4 Manfaat Daun Sirsak Penawar Berbagai Penyakit dan Cara mengolahnya

Saat mengatakan sirsak maka yang tergambar dalam benak kita ialah buah segar manis dan sedikit asam. Ternyata tak hanya buahnya yang mempunyai manfaat bagi dunia kesehatan, daun sirsakpun memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit bahkan penyakit seperti kanker sekalipun. Berikut akan diulas mengenai beberapa manfaat dan cara mengolah daun sirsak menjadi obat. Diantaranya ialah sebagai berikut:

Manfaat daun sirsak

Manfaat daun sirsak (Foto: Wikipedia)

1. Daun sirsak Mencegah dan Mengobati Kanker

“Kanker” merupakan penyakit yang dianggap mematikan dan menakutkan bagi siapapun. Kanker ini sendiri sebenarnya tidak sekonyong-konyong menjangkit dalam diri seseorang. Pasti ada beberapa kebiasaan dari penderita yang menyebabkan kanker. Hal ini bisa disebabkan oleh kesalahan pola makan maupun kebiasaan tidak sehat lainnya. Kecendrungan masyarakat metropolitan yang terbiasa dengan makanan cepat saji dan pola hidup tidak sehat juga dapat memberikan kontribusi besar pada bakteri dan virus masuk ke tubuh secara mudah. Sehingga penyakit seperti kanker juga berkembang pesat tanpa disadari. Beberapa jenis penyakit seperti kanker payudara, kista, Miom dan lain sebagainya sangat rentan terjangkit pada kaum hawa. Kemoterapi dan operasi merupakan tindakan yang biasanya dijalani oleh penderita kanker padahal pada saat menjalani kemoterapi pasti menimbulkan efek samping yang tidak ringan bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan baru.

Selain hal tersebut ternyata daun sirsak juga dapat menyembuhkan kanker. Senyawa seperti Anopentosin A, Anopentosin B, Anopentosin C, Murikatosin Acetoginin A, Murikatosin B dalam daun sirsak ampuh membasmi sel-sel kanker. Selain alami, tanpa efek samping, murah, dan mudah diolah, berikut cara mengolahnya :

Bahan

  • 10 lembar daun sirsak yang masih segar
  • 500 cc / 2 Gelas Air Bersih

Cara Mengolah:

Cuci daun sirsak lalu rebus dengan 500cc/ atau setara dengan 2 gelas air bersih. Tunggu sampai airnya menjadi setengahnya atau setara dengan 1 gelas. Minum selagi hangat satu hari 2x yaitu pagi dan malam selama satu bulan atau sampai sembuh. Kesembuhan pada masing-masing orang sangat bervariatif sesuai dengan beratnya penyakit.

2. Daun sirsak Mengobati Rematik

Rematik secara sederhana adalah “Peradangan kronis” yang terjadi pada sendi disertai dengan rasa nyeri di bagian tulang dan otot. Sebagian besar penderita rematik berusia di atas 60 tahun. Penyakit ini memang nampak sepele namun sangat menganggu aktivitas secara keseluruhan. Minum obat berbahan kimia mungkin dapat membantu meringankan nyeri sendi namun efek yang ditimbulkan juga tak kalah banyak. Daun sirsak dapat mengobati rematik dengan cara sebagai berikut :

Bahan : 10 Lembar daun sirsak

Cara mengolah : Tumbuk daun sirsak sampai halus lalu tempelkan ke bagian tubuh yang nyeri. Lakukan secara rutin sampai terasa membaik

3. Mengobati Bisul dengan daun sirsak

Bisul merupakan benjolan yang berisi nanah dan darah. Hal ini disebabkan oleh bakteri dan jamur. Bisul bukan suatu penyakit yang mematikan, namun penyakit ini dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang dan menganggu aktivitas. Terlebih jika bisul tumbuh di tempat yang mudah terlihat, hal ini tentu akan sangat menganggu. Daun sirsak bisa dijadikan obat mujarab untuk bisul.

Cara mengolahnya cukup dengan menempelkankan daun sirsak ke bagian tubuh yang di tumbuhi bisul sehari 2x hingga bisul mengering.

4. Daun sirsak untuk mengobati Diabetes

Diabetes adalah suatu penyakit dimana pankreas tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) sehingga pembuluh darah yang terhubung ke organ tubuh bermasalah dan terjadilah komplikasi seperti stroke, im*po*ten, kebutaan dan lain sebagainya. Selain mengatur pola makan dan pola hidup sehat secara teratur ada baiknya anda juga mengonsumsi rebusan daun sirsak. Ekstrak daun sirsak dapat memperbaiki fungsi sel beta pangkreas dalam memproduksi insulin. Caranya sama seperti anda mengolah daun sirsak pada penyakit kanker/kista.

Atau bisa juga dengan cara :

Keringkan/ Jemur 10 lembar daun sirsak lalu diblender. Setelah menjadi bubuk seduh dengan air hangat seperti membuat teh. Untuk memberikan rasa maka anda dapat menambahkan madu murni.

Banyak manfaat lain dari daun sirsak, namun perlu diketahui juga bahwa anda harus tetap mengonsultasikan juga masalah kesehatan anda sebelum dan setelah mengomsumsi air rebusan daun sirsak. Karena kondisi manusia berbeda-beda maka bisa saja efek yang dirasa berbeda. Sifat dari daun sirsak ini mengeluarkan racun melalui cairan seperti keringat dan air seni maka sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih selama proses terapi menggunakan air rebusan daun sirsak untuk menghindari dehidrasi.

Peringatan : jangan minum air rebusan daun sirsak bersamaan dengan obat lain karena dapat menyebabkan keracunan dalam tubuh.

One Response to “4 Manfaat Daun Sirsak Penawar Berbagai Penyakit dan Cara mengolahnya”
  1. Avatar katon sumargi February 26, 2016

Leave a Reply

*