4 Manfaat Penting Bunga Kol untuk Kesehatan Anda

By | September 26, 2016
Manfaat bunga kol bagi kesehatan

Sayuran bunga kol dapat anda temukan pada cap cay, sup, hingga oseng sayur. Bercampur dengan sayuran lain, bunga kol ini sering kali disertakan pada makanan dan menambah lezat masakan. Jika anda juga suka mengonsumsi sayuran ini, tahukah anda manfaat bunga kol untuk kesehatan tubuh selama ini? Nah, berikut inilah khasiat dari bunga kol yang perlu anda tahu:

  1. Mengurangi Nyeri Otot

Bagi anda yang sibuk seharian karena aktivitas padat tentu akan sering merasa kelelahan. Bunga kol yang memiliki kandungan vitamin K di dalamnya akan membuat anda jauh lebih kuat dan berenergi. Nyeri otot yang terjadi akibat banyaknya aktivitas juga akan berkurang dengan adanya vitamin K serta nutrisi penting lainnya yang ada pada bunga kol.

Manfaat bunga kol bagi kesehatan

Manfaat bunga kol bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

  1. Menjaga pencernaan

Kandungan seratnya yang tinggi membuat bunga kol bagus untuk dikonsumsi karena dapat membantu proses pencernaan makanan. Selain itu, senyawa glucoraphanin yang ada di dalam sayuran tersebut dapat mencegah infeksi lambung. Oleh karena itu, mengonsumsi bunga kol tentunya akan membuat kesehatan organ-organ di perut lebih terjaga.

  1. Menjaga kesehatan janin

Bagi ibu hamil, mengonsumsi bunga kol akan membuat kondisi kesehatan janin terjaga. Kandungan folat yang ada pada sayuran ini akan memberikan efek positif untuk perkembangan janin selama di dalam kandungan. Jadi, untuk anda para ibu hamil, jangan lupa mengonsumsi sayur-sayuran terutama bunga kol demi kesehatan calon bayi di dalam rahim.

  1. Mencegah risiko serangan jantung

Bunga kol memiliki zat allicin yang ampuh untuk mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Berbagai nutrisi yang ada dalam sayuran yang enak dimasak ini juga mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, rutin mengonsmsi bunga kol juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang telah diketahui menjadi salah satu faktor pemicu serangan jantung.

Nah, itulah 4 Manfaat yang akan anda peroleh jika mengonsumsi sayuran bunga kol. Mengonsumsi sayur-sayuran secara rutin memang sangat disarankan agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup. Setelah mengetahui manfaat yang ada pada bunga kol ini, tak ada salahnya anda menambahkan sayuran ini pada menu masakan anda. Jadi bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Avatar
Author: Ritsa Mahyasari - JV

Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

2 thoughts on “4 Manfaat Penting Bunga Kol untuk Kesehatan Anda

    1. AvatarRitsa Mahyasari

      memasak sayuran bunga kol ini sebaiknya sebentar saja, karena bunga kol yang terlalu matang akan berubah warna kehitaman dan banyak kehilangan kandungan vitamin C serta nutrisi lainnya. untuk cara memasaknya, akan lebih bagus dengan cara dikukus. semoga jawaban ini dapat membantu ya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *