4 Makanan yang Tetap Boleh dikonsumsi Malam Hari Saat Diet

By | January 5, 2017
Makanan yang cocok untuk malam hari

Makan setelah jam 8 malam sering dihindari seseorang yang sedang menerapkan program diet. Kebanyakan mereka berpikir bahwa mengonsumsi makanan di malam hari akan membuat berat badan meningkat. Padahal memutuskan untuk tidak makan di malam hari seringnya akan menyiksa diri sendiri. Rasa lapar tersebut juga bisa membuat anda justru tidak dapat tidur dengan nyenyak. Nah, untuk anda para pejuang diet, tetap boleh kok mengonsumsi 4 makanan ini di malam hari:

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan rendah kalori, namun kaya akan serat serta nutrisi. Salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak manfaat ialah kacang almond. Mengonsumsi kacang almond di malam hari tidak akan membuat anda gemuk, justru lemak sehat monounsaturated fat akan mencegah dari risiko serangan jantung dan mengatur kadar kolesterol. Selain itu, kacang almond juga mengandung vitamin E yang bagus untuk kulit. Tak hanya kacang almond saja, kacang-kacangan seperti: kacang mete, kacang brazil, dan lainnya juga boleh anda konsumsi di malam hari.

Makanan yang cocok untuk malam hari

Makanan yang cocok untuk malam hari (Ilustrasi/pixabay)

  1. Oatmeal

Makanan berikutnya yang boleh dikonsumsi untuk anda yang sedang berdiet ialah oatmeal. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan mengonsumsi olahan gandum ini sebelum tidur karena oatmeal mampu mengoptimalkan kadar triptophan yang berguna untuk pertumbuhan tubuh serta dapat meningkatkan produksi serotonin, yaitu zat yang akan membuat tidur anda lebih pulas. Selain oatmeal ini, nasi merah juga bagus untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang diet.

  1. Sayuran

Tak perlu diragukan lagi, sayuran merupakan makanan sehat yang kaya gizi. Selain mengandung banyak zat yang bagus untuk tubuh, sayuran juga memiliki kandungan air yang dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini tak boleh dibiarkan karena dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dan berdampak pula pada diet yang anda lakukan. Mengonsumsi sayuran, seperti: wortel, brokoli, dan lain-lain yang telah direbus selain mengenyangkan juga akan memberikan asupan gizi yang baik untuk tubuh.

  1. Buah-buahan

Selain sayuran, anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan di malam hari. Buah-buahan yang memiliki banyak nutrisi, seperti: pepaya, apel, dan sebagainya dapat membantu menurunkan berat badan menjadi ideal sekaligus menjaga kesehatan sistem pencernaan karena banyak mengandung serat. Jika anda sering mengalami insomnia pada malam hari, anda bisa mengonsumsi buah ceri karena menjadi sumber melatonin yang bisa mengatasi masalah insomnia.

Nah, itulah 4 makanan yang masih boleh dikonsumsi meskipun telah lewat jam 8 malam. Semoga diet anda berhasil ya.

Avatar
Author: Ritsa Mahyasari - JV

Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *