3 Hormon ini Membuat Anda Lapar

3 Hormon ini Membuat Anda Lapar – Hormon jenis tertentu dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Bahkan diungkap pula hormon seseorang yang mengatur rasa lapar. Apa saja itu?

Berikut ini tiga jenis hormon penting yang harus dikelola dengan baik agar terhindar dari obesitas, seperti dikutip Foxnews, Jumat (2/1/2015).

3 Hormon ini Membuat Anda Lapar

Ghrelin

Hormon ghrelin adalah hormon yang membuat Anda terasa lapar. Jika melewatkan waktu makan, kadar ghrelin akan meningkat sehingga menimbulkan rasa lapar menyiksa. Untuk menjaga kualitas hormon tersebut, Anda tidak disarankan untuk melewatkan sarapan pagi. Karena tubuh Anda membutuhkan bahan bakar untuk beraktivitas.

Leptin

Leptin adalah salah satu hormon yang dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Biasanya hormon tersebut mengatur nafsu makan dalam diri, seperti kapan Anda harus melahap makanan sampai akhirnya kenyang.

Untuk meningkatkan hormon leptin dan meningkatkan sensitivitas terhadap hormon ini, disarankan untuk menyantap makanan yang kaya asam lemak omega 3 dan meningkatkan asupan makanan yang mengandung asam eicosapentaenoic (EPA), yang telah terbukti untuk merangsang produksi leptin, misalnya salmon, makarel dan sarden.

3 Hormon ini Membuat Anda Lapar

3 Hormon ini Membuat Anda Lapar (ILustrasi/Shutterstock)

 

Kortisol

Dalam diri manusia, kortisol sangat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang. Biasanya hormon ini berpengaruh di kala Anda stres. Kortisol mendorong tubuh Anda untuk berpegang pada visceral fat. Selain itu juga, mendorong Anda untuk melahap makanan manis dan asin tanpa batas untuk memadamkan rasa ketegangan. (Okezone)

Demikianlah artikel mengenai 3 Hormon ini Membuat Anda Lapar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*