9 Tips Desain Kamar Mandi Minimalis Ukuran 2×3

By | August 18, 2020
Kamar Mandi Minimalis

Setiap orang tentunya ingin memiliki kamar mandi yang cukup luas dan nyaman. Namun, bagaimana jika memiliki ruang kamar mandi yang terbatas, yakni hanya sekitar 2×3 meter persegi saja? Memang tidaklah mudah membuat desain kamar mandi minimalis ukuran 2×3. Dengan ukurannya yang cukup kecil sehingga membutuhkan perhatian khusus saat membuatnya.

Dalam hal ini, dibutuhkan kreativitas untuk membuat perabotan serta fungsi dari kamar mandi tersebut. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba memberikan informasi tentang 9 tips desain kamar mandi minimalis 2×3 sebagai berikut:

Tips Desain Kamar Mandi Minimalis Ukuran 2×3

Desain Kamar Mandi Minimalis 2×3 Dengan Wastafel Sudut

Untuk kamar mandi dengan ukuran terbatas, selain memilih wastafel berukuran kecil, anda juga disarankan untuk menggunakan wastafel di sudut kamar mandi. Dimana, anda bisa menempatkan wastafel sudut di seberang kloset. Peletakan ini bertujuan untuk memudahkan anda saat menggunakan kamar mandi dan saat membuka serta menutup kamat mandi.

Gunakan Tirai Di Bagian Shower

Perlu diketahui bahwa penggunaan pembatas seperti kaca di bagian shower bisa membuat ruangan kamar mandi menjadi semakin sempit serta ruang gerak semakin terbatas. Nah, untuk menyiasatinya anda bisa menggunakan tirai di bagian shower. Karena tirai ini bisa dibuka saat tidak digunakan, sehingga bisa memudahkan anda bergerak di kamar mandi. Selain itu, anda juga bisa merancang bagian shower tanpa tirai, namun hal ini bisa membuat lanttai kamar mandi menjadi lebih mudah basah.

Desain Kamar Mandi Minimalis 2×3 Dengan Lemari Penyimpanan Di Dinding

Tips desain kamar mandi minimalis selanjutnya adalah dengan menempatkan lemari penyimpanan di dinding bagian atas. Tentunya hal ini bisa menghemat penggunaan ruang dan membuat ruang yang sempit menjadi lebih luas.

Desain Kamar Mandi Minimalis 2×3 Dengan Cermin

Perlu diketahui bahwa cermin merupakan elemen yang sangat penting di dalam ruangan yang sempit. Hal ini dikarenakan cermin bisa memberikan kesan ruang yang lebih luas. Bukan hanya itu, cermin juga bisa berfungsi untuk pengguna kamar mandi. Jadi, tidak ada salahnya jika anda tempatkan cermin di ruangan kamar mandi anda.

Gunakan Warna Netral dan Cerah

Pada kamar mandi dengan ukuran 2×3, sangat disarankan untuk menggunakan warna-warna yang netral dan cerah. Seperti warna kuning, putih, dank rem. Dan hindari warna gelap seperti hitam atau biru tua karena hanya akan membuat ruangan kamar mandi menjadi terasa lebih sempit, pengap dan suram.

Pilih Perabotan Berukuran Kecil

Pada umumnya ruangan kamar mandi berukuran 2×3 akan membentuk ruangan lorong maupun memanjang. Tentunya ukuran ruang kamar mandi ini sangat terbatas. Nah, untuk menyiasatinya anda dapat memilih perabotan berukuran kecil untuk digunakan di kamar mandi tersebut. Yang mana, anda bisa menggunakan kloset, tempat sampah dan wastafel yang berukuran kecil. Dengan demikian, kamar mandi kecil tersebut tidak terasa sesak oleh barang dan terasa nyaman saat digunakan.

Gunakan Perabotan Multifungsi

Selain memperhatikan penataan barang, anda juga harus menggunakan perabotan multifungsi dan mampu memanfaatkan area tersisa di dalam kamar mandi yang sempit. Contohnya area yang tersisa di bawah wastafel bisa dimanfaatkan menjadi rak penyimpanan peratan mandi atau sebagai tempat penyimpanan handuk.

Keran Dinding

Tips desain kamar mandi minimalis lainnya adalah dengan memasang keran yang terpasang di dinding. Karena memasang keran di dinding dengan wastafel berukuran kecil sangat cocok untuk digunakan di kamar mandi berukuran kecil.

Pencahayaan Desain Kamar Mandi Minimalis 2×3

Dalam hal ini, pastikan kamar mandi memiliki ventilasi serta pencahayaan alami yang baik pada siang hari. Sedangkan untuk malam hari, guna lampu yang cerah sehingga ruangan tidak lembab, pengan, dan suram.