yang dapat dimanfaatkan semua bagiannya, termasuk akar, batang, daun, dan bunganya. Dalam dunia kuliner, akar teratai sering dijadikan bahan masakan tumis, sup, maupun salad. Batang dan akar teratai memiliki rongga-rongga udara untuk membawa oksigen agar akarnya yang terendam air tetap dapat bernafas.

Kandungan Gizi dan Manfaat Akar Teratai

  1. Umbi teratai memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi.
  2. Umbi teratai dipercaya dapat mengobati diare. Caranya ialah dengan merebusnya atau memendamnya dengan abu panas. Cara ini menyebabkan rasa manis umbi teratai lebih terasa.
  3. Air rebusan akar teratai berkhasiat melancarkan buang air kecil, mengobati disentri, dan mengatasi gangguan lambung, mengobati sariawan, menguatkan gigi, bahkan meningkatkan kerja jantung.
  4. Umbi teratai juga berkhasiat menghangatkan tubuh dan menghilangkan memar.

Kandungan Gizi dan Manfaat Daun Teratai

  1. Daun teratai mengandung vitamin C, vitamin B, dan vitamin B2 yang cukup tinggi.
  2. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa daun teratai juga bisa digunakan untuk membungkus makanan sama seperti daun pisang.
  3. Daun teratai juga berguna untuk menyembuhkan luka, memar, bisul, dan melancarkan peredaran darah.
  4. Daun teratai dapat menstimulasi pori-pori kulit agar lebih terbuka sehingga keringat lebih mudah keluar. Karena hal ini, daun teratai dipercaya dapat menurunkan suhu badan. Cara yang paling mudah ialah dengan merebus 100gr daun teratai bersama 50gr alang-alang dan 500cc air bersih. Sisakan hingga setengahnya. Saring lalu minum airnya.
Manfaat Teratai
Manfaat Teratai

Manfaat Lain dari Teratai

  1. Lendir dari irisan tangkai teratai dipercaya dapat megobati diare dan kejang.
  2. Biji teratai dipercaya dapat mengobati berak berdarah. Oleh masyarakat China, biji ini diolah menjadi bubur dengan cara dicampur dengan gula batu. Sedangkan di India, biji ini diubah menjadi tepung.
  3. Bunga teratai yang kaya akan zat besi dapat digunakan untuk mengobati mimisan. Caranya ialah dengan membuat jus dari bunga teratai.
  4. Biji teratai bermanfaat untuk menghilangkan insomnia (susah tidur). Caranya, rendam 12 gram biji teratai selama 30 menit. Lalu, rebus dengan 3 gelas air. Sisakan hingga satu gelas saja. Minum airnya dan makan bijinya.
  5. Menyehatkan mata karena mengandung banyak betakaroten.
  6. Kandungan serat yang tinggi dalam biji teratai bermanfaat untuk menjaga berat badan dan menyehatkan pencernaan.

Sekian artikel saya mengenai 18 Manfaat Teratai. Semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- akar teratai untuk obat sariawan, - batang dan daun teratai dimanfaatkan untuk membuat, - daun dan batang teratai dimanfaatkan manusia untuk bahan, - daun dan batang teratai dimanfaatkan untuk

data-ad-format="link">
18 Manfaat Teratai Post in | Last updated: September 3rd, 2017 | 157 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *