Bahaya tidur dalam keadaan lampu menyala
Bahaya tidur dalam keadaan lampu menyala (Ilustrasi/pixabay)

4 Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Tidur merupakan kebutuhan bagi setiap orang untuk mengistirahatkan tubuh di malam hari. Ketika tidur tentunya setiap orang memiliki kebiasaannya masing-masing. Termasuk ada seseorang yang lebih suka tidur dengan cahaya lampu dan ada pula yang lebih suka gelap. Tapi tahukah anda? Kalau tidur dengan lampu menyala ternyata tidak baik untuk kesehatan. Nah, berikut ini bahaya yang perlu anda waspadai kalau terus membiasakan diri tidak mematikan lampu ketika tidur:

Bahaya tidur dalam keadaan lampu menyala

1. Menghambat hormon melatonin

Tidur dengan lampu menyala ternyata dapat menghambat produksi hormon melatonin. Hormon melatonin ini berfungsi untuk mencegah perkembangan sel kanker di tubuh. Karena itulah mematikan lampu saat tidur dianjurkan agar tidur menjadi lebih pulas dan meningkatnya produksi hormon melatonin dalam tubuh.

Bahaya tidur dalam keadaan lampu menyala
Bahaya tidur dalam keadaan lampu menyala (Ilustrasi/pixabay)

2. Berisiko kanker

Bagi para wanita, tidur dengan lampu menyala bisa sangat berbahaya jika terus dibiasakan. Cahaya lampu pada saat anda tidur malam hari dapat memicu tumbuhnya kanker payu***a serta kanker usus besar. Sebaiknya para ibu dan remaja putri mulai membisakan diri tidur tanpa terang lampu untuk menghindari risiko lebih besar terkena kanker.

3. Gangguan sistem metabolisme

Tidur dengan lampu menyala juga tidak baik bagi keseimbangan metabolisme tubuh. Jika proses metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik, akan berefek pada menurunnya sistem imunitas tubuh sehingga rentan terkena berbagai penyakit. Efek lainnya ialah tubuh akan mudah lelah dan menurunnya konsentrasi.

4. Meningkatkan depresi

Sebuah penelitian mengungkapkan tidur dengan lampu menyala dapat meningkatkan depresi seseorang. Beban pikiran yang ada pada setiap orang kurang dapat terlepas jika tidur dalam keadaan lampu yang masih menyala terang. Hal tersebut akan mengganggu kualitas tidur dan membuat seseorang rentan mengalami depresi. Jika seseorang terkena depresi pastinya bukan cuma kondisi kejiwaan saja yang terganggu, tapi tubuh juga akan mudah sakit karena pikiran yang rumit.

Nah, itulah 4 bahaya tidur di malam hari dengan lampu yang tetap menyala. Mulai sekarang biasakan untuk mematikan lampu sebelum tidur sehingga kuliatas tidur pun dapat terjaga. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat tubuh lebih sehat dan segar saat bangun di pagi hari.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- 4 bahaya tidur lampu menyala, - bahaya tidur dalam keadaan lampu menyala, - bahaya tidur lampu menyala facebook, - mengapa bahaya tidur dengan lampu menyala meningkatkan depresi

data-ad-format="link">
4 Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 28 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *