Mempercepat dan meningkatkan metabolisme tubuh
Mempercepat dan meningkatkan metabolisme tubuh (Ilustrasi/pixabay)

5 Tips mempercepat dan meningkatkan metabolisme tubuh

Infosehatkeluarga.com | 5 Tips mempercepat dan meningkatkan metabolisme tubuh – Metabolisme merupakan sebuah proses kimiawi yang terjadi pada tubuh seluruh makhluk hidup. Sederhananya metabolisme merupakan fungsi penting untuk perubahan, mengubah makanan menjadi energi kita untuk bisa bekerja, memperbaiki kerusakan, menyembuhkan, dan membersihkan racun dalam tubuh, termasuk membakar lemak membandel di tubuh.

Mempercepat dan meningkatkan metabolisme tubuh
Mempercepat dan meningkatkan metabolisme tubuh (Ilustrasi/pixabay)

Meningkatkan dan mempercepat metabolisme berarti mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh kita. Jika metabolisme tubuh baik, kita akan lebih fit, segar, dan berat badan terkontrol. Penampilan kita menjadi segar, menarik, demikian juga pikiran menjadi sehat.

  1. Olahraga teratur

Aktivitas fisik yang teratur akan membantu Anda mempercepat metabolisme tubuh dan menjaga metabolisme Anda tetap pada tahap tersebut, meskipun Anda telah selesai berolahraga. Namun, waktu kerja dan aktivitas lainnya yang padat, mungkin membuat kita tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga. Anda tidak perlu khawatir, ada cara mudah untuk menggabungkan olahraga Anda ke dalam aktivitas sehari-hari, seperti dengan berjalan kaki ke toko dekat rumah Anda untuk berbelanja, bersepeda ke kantor atau sekolah, bisa juga dengan memilih menaiki tangga daripada menggunakan elevator atau escalator, atau menari-nari sedikit ketika membersihkan rumah ataupun bekerja di kantor. Selalu maksimalkan gerakan tubuh Anda meskipun hanya melakukan aktivitas sederhana.

[Baca juga: 10 Tips Menjaga Metabolisme Tubuh]

  1. Tidur yang cukup

Riset menunjukkan bahwa kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas berdampak negatif pada metabolisme tubuh kita. Pastikan Anda tidur 8 jam tiap malamnya. Jangan lupa tidur Anda juga harus berkualitas, jadi jauhkan handphone sebelum tidur, minum segelas air putih atau susu coklat, matikan lampu agar ruangan gelap atau remang-remang, dan jauhkan semua gangguan suara. Tidur dalam waktu yang konsisten setiap malam dan bangun di jam yang sama setiap pagi juga menambah kualitas tidur Anda.

  1. Minum air putih

Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih bermanfaat bagi kita semua. Minum 500ml air dapat mempercepat metabolisme sampai setengah jam. Cobalah meminum segelas air sebelum dan sesudah makan. Minimal minumlah 2L air per hari. Agar selalu ingat meminum air putih bawalah botol minum ke manapun Anda pergi.

  1. Makan dalam porsi kecil

Cobalah untuk makan dalam porsi kecil setiap 2-3 jam dari bangun tidur. Meskipun hanya potongan kecil buah, makan dalam porsi kecil akan mencegah badan Anda memberi respon lapar, dengan demikian Anda dapat mengurangi kalori masuk dengan tetap merasa kenyang. Metabolisme akan bekerja seakan-akan Anda sudah makan, padahal yang dipakai ialah cadangan lemak tubuh Anda.

  1. Teh hijau

Minum teh hijau pada pagi hari akan menaikkan metabolisme dan mempercepat oksidasi pada lemak jahat. Teh hijau juga mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit termasuk keriput.

Demikianlah tips-tips mempercepat metabolisme tubuh kita, pastikan tubuh Anda tetap sehat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- metabolisme botol putih, - bangun malam meningkatkan metabolisme, - mempercepat oksidasi tubuh, - metabolis putih, - obat spotik peningkat metabolisme, - tidur teratur mempercepat metabolisme

data-ad-format="link">
5 Tips mempercepat dan meningkatkan metabolisme tubuh Post in | Last updated: January 22nd, 2018 | 160 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *