Permasalahan Metabolisme dan Penanggulangannya

By | December 12, 2016
Makalah gangguan metabolisme

Proses metabolisme dalam tubuh kita teramat penting, karena mengendalikan proses transformasi makanan menjadi energi yang kita butuhkan untuk bertahan hidup, sekalipun kita sedang istirahat tidak melakukan apapun. Beberapa gejala penanda rendahnya kelancaran metabolisme yakni:

  1. Rentan mengalami penumpukan kolesterol darah
  2. Kelemahan pada jaringan otot
  3. Permasalahan kulit kering
  4. Masalah reproduksi, utamanya berkaitan dengan menstruasi pada wanita
  5. Muncul kebengkakan atau juga obesitas
  6. Seringnya muncul keluhan kurang bersemangat atau bertenaga saat aktifitas
  7. Rentan terhadap permasalahan yang mengarah pada depresi dan seterusnya.

Maka dari itu, kali ini mari langsung saja disimak beberapa daftar makanan alami yang sangat ampuh, terbukti dapat dengan efektif meningkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh kita:

  1. Lemon

Lemon sangat kaya akan antioksidan dan terbukti efektif dalam membantu memaksimalkan kerja liver membuang racun dan juga bagus untuk membersihkan saluran cerna. Cara aplikasinya cukup dengan meminum campuran segelas air hangat, ditambah air perasan sejumlah setengah dari buah lemon pada pagi hari sebelum sarapan secara rutin.

Makalah gangguan metabolisme

Makalah gangguan metabolisme (Ilustrasi/pixabay)

2. Teh hijau

Kandungan antioksidan tinggi dalam unsur kafein dan katekin juga polifenol dalam teh hijau sangat bagus untuk melancarkan proses metabolisme tubuh. Di samping itu, teh hijau berkhasiat juga untuk menjaga berat badan tetap ideal. Menyeduh dan meminum teh hijau setiap hari secara rutin disarankan untuk memperbaiki kinerja sistem tubuh anda, dan juga terbukti bagus untuk membuat mood anda menjadi lebih berenergi dalam menjalani hari.

3. Cabai rawit

Rajin menambahkan bumbu cabai pada masakan juga berfungsi baik untuk meningkatkan metabolisme, membantu lebih maksimal dalam pembakaran lemak tubuh dan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini tentunya tak terlepas dari kandungan capsaicin melimpah di dalamnya.

4. Jeruk Bali

Jeruk Bali memiliki kandungan kaya vitamin C dan juga antioksidan tinggi dari jenis flavonoid, yang sangat bagus dan efektif meningkatkan kinerja sistem metabolisme. Di samping itu, jeruk ini juga bagus untuk membantu mengontrol berat badan, dan ternyata juga jeruk Bali mampu membantu memaksimalkan kinerja dari insulin, sehingga kadar gula dalam darah dapat dipertahankan dalam jumlah normal. Hal ini dapat sangat bermanfaat utamanya bagi penderita dengan riwayat diabetes, untuk memperbaiki kinerja sistem tubuh yang biasa terganggu dengan penumpukan jumlah gula darah. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *