Gejala penyakit paru paru
Gejala penyakit paru paru (Ilustrasi/pixabay)

3 Tanda Ada Masalah Pada Organ Paru-Paru

Kita semua pasti tahu bahwa paru-paru merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Jika organ ini mengalami gangguan, bisa saja menjadi hal yang fatal. Lebih baik kenali tanda-tandanya dari sekarang, sehingga risiko terjadinya hal-hal yang membahayakan nyawa dapat dihindari. Berikut inilah 3 tanda adanya masalah kesehatan dalam paru-paru:

  1. Batuk kronis

Batuk kronis yang tak juga sembuh sampai lebih dari tiga minggu perlu anda waspadai. Jika batuk tak juga sembuh meski telah diobati, itu bisa menjadi tanda sedang ada masalah di paru-paru. Batuk ini juga dapat disertai dengan rasa nyeri pada bagian dada yang akan menjalar hingga ke bahu.

Selain batuk yang tak kunjung sembuh, anda juga patut waspada jika mengalami batuk disertai keluarnya darah dari mulut. Batuk yang diakhiri dahak berdarah ini biasanya terjadi akibat infeksi, seperti: bronchitis, TBC, dan lain-lain.

  1. Sesak napas

Sesak napas juga menjadi tanda adanya permasalahan di organ paru-paru. Sesak napas umumnya terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh arteri. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sesak saat bernapas. Dari mulai karena anemia atau kekurangan darah, terjadi infeksi di saluran pernapasan, sampai adanya tumor pada paru-paru yang menghalangi jalannya oksigen untuk masuk dapat menjadi penyebab dari sesak napas. Sebaiknya segera periksakan ke dokter, jika anda sering mengalami sesak di dada ketika mengambil napas.

  1. Sulit menelan

Selain batuk kronis dan sesak napas, tanda yang perlu anda perhatikan berikutnya ialah kesulitan menelan makanan atau yang dalam istilah medis disebut disfagia. Ada banyak penyebab seseorang mengalami disfagia, salah satunya karena mengalami gangguan pernapasan, seperti: menderita penyakit paru obstruktif kronik. Bila anda mengalami sulit menelan yang tak juga sembuh hingga berminggu-minggu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan.
segar.

Nah, itulah 3 tanda yang perlu anda perhatikan karena bisa menjadi gejala adanya permasalahan serius di organ paru-paru. Semoga infomasi ini bermanfaat ya, dan jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, apabila mendapatkan tanda-tanda tersebut.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- sembuh dari disfagia

data-ad-format="link">
3 Tanda Ada Masalah Pada Organ Paru-Paru Post in | Last updated: June 7th, 2018 | 133 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *