Tanda awal kolesterol tinggi
Tanda awal kolesterol tinggi (Ilustrasi/pixabay)

4 Tanda Penyakit Kolesterol Sudah Mengintai Anda di Usia Muda

Kolesterol merupakan penyakit yang patut untuk diwaspadai karena dapat memicu penyakit lainnya yang berbahaya seperti serangan jantung. Mungkin buat anda yang masih berusia muda tidak pernah memikirkan penyakit kolesterol dapat menjadi ancaman bagi kesehatan anda. Jika anda beranggapan bahwa kolesterol merupakan penyakit yang hanya akan diderita oleh orang lanjut usia, sebaiknya pastikan dulu 4 tanda ini tak ada pada anda:

  1. Sering sakit kepala

Jika anda sering mengalami pusing di bagian belakang kepala dan tak kunjung sembuh, hati-hati karena itu dapat menjadi tanda tingginya kolesterol dalam tubuh. Timbulnya gejala ini karena plak yang terbentuk oleh kolesterol sehingga membuat pembuluh darah tersumbat di sekitar kepala. Sakit kepala akan sering terjadi pada orang yang memiliki kolesterol tinggi disertai masalah kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi.

Tanda awal kolesterol tinggi
Tanda awal kolesterol tinggi (Ilustrasi/pixabay)
  1. Pandangan mata kabur dan telinga berdengung

Tingginya kolesterol juga akan menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah pada mata dan telinga sehingga menjadikan pandangan mata kabur dan telinga berdengung. Pembuluh darah di mata akan terhambat kinerjanya yang membuat pandangan mata menjadi kabur, sedangkan pembuluh darah yang berada di dekat telinga tengah akan kehilangan elastisitas sehingga aliran darah akan terdengar yang menghasilkan bunyi seperti berdengung.

  1. Kesemutan pada bagian kaki dan tangan

Kesemutan merupakan keadaan saat sistem saraf tubuh mengirimkan sinyal adanya masalah ke otak. Selain itu, kesemutan juga dapat disebabkan pembuluh darah yang tidak dapat bekerja dengan baik karena tak mendapatkan suplai darah yang cukup. Tangan dan kaki merupakan anggota tubuh yang biasanya mengalami kesemutan. Jika anda berulang kali kesemutan di bagian ini, itu bisa menjadi tanda kadar kolesterol yang tinggi.

  1. Nyeri pada bagian dada ketika stres atau pun lelah

Kolesterol tinggi semakin lama akan mengendap di pembuluh darah sehingga  jantung tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup dalam darah. Hal itu akan membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan oksigen sehingga menyebabkan nyeri di dada. Rasa nyeri biasanya akan timbul saat stres atau pun kelelahan setelah menjalankan aktivitas berat. Rasa nyeri tersebut juga menjadi tanda serangan jantung.

Beberapa tanda-tanda di atas akan sulit dideteksi dan baru akan muncul ketika adanya penyakit lain yang menyertai akibat kolesterol tinggi. Cara terbaik untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh ialah dengan melakukan pemeriksaan darah di laboratorium.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- daun telinga gatal dan mengelupas pandangan mata kabur kolesterol darah, - tanda kolesterol mengintai sejak muda, - kolesterol mata kabur, - mata nyeri kolesterol, - www infosehat gejala kolestrol

data-ad-format="link">
4 Tanda Penyakit Kolesterol Sudah Mengintai Anda di Usia Muda Post in | Last updated: October 15th, 2016 | 94 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *