4 Manfaat Menakjubkan Si Hitam Arang

By | January 3, 2017
Manfaat arang

Di zaman modern sekarang ini, arang masih tetap digunakan untuk memasak secara tradisional. Proses pengasapan makanan akan menghasilkan cita rasa yang khas.

Selain digunakan untuk memasak, ternyata arang tak bisa disepelekan karena memiliki beragam manfaat, terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Nah, berikut inilah 4 manfaat menakjubkan arang yang jarang diketahui orang. Anda perlu tahu ya agar tak merugi.

  1. Memutihkan gigi

Kandungan alkali dalam arang memiliki sifat basa yang dapat membantu memutihkan dan membersihkan gigi. Caranya yaitu, haluskan arang lalu campur dengan pasta gigi. Setelah itu sudah dapat langsung digunakan untuk menyikat gigi seperti biasa. Anda pun boleh menggunakan arang saja tanpa campuran pasta gigi. Selain memutihkan gigi, arang juga berfungsi untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan berkumur menggunakan air arang, lalu berkumurlah kembali dengan air bersih.

Manfaat arang

Manfaat arang (Ilustrasi/pixabay)

  1. Masker wajah

Arang juga dapat dijadikan masker yang bagus untuk merawat kulit wajah. Bagi anda yang memiliki wajah cenderung berjerawat, masker campuran dari lidah buaya dan arang dapat anda buat dan aplikasikan di wajah untuk menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya. Caranya dengan mencampur lidah buaya dan serbuk arang. Lalu oleskan pada wajah dan tunggu sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air. Gunakan secar rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang mengagumkan.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian medis mengungkapkan bahwa mengosumsi arang dapat mengurangi kadar kolesterol sampai 25% dan mencegah terjadinya pengerasan jantung serta pembuluh darah koroner. Agar lebih praktis, anda dapat mengonsumsi tablet arang yang sudah banyak dijual di apotek.

  1. Lulur arang

Arang berguna untuk dijadikan lulur yang dapat menghilangkan bau badan. Caranya dengan menumbuk arang hingga menyerupai scrub. Kemudian gunakan serbuk arang tersebut ke seluruh tubuh seperti menggunakan lulur pada umumnya. Sebaiknya gunakan lulur arang sebelum mandi sehingga bisa segera dibilas air bersih setelahnya.

Itulah 4 manfaat dari arang yang sebelumnya hanya kita kenal untuk memanggang makanan. Sekarang tahu kan kalau arang punya banyak kegunaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *