Jenis gangguan tidur
Jenis gangguan tidur (Ilustrasi/pixabay)

4 Gangguan Tidur Paling Sering dialami

Apakah saat ini anda sedang mengalami masalah tidur? Gangguan tidur bisa saja dialami karena pola tidur yang tidak sehat. Gangguan tersebut bahkan ada yang menakutkan, sampai membuat seseorang tidak dapat bangun lagi. Inilah 4 gangguan tidur paling sering dialami dan perlu sesegera mungkin diatasi:

  1. Insomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur berupa kesulitan tidur pada malam hari, sehingga mengakibatkan penderitanya menjadi letih sepanjang hari karena kurang istirahat. Insomnia ini memiliki 3 jenis, yaitu: sulit tidur, terbangun pada tengah malam, dan selalu bangun lebih cepat dari yang diinginkan. Apabila anda mengalami sulit tidur selama 10 hari berturut-turut, itu berarti anda sedang menderita insomnia.

Jenis gangguan tidur
Jenis gangguan tidur (Ilustrasi/pixabay)
  1. Tidur apnea

Tidur apnea (Sleep apnea) adalah gangguan tidur berupa berhentinya napas ketika tidur. Seseorang yang menderita sleep apnea bisa berhenti bernapas selama beberapa puluh detik sampai satu menit, yang terjadi berulang kali dalam semalam atau sekitar 20 – 30 kali dalam satu jam dan akan terdengar dengkuran keras apabila penderita sudah mulai bernapas kembali. Tidur apnea merupakan gangguan tidur yang tak dapat diremehkan karena dapat memicu depresi, penyakit jantung, bahkan kematian mendadak.

  1. Narkolepsi

Narkolepsi membuat penderita akan mengalami rasa kantuk luar biasa. Serangan kantuk itu bisa datang tiba-tiba di saat yang tidak tepat, seperti: saat sedang memimpin rapat, menyetir, marah, takut, dan lain-lain. Secara garis besar, narkolepsi adalah sebuah gangguan tidur yang membuat penderita sulit mempertahankan keadaan sadar sehingga membuatnya sering mengantuk. Dengan beristirahat selama 15 menit, penderita narkolepsi akan segar kembali, namun selang beberapa waktu rasa kantuk akan datang lagi.

  1. Paralis tidur

Paralis tidur (Sleep paralysis) atau biasa juga disebut gangguan tidur tindihan merupakan gangguan tidur yang sering dihubungkan dengan mitos adanya gangguan dari makhluk halus ketika tidur. Berdasarkan ilmu medis, paralis tidur merupakan keadaan dimana seseorang sedang tidur dan akan terbangun namun sulit bergerak, terasa sesak, tercekik, bahkan tidak bisa berbicara, dan seolah-olah tubuh mengalami kelumpuhan total.

Nah, itulah 4 gangguan tidur paling sering dialami. Apabila anda sering mengalami salah satu dari 4 hal tersebut, segera cari solusinya agar tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan berkualitas.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- gangguan tidur yang paling sering dialami

data-ad-format="link">
4 Gangguan Tidur Paling Sering dialami Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 85 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *